• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Ramuan Herbal sebagai Obat Batuk Pilek untuk Bayi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Ramuan Herbal sebagai Obat Batuk Pilek untuk Bayi

Ini 5 Ramuan Herbal sebagai Obat Batuk Pilek untuk Bayi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Desember 2022

“Bayi umumnya belum dianjurkan untuk diberi obat saat mengalami batuk pilek. Namun, ibu bisa memberikan ramuan herbal untuk obat batuk pilek untuk bayi, seperti kunyit, bawang putih, atau madu.”

Ini 5 Ramuan Herbal sebagai Obat Batuk Pilek untuk BayiIni 5 Ramuan Herbal sebagai Obat Batuk Pilek untuk Bayi

Halodoc, Jakarta – Batuk dan pilek merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus. Umumnya bayi dan anak di bawah usia enam tahun tidak dapat diobati dengan obat pilek yang dijual bebas, sehingga orang tua perlu menggunakan pengobatan alternatif, seperti ramuan herbal, untuk meredakannya. 

Ada beberapa ramuan herbal yang dapat digunakan sebagai obat batuk pilek untuk bayi. Sebagian besar cara alami ini ampuh mengatasi batuk pilek pada bayi. 

Ramuan Herbal untuk Obat Batuk Pilek untuk Bayi

Bayi rentan terinfeksi virus hingga menyebabkannya mengalami batuk dan pilek. Sayangnya, pada usia di bawah dua tahun  bayi belum dianjurkan menggunakan obat yang dijual bebas. Namun, ada beberapa ramuan herbal yang dapat digunakan sebagai obat batuk pilek untuk bayi. 

Berikut ini ramuan herbal yang dapat membantu meringankan gejala batuk dan pilek pada bayi:

  1. Madu

Jika Si Kecil sudah berusia lebih dari satu tahun, berikan sesendok madu untuk meredakan batuk dan pilek. Namun, hindari memberikan madu jika bayi belum berusia satu tahun. 

Ibu juga bisa menambahkan perasan lemon, karena buah ini mengandung vitamin C yang efektif meredakan batuk dan pilek. Peras lemon ke dalam segelas air hangat, kemudian tambahkan madu secukupnya. Ramuan herbal ini baik diberikan untuk bayi yang lebih besar. 

  1. Sup atau kaldu ayam

Jika Si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan padat, sup atau kaldu ayam bisa digunakan sebagai obat batuk pilek untuk bayi. Sebab, sup dan kaldu ayam memiliki sifat antiradang. 

Pastikan semua bahan sup dipotong kecil-kecil agar bayi lebih mudah memakannya. Jika bayi belum bisa mengonsumsi makanan padat, ibu bisa mengubah sup ayam menjadi bubur untuk mendapatkan manfaat yang sama. 

  1. Bawang putih

Ramuan herbal berikutnya yang dapat digunakan sebagai obat batuk pilek untuk bayi yaitu bawang putih. Bawang putih diketahui mengandung sifat antibakteri dan anti virus. Untuk memanfaatkannya, ambil dua siung bawang putih dan panggang kering. Setelah dingin, masukkan ke dalam kain atau kantong kain dan ikat erat. 

Tempatkan kantong kain tersebut pada jarak yang aman dari tempat tidur bayi (bukan di atas ataupun di bawah tempat tidur) agar aromanya memberikan kenyamanan pada bayi. Aroma dari bawang putih panggang tersebut dapat mengatasi hidung tersumbat dan batuk yang dialami bayi. 

  1. Kunyit

Ramuan herbal ini menjadi salah satu obat batuk pilek yang paling legendari, baik untuk orang dewasa maupun bayi. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa utama rempah yang mampu meningkatkan respon antibodi untuk menangkal kuman atau virus penyebab batuk dan pilek. 

Ada berbagai cara untuk memanfaatkan kunyit. Misalnya menambahkannya ke dalam susu hangat, atau mencampurkan kunyit ke dalam minuman air hangat. 

  1. Jus wortel

Wortel mengandung nutrisi dan vitamin penting yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak heran jika tanaman herbal ini menjadi salah satu obat batuk pilek untuk bayi. 

Cara memanfaatkan wortel pun cukup beragam. Ibu bisa mengukus wortel, dihaluskan, dan diencerkan dengan air suhu ruangan untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Terutama bayi yang sudah dikenalkan dengan makanan padat. Sementara untuk anak yang lebih besar, ibu bisa menjadikannya jus wortel segar. 

Itulah ramuan herbal yang dapat digunakan sebagai obat batuk pilek untuk bayi. Jika kondisi batuk dan pilek bayi tidak kunjung membaik, sebaiknya kunjungi dokter di rumah sakit pilihan. 

Ayah dan ibu juga bisa membuat janji medis di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc untuk menjaga kesehatan keluarga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Natural Ways to Treat Your Baby’s Cold
Baby Center. Diakses pada 2022. Safe home remedies for colds in babies, toddlers, and kids
Parenting First Cry. Diakses pada 2022. 14 Home Remedies for Cold and Flu in Babies & Kids