Ini Panduan Lengkap Budidaya Kura-Kura Sulcata

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   08 Juni 2021
Ini Panduan Lengkap Budidaya Kura-Kura SulcataIni Panduan Lengkap Budidaya Kura-Kura Sulcata

Halodoc, Jakarta - Kura-kura sulcata adalah salah satu jenis kura-kura yang dikenal juga sebagai African spurred tortoise. Kura-kura jenis ini merupakan salah satu jenis kura-kura terbesar di dunia, loh. Kura-kura sulcata juga menjadi kura-kura yang mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungannya. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kura-Kura Sulcata yang Terancam Punah

Untuk itu, banyak orang yang memutuskan untuk memelihara kura-kura sulcata. Perlu diketahui, kura-kura sulcata menjadi salah satu hewan yang memiliki umur cukup panjang. Maka dari itu, sangat penting bagi pemilik kura-kura sulcata mengetahui panduan lengkap memelihara kura-kura ini agar kesehatan mental maupun fisik kura-kura selalu dalam kondisi optimal.

Jenis Makanan bagi Kura-Kura Sulcata

Kura-kura sulcata merupakan hewan herbivora. Dengan begitu, 95 persen makanan kura-kura ini adalah sayuran dan rumput. Komposisi tersebut adalah pola makan tepat bagi kura-kura sulcata karena mereka membutuhkan kandungan serat yang cukup tinggi, dan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan yang stabil. 

Lalu, apakah sulit mencari makan untuk kura-kura sulcata? Jawabannya, tidak. Kamu bisa memberikan jenis rumput, jerami, hingga rumput gandum. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan camilan sehat untuk kura-kura sulcata, seperti labu, daun mint, daun anggur, hingga kaktus. 

Kura-kura sulcata juga membutuhkan kalsium cukup tinggi untuk perkembangannya. Tidak ada salahnya, berikan sumber kalsium yang tepat bagi kura-kura sulcata, seperti daun murbei dan anggur.

Pemberian buah juga bisa dilakukan. Namun, buah memiliki kandungan air dan gula yang cukup tinggi. Untuk itu, sebaiknya berikan buah setiap dua minggu sekali. Pastikan makanan yang dikonsumsi oleh kura-kura sulcata masih dalam kondisi segar dan terhindar dari pestisida.

Hindari sayuran hijau yang memiliki kandungan oksalat, seperti bayam, sawi, kangkung, brokoli, dan kembang kol karena berbahaya bagi kura-kura sulcata. Jangan lupa untuk selalu sediakan air bersih setiap hari dalam piringan dangkal agar kura-kura sulcata mudah mencapainya. 

Baca juga: Sebelum Memelihara Kura-Kura, Perhatikan 5 Hal Ini

Lokasi Tinggal Kura-Kura Sulcata

Untuk kesehatan kura-kura sulcata, pastikan kondisi kandang kura-kura sesuai dengan habitat aslinya. Kura-kura sulcata sangat tepat dipelihara pada lingkungan terbuka dengan kondisi cuaca hangat dan kering.

Selain itu, pastikan kandang kura-kura sulcata berukuran besar dan tidak terlalu kecil jika dibandingkan dengan tubuh kura-kura. Sebaiknya hindari membuat kandang kura-kura sulcata dengan material kaca. Kondisi ini akan membuat kura-kura terus ingin melewatinya yang berisiko menyebabkan kura-kura menjadi stres.

Bahkan, adanya genangan air dalam kandang kaca juga meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada cangkang dan pernapasan kura-kura. Tidak hanya itu, kamu juga perlu meletakkan komponen lain sebagai dasar kandang. Campuran tanah dan pasir steril menjadi komponen yang pas untuk kandang kura-kura mengingat kura-kura sulcata merupakan penggali ulung.

Hindari memberikan aksen tanaman atau tumbuhan palsu dalam kandang. Kura-kura akan penasaran dan memakannya. Maka dari itu, sebaiknya pastikan kamu menggantinya dengan tanaman atau tumbuhan segar yang bisa menjadi makanan kura-kura sulcata. Tanaman kaktus pir, spider plants, rumput gandum, dan hosta menjadi tanaman yang cocok untuk diletakkan di kandang kura-kura sulcata.

Gangguan Kesehatan yang Rentan Dialami Kura-Kura Sulcata

Hampir sama dengan jenis reptil lainnya, kura-kura sulcata juga rentan mengalami infeksi pernapasan, khususnya jika mereka berada di lokasi yang lembap. Infeksi jamur juga kerap menyerang cangkangnya yang menyebabkan cangkang kura-kura menjadi bersisik dan mengering.

Ketika kalsium yang diberikan tidak mencukup kebutuhan, kura-kura juga dapat mengalami penyakit tulang metabolik. Kondisi ini dapat menyebabkan kelainan bentuk serta kematian jika tidak ditangani dengan tepat.

Baca juga: Ketahui Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Kura-Kura

Namun, semua gangguan kesehatan pada kura-kura sulcata dapat diatasi dengan baik jika kamu segera melakukan pemeriksaan pada dokter hewan terbaik melalui Halodoc saat melihat gejala buruk pada kura-kura. 

Hindari pemberian obat rumahan agar kondisi kura-kura tidak semakin memburuk. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play! 

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Sulcata Tortoise.
Pet Helpful. Diakses pada 2021. How to Care for Your Sulcata Tortoise.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan