Ini 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Asam Urat di Kaki dengan Cepat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Desember 2023

“Gejala asam urat yang menyerang area kaki bisa kambuh tiba-tiba dan menimbulkan sensasi nyeri tak tertahankan. Beberapa rekomendasi obatnya, yaitu Voltaren Emulgel, Farsifen Plus, Pharmaton Formula, Voltadex Gel, dan Flamar.”

Ini 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Asam Urat di Kaki dengan CepatIni 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Asam Urat di Kaki dengan Cepat

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Asam Urat di Kaki


Halodoc, Jakarta – Asam urat adalah radang sendi yang ditandai dengan serangan nyeri hebat, bengkak, kemerahan, dan nyeri tekan yang tiba-tiba serta parah. Masalah ini paling sering terjadi pada jempol kaki.

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, biasanya terjadi di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Sendi yang terkena terasa panas, bengkak, dan sangat nyeri.

Mau tahu apa saja rekomendasi obat asam urat di kaki yang bisa kamu temukan di apotek? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Asam Urat di Kaki

Gejala asam urat biasanya datang dan pergi, lalu muncul dalam intensitas berat secara tiba-tiba. Kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi obat asam urat di bawah ini saat serangan muncul:

1. Voltaren Emulgel

Rekomendasi obat asam urat di kaki yang pertama adalah Voltaren Emulgel. Krim topikal ini mengandung zat aktif berupa diclofenac sebanyak 1%, yang termasuk golongan non steroidal anti-inflamatory drug (NSAID). 

Tak hanya mengobati asam urat, Voltaren Emulgel 20 g juga efektif mengatasi peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot dan sendi. Obat juga mampu mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan di area nyeri dan pijat secara lembut. Oleskan krim sebanyak 3-4 kali sehari sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah mengaplikasikannya.

Rentang harga: Rp56.900 – Rp63.600 per tube.

Dapatkan Voltaren Emulgel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Farsifen Plus

Farsifen Plus 10 tablet adalah obat asam urat di kaki yang mengandung 350 mg paracetamol, 200 mg ibuprofen, dan 50 mg kafein. Selain mengatasi nyeri asam urat, obat ini juga mampu meringankan sakit kepala, gigi, dan nyeri otot.

Paracetamol di dalamnya bekerja sebagai pereda demam (antipiretik) sekaligus mengurangi rasa nyeri (analgetik). Kandungan ibuprofennya memiliki efek anti inflamasi, analgesik, dan antipiretik. Sementara kafein di dalamnya merupakan stimulan sistem saraf pusat agar bisa menjalankan fungsi normalnya.

Rentang harga: Rp5.600 – Rp8.700 per strip.

Dapatkan Farsifen Plus 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Jika kamu memiliki keluhan berupa nyeri sendi, ini beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu gunakan: Ini Rekomendasi Terbaik Obat Pereda Nyeri Sendi dan Tulang

3. Pharmaton Formula

Rekomendasi obat asam urat di kaki selanjutnya datang dari merek Pharmaton Formula yang berisi 5 kapsul per strip. Di dalamnya terdapat kombinasi miltivitamin, mineral, dan ekstrak ginseng dalam sediaan kapsul lunak.

Kamu bisa mengonsumsi Pharmaton Formula sesuai dengan kebutuhan. Dapat dikonsumsi pada waktu makan, sebaiknya saat sarapan di pagi hari. Periksakan diri ke dokter jika rasa sakitnya masih berlanjut.

Rentang harga: Rp31.000 – Rp31.100 per strip.

Dapatkan Pharmaton Formula 5 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Voltadex Gel

Voltadex Gel 20 g adalah obat asam urat di kaki yang mengandung zat aktif berupa diclofenac. Kandungan tersebut termasuk golongan non steroidal anti-inflamatory drug (NSAID). 

Voltadex Gel juga efektif untuk pengobatan topikal pada peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot dan sendi. Obat ini juga mampu mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik.

Rentang harga: Rp28.500 per tube.

Dapatkan Voltadex Gel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc

5. Flamar 10 mg/g

Flamar 10 mg/g gel 20 g adalah rekomendasi obat asam urat lainnya. Produk ini hadir dalam bentuk salep yang bisa kamu pakai dengan mengoleskan di area yang terasa nyeri akibat kekambuhan asam urat.

Flamar mengandung 10 mg diclofenac per mg salep. Dosis penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter, umumnya 3-4 kali oles per hari. Penggunaan maksimal sebanyak 8 g per hari.

Rentang harga: Rp23.900 – Rp24.000 per tube.

Dapatkan Flamar 10 mg/g Gel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat asam urat di kaki untuk meredakan gejala nyeri. Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Segera hubungi dokter spesialis jika sakit masih berlanjut setelah menggunakan beberapa rekomendasi obat di atas. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan dengan men-download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Gout.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Gout.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan