Ini Manfaat Rutin Olahraga untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 September 2021
Ini Manfaat Rutin Olahraga untuk Kesehatan MentalIni Manfaat Rutin Olahraga untuk Kesehatan Mental

“Berolahraga perlu menjadi gaya hidup yang harus kamu jadikan rutinitas karena ia merupakan obat untuk banyak masalah kesehatan mental. Kamu bisa mengatasi depresi, kecemasan, stres, dan banyak masalah lainnya. Ini karena olahraga bisa membantu melepaskan endorfin, mengalihkan pikiran, dan menenangkan.”

Halodoc, Jakarta – Manfaat olahraga nyatanya tidak semata-mata untuk memperbesar kapasitas aerobik dan ukuran otot. Tentunya olahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik, membantu mengecilkan lingkar pinggang, meningkatkan kualitas kehidupan seksual, bahkan memperpanjang usia. Namun, bukan itu yang memotivasi kebanyakan orang untuk tetap olahraga.

Orang yang berolahraga secara teratur cenderung melakukannya karena aktivitas ini memberikan mereka rasa sejahtera yang luar biasa. Mereka merasa lebih energik sepanjang hari, tidur lebih nyenyak di malam hari, memiliki ingatan yang lebih tajam, dan merasa lebih santai dan positif tentang diri dan kehidupan mereka. Jadi bisa dikatakan bahwa olahraga membawa banyak manfaat untuk kesehatan mental secara umum. 

Kamu tak perlu jadi anggota klub kebugaran untuk mendapatkannya, sebab sedikit olahraga saja asal dilakukan rutin bisa memberikan manfaat yang luar biasa. Lantas, bagaimana cara olahraga dalam memperbaiki kesehatan mental? Berikut ulasannya! 

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Mental 

Olahraga dan Depresi

Studi menunjukkan bahwa olahraga dapat mengobati masalah kesehatan mental seperti depresi ringan hingga sedang seefektif obat antidepresan, dan hebatnya tanpa efek samping. Seperti dalam penelitian yang dipublikasikan di Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa berlari selama 15 menit sehari atau berjalan selama satu jam mengurangi risiko depresi berat sebesar 26 persen. Selain meredakan gejala depresi, penelitian juga menunjukkan bahwa menjaga jadwal olahraga dapat mencegah kekambuhan.

Olahraga adalah obat depresi yang ampuh karena beberapa alasan. Hal yang paling penting, aktivitas ini mempromosikan semua jenis perubahan di otak, termasuk pertumbuhan saraf, mengurangi peradangan, dan pola aktivitas baru yang meningkatkan perasaan tenang dan sejahtera. 

Olahraga juga akan melepaskan endorfin, bahan kimia kuat di otak yang memberi energi pada semangat dan membuat kamu merasa baik. Akhirnya, olahraga juga dapat berfungsi sebagai pengalih perhatian, memungkinkan pengidap depresi untuk menemukan waktu tenang agar bisa keluar dari siklus pikiran negatif yang merupakan penyebab depresi.

Baca juga: Kecanduan Olahraga, Ini Dampaknya pada Kesehatan Mental

Olahraga dan Gangguan Kecemasan

Olahraga juga obat anti-kecemasan yang alami dan efektif sehingga baik untuk kesehatan mental. Ini mengurangi ketegangan dan stres, meningkatkan energi fisik dan mental, dan meningkatkan kesejahteraan melalui pelepasan endorfin. 

Selain itu, para pengidap kecemasan juga bisa mencoba untuk memperhatikan hal-hal di sekitar. Seperti sensasi kaki saat menyentuh tanah, misalnya, atau ritme pernapasan, atau perasaan angin di kulit. Dengan lebih peka terhadap sekitar, maka kamu bisa benar-benar berfokus pada tubuh dan merasakan rasanya saat berolahraga. Jadi, ini tidak hanya akan meningkatkan kondisi fisik, tetapi juga dapat menghentikan aliran kekhawatiran yang terus-menerus mengalir di kepala.

Baca juga: Apakah Olahraga Dapat Meminimalisir Gangguan Kepribadian?

Olahraga dan Stres

Pernah memperhatikan bagaimana perasaan tubuh ketika sedang stres? Otot-otot mungkin tegang, terutama di wajah, leher, dan bahu, sehingga membuat kamu jadi sakit punggung atau leher, atau sakit kepala yang menyakitkan. Kamu juga mungkin merasakan sesak di dada, denyut nadi berdebar, atau kram otot. Kamu juga mungkin mengalami masalah, seperti insomnia, mulas, sakit perut, diare, atau sering buang air kecil. Kekhawatiran dan ketidaknyamanan dari semua gejala fisik ini pada gilirannya dapat menyebabkan lebih banyak stres, menciptakan lingkaran setan antara pikiran dan tubuh.

Dengan berolahraga, siklus ini akan terputus. Manfaat olahraga untuk kesehatan mental tidak hanya membantu melepaskan endorfin di otak, aktivitas fisik akan membantu mengendurkan otot dan meredakan ketegangan di tubuh. Karena tubuh dan pikiran sangat terkait erat, maka ketika tubuh merasa lebih baik, pikiran juga akan ikut membaik. 

Itulah beberapa manfaat rutin berolahraga untuk kesehatan mental. Namun jika kamu ingin tahu jenis olahraga apa saja yang paling baik untuk meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan, kamu bisa tanyakan pada psikolog di Halodoc. Mereka mungkin punya tips khusus juga untuk membantu kamu mengatasi masalah kesehatan mental melalui aktivitas fisik yang menyenangkan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Psychological Association. Diakses pada 2021. The Exercise Effect.
HelpGuide. Diakses pada 2021. The Mental Health Benefits of Exercise.
Walden University. Diakses pada 2021. 5 Mental Benefits of Exercise.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan