Ini 5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Pencernaan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 April 2022

“Lemon mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C hingga antioksidan. Kandungan tersebut membuat lemon juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan."

Ini 5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan PencernaanIni 5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Pencernaan

Halodoc, Jakarta – Lemon adalah buah dengan rasa asam yang mampu menambahkan cita rasa, serta aroma pada jenis makanan maupun minuman tertentu. Buah ini mengandung banyak nutrisi sehingga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari kesehatan pencernaan hingga kesehatan tubuh menyeluruh.

Nah, ketahui beragam kandungan yang terdapat dalam buah ini serta manfaatnya bagi pencernaan dan kesehatan menyeluruh. Yuk, simak lebih banyak mengenai manfaat buah lemon berikut ini!

Kandungan Nutrisi Lemon

Meskipun memiliki rasa yang asam, tetapi buah dengan kulit berwarna kuning ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam satu buah lemon dengan ukuran 100 gram mengandung: 

  • Kalori: 29 kkal.
  • Air: 89 persen.
  • Protein: 1,1 gram.
  • Karbohidrat: 9,3 gram.
  • Lemak: 0,3 gram.
  • Serat: 2,8 gram.

Lemon juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Ia juga memiliki vitamin C yang sangat tinggi. Bukan hanya itu, kandungan flavonoid dan antioksidan dalam buah ini juga tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung folat, vitamin B6, dan tiamin. 

Kandungan mineral pada lemon tidak sebanyak kandungan vitamin atau nutrisi lainnya. Buah ini hanya memiliki sedikit kandungan kalsium, zat besi, dan potasium.

Selain itu, lemon mengandung senyawa tumbuhan yang merupakan zat bioaktif alami untuk meningkatkan kesehatan. Misalnya seperti:

  • Asam sitrat.
  • Hesperidin.
  • Diosmin.
  • Eriocitrin.
  • Limonene. 

Ingin tahu lebih lanjut soal buah satu ini, kandungannya, dan manfaatnya untuk kesehatan? Chat dengan dokter di Halodoc saja. Tanpa perlu repot, dengan aplikasi ini kamu bisa berbicara dengan dokter ahli tepercaya kapan dan di mana saja. Yuk, chat sekaranga!

Kenali Manfaat Lemon untuk Pencernaan

Lemon menjadi salah satu buah yang dinilai sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan antioksidan dinilai mampu menjaga kesehatan pencernaan dari berbagai radikal bebas yang dapat merusak jaringan di sekitar pencernaan. 

Berikut berbagai manfaat lemon yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan pencernaan secara menyeluruh:

1. Membantu mengatasi konstipasi

Kandungan antioksidan dalam lemon bisa mengatasi konstipasi. Hal ini terjadi karena antioksidan mampu meningkatkan kadar air dalam usus, sehingga melunakkan feses dan merangsang proses buang air besar. Kamu bisa mencampurkan air perasan lemon dengan air hangat untuk diminum setiap pagi. 

2. Memperkuat sistem pencernaan

Mengonsumsi makanan tepat bisa membantu kamu memperkuat sistem pencernaan, salah satunya buah lemon. Kandungan asam pada buah ini mampu membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik dalam mencerna makanan. Hal ini mencegah penumpukan racun atau sisa makanan dalam perut terlalu lama.

3. Membantu menjaga berat badan

Lemon menjadi salah satu buah yang bisa kamu konsumsi ketika kamu sedang menjalani diet. Sebab, buah satu ini terbukti memiliki efek menguntungkan pada metabolisme lemak dan glukosa sehingga memicu penurunan berat badan.

4. Menjaga kesegaran napas

Saat pencernaan kamu terjaga dengan baik, maka kamu juga akan memiliki nafas yang lebih segar. Selain itu, lemon juga bisa meningkatkan jumlah air liur pada mulut sehingga kamu akan terhindar dari kondisi mulut kering yang bisa memicu bau mulut. 

5. Meredakan gejala asam lambung

Lemon juga mengandung senyawa tumbuhan limonene. Kandungan ini mampu meredakan mulas dan refluks lambung. Dengan begitu, gejala asam lambung dapat diatasi dengan baik.

Selain buahnya, kamu juga bisa merasakan manfaat lemon untuk kesehatan pencernaan melalui infused water. Untuk lebih lengkapnya, baca informasinya dalam tulisan ini → Manfaat Infused Water Lemon untuk Pencernaan.

Manfaat Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Selain untuk pencernaan, lemon juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Berikut manfaatnya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Asupan vitamin C yang cukup membuat risiko gangguan jantung semakin rendah. Hal ini membuat kamu terhindar mengalami penyakit jantung koroner dan stroke.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi mampu mencegah kerusakan oksidatif yang dapat memicu penyakit kardiovaskular.

2. Membantu mengontrol tekanan darah

Memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari membuat tekanan darah akan terkontrol dengan baik. Jika kamu mengidap tekanan darah tinggi, kandungan vitamin C dalam lemon mampu menurunkan kondisi tersebut.

Vitamin C mampu membuat pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menjadi lebih kendur dan rileks, sehingga membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

3. Mencegah penyakit kronis

Penyakit kronis rentan terjadi pada siapa saja. Apalagi jika kamu kekurangan vitamin C pada tubuh. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa mengonsumsi lemon agar kebutuhan vitamin C terpenuhi dengan baik.

Selain itu, buah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan adalah kandungan yang mampu melindungi sel tubuh dari berbagai paparan radikal bebas. 

Ketika paparan radikal bebas terjadi terus menerus, kondisi ini bisa menyebabkan penumpukan yang memicu stres oksidatif. Inilah yang bisa meningkatkan munculnya penyakit kronis pada tubuh.

4. Mencegah asam urat

Penyakit asam urat dapat menyebabkan gejala yang cukup mengganggu. Untuk mencegah munculnya gejala penyakit ini, sebaiknya penuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi lemon.

Vitamin ini mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan mempercepat proses eliminasi pada ginjal. Selain itu, kandungan antioksidan pada lemon juga bisa menurunkan peradangan yang terjadi akibat asam urat.

5. Mencegah kekurangan zat besi

Zat besi menjadi kandungan yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Dengan terpenuhinya zat besi, maka tubuh bisa memproduksi sel darah yang sehat.

Namun, penyerapan zat besi pada tubuh tidak akan optimal tanpa vitamin C. Untuk itu, dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C, maka penyerapan zat besi akan menjadi lebih baik. Alhasil, kamu akan terhindar dari kekurangan zat besi.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi lemon bisa membantu kamu untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih optimal. Sebab, lemon mengandung vitamin C yang berkaitan dengan masalah sistem imunitas.

Vitamin C membantu untuk mengoptimalkan produksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, vitamin ini juga membantu sel darah putih untuk berfungsi lebih optimal dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Meningkatkan kemampuan berpikir

Kandungan antioksidan dalam lemon membantu fungsi otak dan saraf menjadi lebih optimal. Hal ini membuat kemampuan berpikir dan mengingat akan menjadi baik.

Lemon juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan otak. Kekurangan vitamin C berisiko kamu mengalami berbagai penyakit, seperti demensia.

8. Mencegah batu ginjal

Lemon mengandung asam sitrat di dalamnya. Kandungan ini mampu mencegah terjadinya batu ginjal dengan meningkatkan volume dan pH urine. Kamu bisa mengonsumsi 125 mililiter perasa jeruk lemon setiap hari untuk mencegah batu ginjal.

9. Mencegah dehidrasi

Irisan lemon yang dicampur dengan air putih membuat sensasi minum kamu menjadi lebih menyenangkan. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari kondisi dehidrasi. Selain itu, buah satu ini juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi di dalamnya.

10. Menurunkan risiko kanker

Buah lemon juga bisa membantu kamu mencegah penyakit kanker, karena ia mengandung senyawa tumbuhan, seperti hesperidin dan limonene. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut terkait manfaat lemon dengan penyakit kanker.

Itulah berbagai manfaat lemon untuk kesehatan tubuh. Pastikan kamu untuk mengonsumsi buah ini secara tepat. Hindari menggunakan lemon sebagai pengobatan utama terhadap gangguan kesehatan yang kamu alami.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Evidence-Based Health Benefits of Lemons.
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Ways Your Body Benefits from Lemon Water.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Benefits of Drinking Lemon Water.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What Are The Best Juice for Constipation?
Healthline. Diakses pada 2023. Lemons 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan