Ini yang Dimaksud dengan Intervensi Gizi Beserta Contohnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Januari 2023

“Intervensi gizi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas gizi individu ataupun suatu populasi. Intervensi gizi ada banyak jenisnya, contohnya intervensi gizi untuk stunting atau bencana.”

Ini yang Dimaksud dengan Intervensi Gizi Beserta ContohnyaIni yang Dimaksud dengan Intervensi Gizi Beserta Contohnya

Halodoc, Jakarta –   Intervensi gizi adalah serangkaian tindakan yang bertujuan untuk mengubah aspek gizi pada individu atau populasi. Mulai dari pemberian nutrisi hingga pelaksanaan program pendidikan gizi.  

Jenis intervensi gizi bisa bermacam-macam, tergantung dari penanganannya. Apakah stunting, bencana alam, atau kondisi spesifik lainnya. Informasi selengkapnya mengenai intervensi gizi beserta contohnya bisa dibaca di sini!

Penjelasan Mengenai Intervensi Gizi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, intervensi nutrisi dirancang untuk meningkatkan kualitas kesehatan individu ataupun suatu populasi. Beberapa tahapan proses untuk mencapai tujuan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Penilaian nutrisi

Pada tahap ini, akan dilakukan pendekatan sistematis untuk mengumpulkan dan mengidentifikasi masalah terkait gizi dan penyebabnya. Langkah ini juga mencakup penilaian ulang untuk membandingkan dan mengevaluasi kembali data dari interaksi sebelumnya ke interaksi berikutnya. Baru kemudian dibandingkan dengan standar yang sebenarnya.

2. Diagnosa nutrisi

Pada tahap diagnosa nutrisi akan dilakukan identifikasi dan pelabelan. Misalnya mencakup asupan karbohidrat yang tidak konsisten, berdasarkan standar nutrisi yang sudah ditetapkan. 

3. Intervensi nutrisi

Setelah penilaian dan diagnosis dilakukan, barulah masuk ke tahap intervensi gizi. Di tahap intervensi gizi akan dilakukan tindakan terencana yang sengaja dirancang untuk mengubah perilaku terkait gizi, faktor risiko, kondisi lingkungan, atau aspek status kesehatan. Ini dilakukan untuk menyelesaikan atau memperbaiki diagnosis gizi atau masalah gizi yang teridentifikasi. 

Intervensi nutrisi dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan individu ataupun populasinya. Intervensi gizi biasanya diarahkan untuk menyelesaikan diagnosis gizi dengan menghilangkan tanda dan gejala masalah atau masalah gizi. 

4. Pemantauan dan evaluasi gizi

Pada tahap pemantauan dan evaluasi gizi, petugas kesehatan ataupun profesional medis akan melakukan pemantauan dan evaluasi berdasarkan indikator yang sudah ditentukan. Seperti apa perubahan yang terjadi setelah dilakukannya intervensi. 

Contoh Intervensi Gizi Spesifik

Bentuk intervensi bisa berubah tergantung pada tujuan dan manfaat kesehatan. Misalnya pada intervensi gizi untuk anak stunting ada beberapa contoh pengaplikasiannya, yaitu:

1. Pemberian makanan tambahan

Pemberian makanan tambahan ini diberikan untuk balita dan ibu hamil. Identifikasi dilakukan dengan mengukur lingkar lengan dan berat badan.

2. Pemberian tablet tambah darah

Remaja putri rentan mengalami anemia, oleh sebab itu diberikan tablet penambah darah. Pemberian tablet tambah darah di usia remaja diharapkan dapat menjadi cara pencegahan anemia di masa depan. Tablet ini juga diberikan kepada ibu hamil dan perempuan usia subur.

3. Promosi dan konseling menyusui

ASI adalah komponen penting dalam tumbuh kembang anak. Untuk mencegah stunting, anak perlu mendapatkan asupan ASI sejak usia 0 – 6 bulan. Informasi ini sangat penting diberikan kepada ibu hamil ataupun calon ibu melalui dampingan edukasi.

4. Pemantauan pertumbuhan

Pemantauan pertumbuhan perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan ibu dan anak. Misalnya, untuk anak usia 0 – 72 bulan, perlu untuk menjalani penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan.

Itulah beberapa contoh intervensi gizi serta penjelasannya. Informasi selengkapnya mengenai gizi anak bisa didapatkan dengan download aplikasi Halodoc. Lewat Halodoc, ibu ataupun ayah juga bisa mendapatkan obat ataupun vitamin dan konsultasi dengan dokter tanpa harus keluar rumah. 

Referensi:
Academic of Nutrition and Dietetics. Diakses pada 2023. Nutrition Care Process.
Cegah stunting.id. Diakses pada 2023. Intervensi Spesifik.
Kompas.com. Diakses pada 2023. 2 Intervensi Gizi Bantu Percepatan Penurunan Stunting dengan Target 14 Persen 2024
Kemkes.go.id. Diakses pada 2023. Intervensi Gizi Bencana, Apa dan Mengapa.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan