Ini Gaya Makan Sehat yang Bisa Dilakukan Selama Kerja dari Rumah

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   28 September 2020
Ini Gaya Makan Sehat yang Bisa Dilakukan Selama Kerja dari RumahIni Gaya Makan Sehat yang Bisa Dilakukan Selama Kerja dari Rumah

Halodoc, Jakarta - Dengan diberlakukannya PSBB edisi kedua, penduduk Jakarta kembali bekerja dan berkegiatan dari rumah. Ini semua dilakukan guna mengatasi pandemi COVID-19 agar kasusnya tidak semakin bertambah. Namun, banyak orang yang kerap mengeluhkan kenaikan berat badan akibat makan berlebihan selama di rumah, padahal tidak sedikit juga orang yang berhasil menurunkan berat badan selama bekerja di rumah. 

Selama bekerja di rumah, makanan memang bisa jadi musuh terburuk seiring dengan aktivitas yang tidak sebanyak biasanya. Sebaliknya, kadang efisiensi bekerja dari rumah juga membuat orang lupa makan sama sekali. Dua hal ini jelas buruk efeknya bagi kesehatan, jadi kamu perlu untuk mengatur pola makan agar nutrisi tetap terpenuhi dengan cara yang sehat selama bekerja dari rumah.

Baca juga: 4 Tips Memulai Pola Hidup Sehat di Keluarga

Nah, ini pola makan yang bisa kamu terapkan di rumah supaya tetap sehat: 

Jangan Bekerja Dekat Dapur

Pertama, cobalah untuk mengatur meja kerja di area yang tidak dekat dapur. Ini penting karena kamu bisa dengan mudah tergoda untuk bolak balik memeriksa makanan jika terus-menerus dekat dapur atau kulkas. Jadi, pastikan dapur tidak berada dalam pandangan mata.

Jadwalkan Waktu Makan Berat dan Ringan 

Selama bekerja di rumah mungkin kamu juga kerap merasa lapar di antara jam makan, dan ngemil pun masih diperbolehkan asalkan kamu menjadwalkannya dengan baik. Waktu makan juga perlu diatur. Ingat, jika kamu tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, pastikan asupan mengandung kalori yang cukup. Jangan sampai makanan yang masuk lebih banyak dari energi yang dibutuhkan. Jadi, jadwalkan waktu makan dan patuhi jadwal yang sudah kamu buat. 

Baca juga: Hadapi Virus Corona, Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan

Pastikan Makan dengan Benar

Mungkin saat bekerja di rumah, pekerjaan jadi terasa makin banyak, deadline menumpuk dan mungkin buat kamu yang workaholic jadi sulit mengambil jeda istirahat untuk makan. Ingat, kebutuhan gizi kamu tetap harus terpenuhi dna kamu wajib mengetahui tanda-tanda sedang lapar. Dengan memenuhi kebutuhan gizi setiap hari, maka kewaspadaan dan produktivitas kamu tetap terjaga. 

Fokus pada Makanan Berat

Makanan seimbang dan bergizi akan membuatmu lebih fokus dan produktif, dan akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Ingat, apa yang dimakan akan memengaruhi suasana hati dan tingkat energi kamu. Jadi, coba fokus pada protein, serat, lemak sehat, buah-buahan dan sayuran. Kamu juga bisa merencanakan menu lebih awal untuk menghindari godaan makan makanan tidak sehat. 

Minum Banyak Air

Saat kamu alami dehidrasi, kamu akan merasakan sakit kepala dan kelelahan sehingga mengganggu fokus saat bekerja. Jadi, selalu sediakan botol minum di samping tempat kerja di rumah. Dengan menyediakan air di dekat tempat kerja, maka kamu pasti akan dengan mudah memenuhi kebutuhan air harian. 

Pastikan juga air tersebut adalah air putih. Sebaiknya hindari mengonsumsi soda atau jus yang penuh gula karena mereka mengandung gula tinggi yang bisa berbahaya untuk tubuh. Hindari juga konsumsi kafein yang berlebihan seperti dalam kopi, karena ini bisa menyebabkan efek samping yang buruk.

Baca juga: Pentingnya Mengelola Stres di Tengah Maraknya Virus Corona

Itulah beberapa pola makan yang mungkin bisa kamu terapkan selama bekerja di rumah. Selain menjaga pola makan, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak setiap hari dan cukup istirahat. 

Jika kamu ingin memiliki keluhan kesehatan selama bekerja di rumah, kamu bisa tanyakan kondisi yang kamu alami pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan, kapan dan di mana saja. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Tips for Eating Healthy When You're Working From Home. 
Huff Post. Diakses pada 2020. How To Eat Healthy While Working From Home.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan