Ini Dokter Ini Akan Bantu Perawatan Anak Stunting

6 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 Februari 2024

“Stunting nyatanya bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak di masa mendatang. Oleh karena itu, jika kamu melihat anak mengalami gejalanya, segera hubungi dokter anak di Halodoc untuk mendapat perawatan tepat.”

Ini Dokter Ini Akan Bantu Perawatan Anak StuntingIni Dokter Ini Akan Bantu Perawatan Anak Stunting

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Stunting adalah kondisi pertumbuhan tubuh yang terhambat pada anak-anak akibat kekurangan gizi kronis.

Kondisi kekurangan nutrisi esensial ini terjadi selama periode pertumbuhan yang kritis, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan, yang dimulai dari masa kehamilan hingga usia dua tahun.

Jika tidak dicegah, kondisi ini dapat memengaruhi perkembangan fisik dan kognitif anak secara permanen.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan stunting melibatkan aspek-aspek gizi seperti kekurangan zat gizi, kurangnya akses terhadap pangan bergizi, pola makan yang tidak seimbang, dan infeksi berulang.

Ciri-Ciri Anak yang Mengalami Stunting

Stunting berkaitan dengan faktor-faktor sosial dan ekonomi, termasuk sanitasi yang buruk, akses terbatas terhadap pelayanan kesehatan, dan kemiskinan.

Alhasil, dalam upaya pencegahannya, diperlukan kerja sama antara tenaga medis, pemerintah setempat, pemerintah pusat, dan masyarakat. 

Nah, kamu bisa mengenali ciri-ciri anak stunting pada orang terdekat atau pada orang-orang yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Ini cirinya:

1. Tinggi badan lebih pendek dari rata-rata

Anak yang mengalami stunting memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak seusianya yang sehat.

Keterlambatan pertumbuhan ini dapat terjadi pada tinggi badan secara keseluruhan atau proporsi tubuh tertentu.

2. Berat badan lebih ringan dari rata-rata

Selain tinggi badan yang terhambat, berat badan anak stunting juga mungkin lebih ringan dibandingkan dengan anak sebaya yang sehat.

Nah, Ini 7 Makanan Bergizi untuk Mencegah Stunting pada Balita yang bisa diberikan.

3. Kepala lebih besar dari tubuh

Beberapa kasus stunting juga dapat disertai dengan kepala yang proporsionalnya lebih besar dibandingkan dengan tubuh, sehingga terlihat adanya ketidakseimbangan proporsi.

4. Keterlambatan perkembangan motorik dan kognitif

Anak stunting cenderung mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik dan kognitif.

Ini dapat mencakup keterlambatan dalam kemampuan berjalan, berbicara, dan mencapai berbagai milestone perkembangan sesuai usianya.

5. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Stunting dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuat anak lebih rentan terhadap penyakit infeksi dan penyakit lainnya.

6. Kurang energi dan aktivitas

Anak stunting mungkin memiliki tingkat energi yang lebih rendah, sehingga cenderung kurang aktif dibandingkan dengan anak-anak seusianya yang sehat.

7. Masalah kesehatan lainnya

Anak stunting juga dapat mengalami masalah kesehatan lainnya, termasuk masalah gigi, gangguan pendengaran, dan masalah lain yang terkait dengan kekurangan gizi.

Penting untuk diingat bahwa ciri-ciri ini bersifat umum, dan tidak semua anak stunting akan menunjukkan semua gejala ini.

Diagnosis stunting biasanya didasarkan pada pemantauan pertumbuhan anak secara berkala oleh dokter.

Selain itu, kamu juga harus tahu 4 Dampak Stunting yang Terjadi pada Anak.

Rekomendasi Dokter Anak di Halodoc untuk Penanganan Stunting

Apabila orang terdekat mengalami gejala stunting, segera hubungi dokter di Halodoc agar masalah bisa terdeteksi dan mendapatkan penanganan segera.

Ingat, intervensi yang cepat dan tepat sangatlah diperlukan untuk meminimalkan dampak jangka panjang dari stunting pada perkembangan anak.

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun yang bisa kamu hubungi untuk perawatan stunting.

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

1. dr. Erlin Sp.A

Dokter Erlin Sp.A. adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya Jakarta pada 2005, Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2019 dan San Juan De Dios Educational Foundation, Filipina, pada 2013.

Ia  kini berpraktik di Bogor dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan bekal pengalaman sebagai dokter anak selama 19 tahun, dr. Erlin Sp.A. mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait stunting.

Selain itu, ia juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, bayi lahir kecil dan prematur, kesehatan remaja, hormon anak dan alergi serta imunitas anak. 

Chat dr. Erlin Sp.A mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc

Ibu juga dapat menghubungi dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2004 dan 2009. 

Ia kini berpraktik di Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Berbekal pengalaman selama 20 tahun, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan stunting pada anak.

Dokter Dandung Bawono Sp.A, M.Sc juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak serta perkembangan anak.

Chat dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc mulai dari Rp 89.000,- di Halodoc.

3. dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A

Rekomendasi dokter lain yang bisa ibu hubungi, yaitu dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A.

Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta, pada 2001 dan Universitas Sam Ratulangi, Manado, pada 2019.

dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A berpraktik di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A. bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait stunting. 

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter Gracia terkait nafsu makan dan nutrisi anak, perkembangan anak, DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak, serta bayi lahir kecil dan prematur.

Chat dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed

Selanjutnya, ibu bisa menghubungi dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2006 dan 2018.

Ia berpraktik di Lamongan, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 17 tahun, dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait stunting.

Chat dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Supaya kakak atau adik tidak tertular saudaranya yang mengidap flu singapura, ibu perlu melakukan 5 Cara Efektif Mencegah Flu Singapura berikut ini. 

5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Ibu juga bisa mengubungi dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2008 dan Universitas Airlangga pada 2020.

Dokter Dwi Lestari Avianti kini berpraktik di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar stunting.

Chat dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis anak yang bisa ibu hubungi terkait perawatan stunting.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2023. Stunting in a nutshell.
Ikatan Dokter Anak Indonesia. Diakses pada 2023. Perawakan Pendek pada Anak dan Remaja di Indonesia.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2023. Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi.
Pakistan Journal of Medical Sciences. Diakses pada 2023. Risk Factors of Stunting in Children Aged 1-5 Years at Wire Primary Health Care, Tuban Regency, East Java yang dipublikasikan di Journal of Maternal and Child Health.
Journal of Maternal and Child Health. Diakses pada 2023. Risk Factors of Stunting in Children Aged 1-5 Years at Wire Primary Health Care, Tuban Regency, East Java.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan