Wow, Ternyata Minum Minyak Zaitun Itu Menyehatkan!

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Wow, Ternyata Minum Minyak Zaitun Itu Menyehatkan!

Halodoc, Jakarta - Minyak zaitun memang sudah begitu familiar untuk orang Indonesia. Beberapa ada yang menggunakannya untuk memasak. Sebagian lainnya malah mengoleskan minyak zaitun ke seluruh tubuh untuk memperhalus kulit. Namun, memanfaatkan minyak zaitun tak hanya dengan dua cara tersebut.

Meminum minyak zaitun juga ternyata memberi manfaat kesehatan berupa produksi antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Kalau antioksidan sudah terpenuhi, tentu tubuhmu akan lebih bugar dari biasanya. Supaya bisa memulai minum setiap hari, simak dulu berberapa manfaat minyak zaitun berikut ini:

1.  Mencegah Kanker Payudara
Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah mencegah kanker payudara. Sebuah studi yang dipublikasi di JAMA Internal Medicine menunjukkan kalau perempuan yang melakukan diet Mediterrania yang terkenal akan konsumsi ekstra minyak zaitun, punya kecenderungan mengurangi risiko terserang kanker payudara lebih besar. Selain itu, diet ini juga berguna untuk memperlambat proses penuaan kulit dan mengurasi risiko terserang stroke.

2.  Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Menurut MUFA, manfaat minyak zaitun juga sanggup mengurangi potensi terserang berbagai penyakit jantung. Manfaat itu bisa lebih kamu rasakan kalau mengonsumsinya bersama makanan-makanan yang kaya akan nutrisi.  Kamu tidak perlu mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah banyak untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Menurut hasil temuan terbaru, cukup mengonsumsi dua sendok makan minyak zaitun dapat mengurangi resiko serangan jantung.

3.  Melangsingkan Tubuh
Manfaat minyak zaitun jika rutin dikonsumsi juga mampu melangsingkan tubuh. Manfaat minyak zaitun ini adalah kabar baik untuk kamu yang mulai punya berat badan berlebih. Poin ini juga berkenaan dengan penyakit jantung yang biasanya terkait dengan berat badan berlebih. Karenanya, kamu harus menambahkan minyak zaitun ke dalam daftar konsumsimu setiap harinya.

4.  Melancarkan Pencernaan
Walau tak banyak studi-studi dalam skala besar yang membuktikannya, namun beberapa penelitian skala kecil berhasil membuktikan kalau minyak zaitun ternyata bisa melancarkan pencernaan kalau kamu mengonsumsinya. Jadi alternatif lain selain mengonsumsi makanan berserat tinggi, bukan?

5.  Menyehatkan Tubuh Saat Puasa
Minyak zaitun mengandung omega 9 dan asam lemak oleat. Mengonsumsi minyak zaitun saat sahur terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Minyak zaitun juga kaya antioksidan, sehingga mengonsumsi minyak zaitun saat sahur akan membuat tubuh kamu selama puasa menjadi sehat dan bugar.

Aturan Mengonsumsi Minyak Zaitun Saat Sahur
Ada dua jenis minyak zaitun, jenis yang paling digunakan adalah minyak zaitun (VOO) dan extra virgin oil (EVOO). Minyak zaitun extra virgin memiliki kualitas tertinggi, karena jenis tersebut mengandung sebagian besar mineral alami dan vitamin. Cara terbaik mengonsumsi minyak zaitun saat sahur adalah dengan menuangkannya di atas salad atau meminumnya mentah-mentah sebanyak 2 sendok makan.

Yuk, coba rutin mengonsumsi minyak zaitun mulai sekarang. Khasiatnya sudah terbukti baik untuk kesehatan, terlebih untuk meningkatkan stamina kamu selama bulan puasa nanti. Untuk tips kesehatan dengan bahan alami lainnya, tanyakan langsung pada yang ahli melalui aplikasi Halodoc saja. Kamu dapat  berinteraksi dengan ribuan dokter yang telah standby 24/7 untuk menjawab segala pertanyaan secara GRATIS? Kamu juga bisa beli obat melalui smartphone dengan layanan Pharmacy Delivery. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!

BACA JUGA: Olive Oil Ampuh Usir Depresi