Ini Langkah Pengobatan Nyeri Sendi yang Bisa Dilakukan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 November 2023

“Pengobatan nyeri sendi bisa dilakukan tergantung pada penyebabnya. Umumnya, nyeri sendi dapat teratasi dengan obat, terapi fisik, pengobatan rumahan, atau operasi.”

Ini Langkah Pengobatan Nyeri Sendi yang Bisa DilakukanIni Langkah Pengobatan Nyeri Sendi yang Bisa Dilakukan

Halodoc, Jakarta – Nyeri sendi memiliki banyak penyebab. Pada sebagian besar orang, penyebab nyeri sendi adalah arthritis, yaitu sekelompok kondisi yang memiliki tanda peradangan pada sendi. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, sekitar 23 persen orang dewasa di Amerika Serikat menderita radang sendi. Radang sendi atau osteoartritis merupakan jenis nyeri sendi yang paling umum. 

Penyebab osteoartritis yaitu rusaknya tulang rawan seiring pertambahan usia. Namun, ada juga penyebab lainnya, seperti cedera atau infeksi pada sendi. Lantas, bagaimana cara mengobati nyeri sendi?

Pengobatan Nyeri Sendi

Mengobati nyeri sendi tidak selalu semudah minum pil anti-nyeri atau melakukan pijatan. Meski begitu, mengabaikan rasa sakit tidak akan menghilangkan kondisi. 

Untungnya, ada banyak pilihan pengobatan nyeri sendi yang bisa kamu coba. Perawatan yang dokter rekomendasikan biasanya tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan nyeri sendi. 

1. Obat nyeri sendi

Pada awalnya dokter mungkin akan merekomendasikan obat antiinflamasi dan pereda nyeri, jika penyebab nyeri sendi adalah radang sendi. 

Berikut beberapa contoh obat nyeri sendi:

  • Obat oral: Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), naproxen, diklofenak, aspirin, acetaminophen, obat nyeri opioid, steroid oral, duloxetine.
  • Suntikan: Suntikan sendi steroid dan suntikan asam hialuronat. 
  • Topikal: Berupa krim, gel, atau koyo seperti Analgesik topikal atau natrium diklofenak.

2. Operasi

Prosedur operasi merupakan upaya terakhir untuk meredakan nyeri sendi. Pengobatan ini biasanya untuk pengidap osteoarthritis lutut atau pinggul yang tidak merespons tindakan lain. 

Pada kasus nyeri sendi yang parah, mungkin memerlukan penggantian sendi total. 

Sedangkan kasus yang tidak terlalu parah, dokter mungkin mencoba osteotomi, yaitu operasi yang memerlukan pemotongan dan pembentukan kembali tulang untuk mengurangi tekanan pada sendi. 

3. Terapi fisik

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi nyeri sendi yaitu terapi fisik. Sebab, terapi fisik membantu meningkatkan rentang gerak dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi, sekaligus membantu meminimalkan kaku dan nyeri secara keseluruhan. 

Selama terapi fisik, dokter akan memberikan serangkaian latihan penguatan dan peregangan khusus untuk pengidap lakukan secara teratur. Peregangan membantu mobilitas dan rentang gerak secara keseluruhan. 

4. Pengobatan rumahan

Hampir sebagian besar penyebab nyeri sendi dapat kamu atasi di rumah dengan sedikit perubahan gaya hidup, misalnya:

  • Terapi panas dan dingin, untuk mengurangi kekakuan pada persendian. 
  • Perubahan pola makan, banyak ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan antioksidan untuk membantu mencegah peradangan. Misalnya dengan mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.
  • Olahraga atau aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau berenang. 
  • Menurunkan berat badan, jika kamu memiliki kelebihan berat badan.

Selain itu, ada juga 6 Obat Nyeri Sendi dari Bahan Alami di Rumah yang bisa kamu coba. 

5. Suplemen vitamin

Menggunakan suplemen makanan dapat membantu meringankan gejala seperti peradangan dan nyeri sendi. Contoh suplemen makanan yang dapat kamu gunakan yaitu:

  • Minyak ikan.
  • Jahe.
  • Glukosamin dan kondroitin sulfat.

Belum banyak bukti yang menunjukkan bahwa menggunakan suplemen dapat membantu mengatasi nyeri sendi. 

Meskipun kamu merasakan adanya perbaikan setelah menggunakan suplemen, tapi penggunaannya tidak boleh menggantikan perawatan medis. 

Sudah tahu mengenai manajemen nyeri untuk mengelola rasa nyeri? Baca di artikel ini: “Mengenal Manajemen Nyeri dan Manfaatnya untuk Kesehatan“.

Maka itu, penting untuk menghubungi dokter di Halodoc terlebih dulu jika kamu atau anggota keluarga mengalami nyeri sendi.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Joint Pain Relief: What You Can Do to Feel Better Now.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about joint pain.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Joint Pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan