7 Cara Ampuh Mengatasi Malas Berolahraga

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Juni 2021
7 Cara Ampuh Mengatasi Malas Berolahraga7 Cara Ampuh Mengatasi Malas Berolahraga

“Muncul rasa malas olahraga biasa terjadi. Penyebabnya bisa karena tubuh sangat lelah dengan banyak kegiatan atau terlalu banyak olahraga tanpa istirahat. Tidak ada salahnya untuk malas dan libur olahraga sesekali, tapi jangan sampai kebablasan. Mengajak teman, olahraga di tempat baru, hingga mendengarkan musik bisa jadi cara ampuh mengatasi malas olahraga.”

Halodoc, Jakarta – Sedang merasa malas olahraga? Situasi malas olahraga sering terjadi, terutama ketika kamu sedang sibuk. Meski tidak ada salahnya untuk malas di tengah waktu yang sibuk, olahraga tetap diperlukan. Jika kamu lebih sering malas daripada tidak, dan kesulitan menyelesaikan sesuatu, itu bisa jadi pertanda sesuatu. 

Kurangnya gairah untuk bekerja hingga malas olahraga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Lantas, bagaimana caranya mengatasi malas olahraga? Berikut ini cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menghilangkan malas olahraga dan lebih meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

1. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Menetapkan tujuan yang tidak realistis dan melakukan terlalu banyak hal bisa menyebabkan kelelahan. Meskipun bukan diagnosis klinis yang sebenarnya, namun gejala kelelahan bisa jadi penyebab malas.

Kelelahan kerja atau kelelahan olahraga bisa menyebabkan seseorang kehilangan minat dan motivasi, dan keinginan untuk malas hingga melarikan diri. Sebaiknya tetapkan tujuan olahraga yang lebih kecil dan bisa dicapai sehingga tidak terbebani saat menjalaninya. 

2. Mulailah dengan Durasi yang Singkat

Memaksakan diri langsung berolahraga berat, padahal belum pernah berolahraga sebelumnya hanya akan membuat tubuhmu sakit. Esoknya, mungkin saja kamu jadi merasa kapok. Jadi, cobalah mulai olahraga dengan durasi yang singkat, misalnya 7 menit saja setiap harinya. 

Jangan langsung pilih olahraga yang berintensitas tinggi juga. Kamu bisa mulai dengan yang ringan, seperti joging, jalan santai, atau bersepeda. Setelah beberapa hari melakukan olahraga dengan durasi 7 menit, dan kamu merasa sanggup jika durasi olahraga ditambah, maka kamu bisa menambahnya sedikit demi sedikit.

3. Pindah Tempat Olahraga Sekali Sebulan

Lakukan uji coba keanggotaan di gym yang berbeda atau mengubah rute lari atau bersepeda. Berada di lingkungan dan tempat baru akan membuat kamu tetap segar dan semangat. 

Baca Juga: Lakukan 3 Tips Olahraga Ini agar Tidak Cedera

4. Beli Pakaian Olahraga Baru

Jika kamu punya anggaran lebih, tidak ada salahnya untuk membeli peralatan olahraga baru demi konsisten berolahraga. Memakai pakaian olahraga yang baru dapat membuat kamu lebih bersemangat. Namun, pastikan agar tetap fokus pada olahraga dibandingkan rutin belanja, ya.

5. Libur Olahraga Seminggu

Jika selama ini kamu berolahraga keras tanpa ada istirahat, otot akan kelelahan, bosan, dan malas. Maka beri tubuh istirahat. Cobalah untuk libur seminggu (tidak lebih) lalu ketika kamu kembali ke rutinitas olahraga seminggu kemudian, kamu akan merindukannya. Pastikan untuk tidak libur olahraga lebih dari seminggu, karena akan lebih sulit bagi tubuh untuk kembali berolahraga. 

6. Perbarui Playlist 

Jika playlist musik yang menemani kamu olahraga mulai membosankan dan tingkat energi menurun saat olahraga, kamu bisa merasa malas berolahraga. Coba update lagi musik terbaru di playlist kamu dengan lagu-lagu baru yang lebih seru untuk meningkatkan semangat. 

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

7. Cari Partner Olahraga

Cobalah ajak anggota keluarga untuk olahraga bersama atau gunakan jasa personal trainer. Cara lainnya, kamu bisa mengajak teman berolahraga bersama. Namun, mengingat masa pandemi ini harus mengurangi aktivitas di luar ruangan, kamu bisa berolahraga secara virtual dengan teman. Dengan begitu, kamu punya teman untuk saling menyemangati dan muncul sedikit kompetisi. 

Itulah cara ampuh untuk mengatasi malas berolahraga. Cobalah lakukan dengan tekun dan disiplin. Ingatlah, olahraga adalah kebutuhan tubuh agar bisa tetap sehat, seperti halnya makan, minum, dan tidur. Jadi, singkirkan rasa malas dan mulailah jadikan olahraga sebagai kebiasaan baik.

Berolahraga itu sangat penting agar kesehatan tubuhmu terjaga dan stamina tetap kuat. Jadi, jangan pernah malas berolahraga, ya! Kamu juga bisa beli suplemen atau produk kesehatan secara online melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

My Virtual Mission. Diakses pada 2021. 
HOW TO OVERCOME WORKOUT LAZINESS
Verywell Fit. Diakses pada 2021. Create a Fitness Mindset for Workout Motivation
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Fitness: Tips for Staying Motivated.
Verywell Fit. Diakses pada 2021. How to Get Motivated to Exercise When You’re Off Track.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan