Ini 6 Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Oktober 2021
Ini 6 Manfaat Niacinamide untuk Perawatan KulitIni 6 Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit

“Niacinamide diyakini memiliki berbagai manfaat untuk perawatan kulit. Misalnya seperti menyehatkan dan melembabkan kulit, hingga mencegah kanker kulit non melanoma. Meski begitu, manfaat niacinamide bagi kulit masih memerlukan lebih banyak penelitian guna memastikan efektivitasnya.”

Halodoc, Jakarta – Niacinamide atau yang juga dikenal dengan niasin merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Sebagai salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, zat tersebut diyakini memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Misalnya seperti menjaga sel saraf hingga membantu menurunkan kolesterol.

Namun, niacinamide disebut-sebut juga memiliki berbagai bermanfaat untuk perawatan kulit. Alhasil, zat tersebut kini menjadi salah satu kandungan yang paling dicari pada produk skin care. Lantas, kira-kira apa saja ya manfaatnya bagi kulit? Yuk cari tahu infonya di sini!

Ini Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit

Berikut adalah beberapa manfaat niacinamide untuk kesehatan dan perawatan kulit, antara lain:

  1. Menyehatkan dan Melembabkan Kulit

Dilansir dari Healthline, Niacinamide dapat membantu produksi keratin. Keratin sendiri merupakan protein yang mampu menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Selain itu, zat tersebut juga dipercaya dapat melembabkan dan menghaluskan kulit. Pasalnya, niacinamide dapat membantu kulit untuk membentuk penghalang ceramide (lipid) yang dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit.

  1. Mengatasi Hiperpigmentasi

Menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan niacinamide 5 persen, dipercaya dapat membantu menyamarkan noda hitam pada kulit akibat hiperpigmentasi. Selain itu, niacinamide juga dapat membantu mencerahkan kulit. Sebab, penggunaannya akan merangsang produksi kolagen pada kulit. Namun, perlu diketahui bahwa manfaat tersebut akan terlihat empat minggu setelah pemakaian.  

  1. Mengurangi Tanda Penuaan 

Produk skin care dengan kadar niacinamide 5 persen juga diyakini dapat mengurangi tanda penuaan, termasuk garis halus dan keriput pada wajah. Tak hanya itu, niacinamide secara bersamaan juga dapat membangun kembali sel-sel kulit yang sehat, sekaligus melindunginya dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Perlu diketahui bahwa paparan sinar ultraviolet merupakan salah satu penyebab kerusakan dan penuaan pada kulit. 

Baca juga:  8 Tips Cantik Merawat Kulit Kering

  1. Mengendalikan Produksi Minyak Pada Kulit Wajah

Niacinamide dapat membantu mengendalikan produksi minyak pada kulit wajah. Sebab, zat tersebut berperan untuk membantu mengendalikan jumlah minyak yang dihasilkan kelenjar sebaceous pada kulit wajah. Selain itu, niacinamide juga dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah, sehingga dapat menjaga kulit tetap lembut dan lembab. 

  1. Mengatasi Jerawat

Niacinamide memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan, sehingga dapat mengatasi jerawat. Zat tersebut juga dapat memperbaiki kulit wajah apabila digunakan secara rutin. Namun, manfaatnya akan lebih optimal, apabila dikombinasikan dengan penggunaan retinol. Retinol atau retinoid sendiri adalah zat yang dibuat dari vitamin A dan berfungsi untuk mencegah jerawat, serta mencegah penuaan dini.

  1. Membantu Mencegah Melanoma 

Tak hanya digunakan sebagai obat topikal (obat oles), niacinamide juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Mengonsumsi suplemen niacinamide dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya kanker kulit melanoma. Melanoma sendiri adalah jenis kanker kulit serius yang berkembang pada sel-sel yang memproduksi melanin, yakni pigmen yang memberi warna pada kulit. 

Perlu diketahui bahwa paparan radiasi ultraviolet (UV) dapat merusak DNA sel tubuh dari waktu ke waktu. Hal tersebut sangat berkaitan dengan kanker kulit melanoma. Nah, niacinamide berperan dalam menjaga sel-sel tetap sehat dan meningkatkan perbaikan DNA pada kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. 

Namun, hal yang perlu digaris bawahi adalah, manfaat niacinamide pada kulit tersebut masih memerlukan lebih banyak penelitian guna memastikan efektivitasnya.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan Wajah?

Risiko Pemakaian Niacinamide

Niacinamide topikal umumnya dianggap aman untuk digunakan. Namun, niacinamide dapat menyebabkan pelepasan senyawa histamin pada tubuh. Perlu diketahui bahwa peran histamin dalam sistem imun adalah menimbulkan gejala alergi pada tubuh.

Kondisi tersebut adalah respon alami tubuh untuk mengusir benda asing atau alergen. Alhasil, sebagian orang mungkin akan mengalami reaksi alergi akibat penggunaan niacinamide. Meski begitu, kondisi tersebut sangatlah jarang terjadi.

Apabila dikonsumsi secara berlebihan sebagai suplemen, niacinamide berisiko memicu berbagai masalah kesehatan. Misalnya seperti masalah hati, sakit maag, perubahan kadar glukosa, kerusakan otot, tekanan darah rendah, hingga perubahan irama jantung. Seseorang dengan kondisi kesehatan apa pun, termasuk penyakit hati, ginjal, diabetes, dan hipertensi, perlu bertanya terlebih dahulu kepada dokter, sebelum mengonsumsi suplemen niacinamide.

Baca juga: Benarkah Kulit Kering Lebih Mudah Terkena Infeksi?

Nah, itulah penjelasan terkait niacinamide yang dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kulit. Mulai dari menyehatkan dan melembabkan kulit, hingga mencegah kanker kulit. Meski begitu, penelitian ilmiah lebih banyak masih diperlukan guna menguji efektivitasnya. 

Penggunaan niacinamide secara topikal dianggap aman, tetapi dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Selain itu, konsumsi niacinamide berlebihan berisiko untuk memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes. 

Apabila kamu memiliki kulit kering yang tak kunjung membaik, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, bisa jadi kondisi yang kamu rasakan adalah gejala dari penyakit kulit seperti dermatitis.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Should Know About Niacinamide
Healthline. Diakses pada 2021. Niacinamide: Benefits, Uses and Side Effects
WebMD. Diakses pada 2021. Niacinamide
WebMD. Diakses pada 2021. Niacin (Vitamin B3)
Healthline. Diakses pada 2021. The 12 Best Foods for Healthy Skin

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan