Ini 5 Pilihan Obat Sakit Pinggang Sebelah Kanan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Februari 2024

“Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan karena masalah struktur tulang atau kondisi medis seperti masalah pada ginjal dan hati. Beberapa obat yang bisa mengatasi nyerinya adalah Voltaren Emulgel, Salonpas Koyo, Counterpain Cream, Cap Lang Minyak Urut GPU Sereh, Neo Rheumacyl.”

Ini 5 Pilihan Obat Sakit Pinggang Sebelah KananIni 5 Pilihan Obat Sakit Pinggang Sebelah Kanan

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Sakit Pinggang Sebelah Kanan


Halodoc, Jakarta – Rasa nyeri di pinggang bagian kanan sebenarnya bisa terjadi karena dua hal, yaitu kondisi mekanisme tubuh atau kondisi medis yang tidak selalu terlihat/belum terdeteksi. 

Masalah mekanisme tubuh meliputi struktur tulang dan jaringan di area tubuh (ligamen, tulang belakang, tendon, dan otot). Sementara itu  kondisi medis yang tidak selalu terlihat adalah gangguan pada organ tubuh (batu ginjal, masalah hati, radang usus buntu). 

Nah, kabar baiknya ada beberapa obatan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rasa nyeri pada pinggang sebelah kanan. Baca selengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi Obat Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Berikut beberapa oba sakit pinggang sebelah kanan yang mudah dicari di apotek: 

1. Voltaren Emulgel 20 g

Voltaren Emulgel adalah obat topikal yang termasuk golongan non NSAID dengan kandungan diclofenac. Kandungan ini berguna untuk meredakan peradangan dan nyeri. Obat ini ampuh untuk mengobati sakit pinggang sebelah kanan, reumatisme jaringan lunak, dan penyakit reumatik lokal. 

Cara penggunaannya adalah dengan dioleskan 3-4 kali sehari pada pinggang sebelah kanan, atau bagian tubuh mana saja yang terserang  nyeri. Untuk membelinya kamu tidak memerlukan resep dokter karena Voltaren Emulgel termasuk obat bebas terbatas.

Rentang harga: Rp94.000 – Rp111.000 per tube

Dapatkan Voltaren Emulgel 20 g  di Toko Kesehatan Halodoc.

Cari tahu lebih lanjut fakta seputar sakit pinggang sebelah kanan dengan baca artikel ini: “Sakit Pinggang Sebelah Kanan? Waspadai 7 Kondisi Ini!”.

2. Salonpas Koyo 10 Patch

Plester pereda nyeri yang memiliki kandungan methyl salicylate, mentol, dan camphor. Tiga kandungan ini berfungsi untuk meredakan nyeri dengan memberikan sensasi hangat dan menenangkan otot dengan zat relaksan serta antispasmodiknya. 

Selain ampuh mengatasi sakit pinggang bagian kanan, Salonpas Koyo juga bisa digunakan untuk menyembuhkan nyeri otot, sendi, kelelahan leher, sakit punggung sederhana, sakit kepala, sakit gigi, memar, dan tegang.

Sebelum memakai Salonpas Koyo bersihkan lalu keringkan bagian tubuh yang nyeri. Kemudian lepaskan kertas, lalu tempelkan Salonpas Koyo, dan lepaskan setelah delapan jam pemakaian. 

Perlu diingat juga obat sakit pinggang sebelah kanan ini cukup digunakan 3-4 kali sehari. Selain itu, hindari penggunaan pada kulit yang luka atau pada pengidap alergi aspirin atau salisilat. 

Rentang harga: Rp6.500 – Rp9.800 per sachet. 

Dapatkan Salonpas Koyo 10 Patch di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Counterpain Cream 30 g

Selanjutnya adalah obat nyeri otot dan sendi berbentuk krim untuk meredakan rasa sakit pada otot, sendi, keseleo, dan juga nyeri akibat encok. Kandungan methyl salicylate, mentol, dan eugenolnya ampuh untuk memberikan rasa hangat dan melancarkan peredaran darah serta memberikan efek anti nyeri. 

Gunakan Counterpain Cream untuk pemakaian luar dan dioleskan pada bagian yang sakit 1-3 kali sehari. Hindari pemakaian jika nyeri lebih dari 10 hari dan ketika kulit menjadi merah. Selain itu, jauhkan juga obat ini dari jangkauan anak-anak. 

Rentang harga: Rp45.900 – Rp138.100 per tube. 

Dapatkan Counterpain Cream 30 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Cap Lang Minyak Urut GPU Sereh 60 ml

Rekomendasi obat sakit pinggang sebelah kanan selanjutnya berbentuk minyak urut. Dengan kandungan methyl salicylate, camphor, citronella oil, dan bahan lainnya, minyak urut ini ampuh untuk meredakan berbagai jenis nyeri. Mulai dari nyeri sendi, pegal linu, sakit punggung, keseleo, memar, dan memperlancar peredaran darah. 

Cara pakainya adalah dengan digosok, dipijat, dan diurut pada kening, dada, hidung, atau bagian tubuh yang membutuhkan secara berulang dan secukupnya. 

Ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi, seperti iritasi ringan berupa kulit kemerahan. Minyak ini tidak boleh digunakan untuk anak di bawah dua tahun. 

Kisaran harga: Rp21.200 per botol. 

Dapatkan Cap Lang Minyak Urut GPU Sereh 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Neo Rheumacyl 20 Tablet

Dengan kandungan paracetamol dan ibuprofen di dalamnya, obat ini ampuh untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan. Paracetamol bekerja sebagai analgesik yang meningkatkan ambang nyeri, karena jika semakin rendah, akan semakin mudah seseorang merasakan sakit. 

Selain itu, paracetamol juga berfungsi sebagai antipiretik yang bekerja di pusat pengatur panas hipotalamus.Kandungan ibuprofennya mempunyai efek antiinflamasi, analgesik, serta antipiretik. Lalu juga bisa menghambat prostaglandin. 

Dosis untuk orang dewasa sebanyak 1 tablet yang dikonsumsi 3-4 kali sehari setelah makan. Selain itu, Neo Rheumacyl 20 Tablet bisa dibeli tanpa resep dokter karena tergolong obat bebas terbatas. 

Kisaran harga: Rp10.500 per strip. 

Dapatkan Neo Rheumacyl 20 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa obat sakit pinggang sebelah kanan yang ampuh serta mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa cari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Lower Right Back Pain. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan