Ini 5 Rekomendasi Obat Kolesterol Paten yang Ampuh di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Januari 2024

“Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai komplikasi serius, contohnya penyakit jantung hingga stroke. Rekomendasi obat kolesterol paten, yaitu Pravastatin, Rosuvastatin, Atorvastatin, Simvastatin, dan Fenofibrate.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Kolesterol Paten yang Ampuh di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Kolesterol Paten yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Kolesterol Paten di Apotek


Halodoc, Jakarta – Kolesterol adalah sejenis lipid yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh. Lipid sendiri merupakan zat yang tidak larut dalam air, sehingga tidak terurai dalam darah. 

Meski memiliki banyak peran penting, kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga bisa memicu penyakit kronis jangka panjang. Misalnya, penyakit jantung, stroke, dan penumpukan plak kolesterol pada dinding arteri.

Kamu bisa mengonsumsi beberapa rekomendasi obat kolesterol paten di bawah ini untuk menjaga kadar normal kolesterol dalam tubuh!

Pilihan Obat Kolesterol Paten di Apotek

Kolesterol memiliki banyak fungsi penting, termasuk membantu membran sel dalam membentuk lapisan pelindung. Lapisan ini mengontrol apa yang masuk dan keluar dari sel.

Kolesterol juga membantu hati membuat empedu, yang diperlukan untuk mencerna makanan dan mendukung produksi hormon tertentu, termasuk hormon seks dalam tubuh.

Ini obat kolesterol paten untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dan menjaga kadar normalnya di dalam darah:

1. Pravastatin 20 mg 10 Tablet

Pravastatin 20 mg 10 Tablet adalah obat kolesterol paten yang efektif mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida pada pengidap hiperkolesterolemia primer.

Pravastatin bisa dikonsumsi bersamaan atau tanpa makanan. Namun, perhatikan tanda efek samping pasca penggunaan. Sebab, obat ini berpotensi menyebabkan nyeri dada, ruam, rasa lelah, dan gangguan tidur.

Rentang harga: Rp37.000 per strip.

Dapatkan Pravastatin 20 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Rosuvastatin 20 mg 10 Tablet

Rosuvastatin 20 mg adalah obat kolesterol paten yang berisi 10 tablet untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

Rosuvastatin bekerja dengan cara mengurangi jumlah kolesterol yang dibuat oleh hati. Dengan kadar kolesterol yang baik, hal ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah terjadinya stroke serta serangan jantung. 

Rentang harga: Rp23.600 – Rp73.400 per strip.

Dapatkan Rosuvastatin 20 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Atorvastatin 20 mg 10 Tablet

Atorvastatin 20 mg 10 Tablet adalah jenis obat golongan penghambat HMG-CoA reduktase atau disebut statin. Obat kolesterol paten ini mampu menurunkan peningkatan kolesterol total dan kolesterol jahat pada pengidap hiperkolesterolemia primer.

Atorvastatin tidak boleh diberikan kepada pasien dengan kondisi hipersensitif terhadap komponen-komponen dalam obat ini. Hindari juga penggunaan pada ibu hamil karena berpotensi membahayakan janin.

Rentang harga: Rp6.000 – Rp62.100 per strip.

Dapatkan Atorvastatin 20 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu bisa memilih rekomendasi obat kolesterol lain yang sesuai dengan kebutuhan dalam artikel ini: Ini 7 Rekomendasi Obat Kolesterol yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

4. Simvastatin 20 mg 10 Tablet

Simvastatin 20 merupakan obat golongan statin yang berisi 10 tablet. Obat ini bekerja sebagai inhibitor kompetitif pada HMG-CoA reduktase (enzim yang mempercepat proses sintesis kolesterol). 

Karena bekerja sebagai inhibitor kompetitif pada HMG-CoA reduktase, hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. 

Rentang harga: Rp12.500 per strip.

Dapatkan Simvastatin 20 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Fenofibrate 100 mg 10 Kapsul

Fenofibrate 100 mg adalah obat kolesterol paten yang termasuk golongan fibrat. Obat ini berisi 10 kapsul yang dapat menurunkan kadar trigliserida serum dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. 

Fenofibrate juga efektif meningkatkan lipolisis (proses pemecahan lemak) dan eliminasi partikel yang kaya akan trigliserida dari plasma. Obat ini bekerja dengan mengaktifkan lipoprotein lipase atau enzim untuk memecah lipid.

Rentang harga: Rp26.500 per strip.

Dapatkan Fenofibrate 100 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Referensi:
American Heart Association. Diakses pada 2024. What is Cholesterol?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. What is Cholesterol?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan