Catat, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 April 2023

“Terdapat beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks. Di antaranya adalah meningkatkan kadar hormon testosteron pada tubuh dan meningkatkan kesehatan otak.”

Catat, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks untuk KesehatanCatat, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Ada banyak asupan nutrisi penting yang perlu senantiasa kamu penuhi agar kesehatan dan fungsi tubuh terjaga dengan baik. Selain protein, mineral, dan karbohidrat, nyatanya vitamin juga menjadi asupan nutrisi penting tersebut. 

Nah, ada bermacam vitamin yang berperan penting dalam tubuh. Salah satunya adalah vitamin B kompleks dalam bentuk suplemen yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Lantas, apa manfaat dari vitamin B kompleks untuk kesehatan? 

Manfaat Vitamin B Kompleks 

Vitamin B kompleks merupakan kombinasi dari delapan jenis vitamin B yang larut dalam air. Umumnya, vitamin B yang ada di dalam kombinasi ini, berperan penting dalam metabolisme tubuh. 

Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B3 atau niacin, vitamin B6 atau pyridoxine, vitamin B7 atau biotin, vitamin B9 atau folat, hingga vitamin B12 (cobalamin). 

Nah, berikut adalah manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dari vitamin B kompleks: 

1. Meningkatkan kadar testosteron

Vitamin B terkadang disertakan dalam suplemen penguat hormon testosteron karena diyakini dapat meningkatkan kadarnya pada pria. Sebab, seiring bertambahnya usia, kadar testosteron secara alami akan menurun. Meski begitu, masih perlu penelitian dan data ilmiah lebih banyak terkait klaim manfaat ini. 

Namun, terlepas dari kurangnya bukti untuk efek peningkatan testosteron,  vitamin B sangat membantu dalam pengaturan hormon. Artinya, ada kemungkinan vitamin B dapat membantu mengatur hormon pria dan juga hormon wanita.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin B dapat mendukung hampir semua aspek kesehatan otak. Salah satunya adalah tinjauan berjudul B Vitamins and the Brain: Mechanisms, Dose and Efficacy—A Review pada tahun 2016.

Menurut tinjauan tersebut, vitamin B6, B9, dan B12 secara khusus berperan dalam metabolisme homocysteine. Perlu kamu ketahui bahwa metabolisme homocysteine membantu mengurangi risiko penurunan kognitif dan demensia. 

Baca juga: Waspada, Ini Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B

3. Bermanfaat bagi ibu hamil 

Manfaat vitamin B kompleks selanjutnya adalah bermanfaat bagi ibu hamil atau menyusui. Sebab, vitamin ini dapat membantu perkembangan otak janin, sekaligus mengurangi risiko cacat lahir. Bagi orang yang sedang hamil, vitamin B kompleks juga dapat memberikan berbagai manfaat lain. Mulai dari membantu tubuh mengelola tingkat energi, meredakan mual, dan menurunkan risiko berkembangnya preeklampsia. 

4. Membantu pembentukan sel darah merah

Beberapa jenis vitamin B, khususnya B12 berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Nah, sel darah merah yang sehat tentunya tubuh butuhkan untuk mengalirkan oksigen ke setiap bagian tubuh manusia. Jika terjadi kekurangan sel darah merah, vitamin B12 akan mendorong produksi sel darah merah yang cukup. 

Selain itu, vitamin B2 dan B9 juga tubuh butuhkan untuk produksi dan pertumbuhan sel darah merah. Sementara itu, jenis vitamin B lainnya, yaitu B5 berperan dalam membantu mengurangi jumlah kolesterol yang tubuh produksi tubuh. 

5. Meningkatkan kesehatan saraf 

Vitamin B2 membantu menjaga kesehatan mata, sistem saraf, dan kulit. Selain itu, vitamin ini juga diyakini dapat membantu dalam konversi makanan menjadi energi dan membantu enzim dalam tubuh berfungsi dengan baik. 

Baca selengkapnya: Mengenal Suplemen Vitamin B12 dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat vitamin B kompleks pada tubuh. Mulai dari meningkatkan kadar testosteron, meningkatkan kesehatan otak, hingga meningkatkan kesehatan saraf. Meski sebagian manfaat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk memenuhi asupan vitamin B kompleks setiap harinya. 

Dapatkan kebutuhan vitamin dan produk kesehatan lainnya melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot keluar rumah, pesananmu akan sampai dalam waktu satu jam. Yuk, klik gambar berikut untuk memesannya sekarang:

Banner obat dan vitamin
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Why Is Vitamin B Complex Important, and Where Do I Get It?
Verywell Health. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Vitamin B Complex. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan