Ibu, Kenali Faktor Penyebab Anak Mengalami Gizi Buruk

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Januari 2023

“Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko gizi buruk pada anak. Di antaranya masalah pencernaan dan kebersihan yang buruk.”

Ibu, Kenali Faktor Penyebab Anak Mengalami Gizi BurukIbu, Kenali Faktor Penyebab Anak Mengalami Gizi Buruk

Halodoc, Jakarta – Gizi buruk pada anak adalah kondisi ketika asupan dan pemanfaatan nutrisi dalam tubuh tidak seimbang. Kekerdilan pertumbuhan disebabkan oleh asupan energi dan nutrisi yang tidak memadai. Sementara kelebihan berat badan atau obesitas terjadi akibat asupan yang berlebihan.

Kebiasaan makan yang buruk, malabsorpsi nutrisi, dan predisposisi genetik adalah penyebab umum gizi buruk pada anak. Kondisi ini juga berdampak pada pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan anak secara umum. Namun, hal ini dapat dihindari dengan mengidentifikasi penyebabnya. 

Baca juga: Perbedaan Gejala Kurang Gizi dan Gizi Lebih pada Anak

Faktor Penyebab Gizi Buruk pada Anak

Seorang anak bisa berisiko mengalami gizi buruk karena beberapa faktor berikut ini:

  1. Kemiskinan

Tingkat ekonomi yang rendah dan kurangnya akses ke makanan yang cukup dan sehat adalah penyebab gizi buruk yang paling umum di seluruh dunia.

  1. Kebiasaan Makan yang Buruk

Anak-anak dengan kebiasaan makan yang buruk atau tidak menentu, berisiko mengalami gizi buruk. Misalnya, pilih-pilih makanan berisiko kekurangan gizi dalam jangka panjang. Di sisi lain, jika makan berlebihan, mereka berisiko mengalami kelebihan gizi. 

Dalam kedua kasus tersebut, solusinya adalah mengonsumsi makanan yang seimbang dan menjaga aktivitas fisik secara teratur.

  1. Masalah Pencernaan

Kondisi kesehatan pencernaan dapat memengaruhi pencernaan dan penyerapan makanan, membuat anak berisiko kekurangan gizi. Contohnya penyakit Crohn, penyakit radang usus, fibrosis kistik, dan kolitis ulserativa. 

Demikian pula, beberapa kondisi lain, seperti disfagia, menimbulkan kesulitan mengunyah dan menelan makanan. Ini juga dapat menyebabkan gizi buruk dari waktu ke waktu.

  1. Kondisi Mental

Depresi dan kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang dapat menekan nafsu makan atau menyebabkan makan berlebihan. Gangguan makan yang memengaruhi pola makan seseorang dapat menyebabkan gizi buruk. 

Misalnya, anoreksia nervosa dapat membatasi asupan makanan anak, menyebabkan malnutrisi parah dari waktu ke waktu. Di sisi lain, binge eating disorder dapat menyebabkan makan yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan kelebihan gizi.

Baca juga: Kwashiorkor, Gizi Buruk pada Anak yang Perlu Diwaspadai

  1. Penyakit Kronis

Penyakit kronis yang diidap anak dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, yang berujung pada gizi buruk. Beberapa contohnya adalah tuberkulosis, kanker, dan penyakit hati dan ginjal.

  1. Kebersihan yang Buruk

Menurut makalah yang dirilis UNICEF, praktik kebersihan yang buruk menyebabkan perkembangan penyakit menular, seperti diare. Infeksi berulang memaparkan anak-anak pada risiko defisiensi makro dan mikronutrien, menyebabkan gizi buruk.

Jaga Kebersihan dan Cegah Gizi Buruk dengan Lifebuoy Anti Bacterial Wash Total 10 

Kebersihan merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko gizi buruk pada anak. Sebab, kebersihan yang buruk dapat menyebabkan diare dan infeksi, yang bisa mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajarkan praktik kebersihan yang baik pada anak sedini mungkin. Seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari toilet, serta mandi dan membersihkan badan, terutama setelah main di luar. 

Untuk mendukung anak menjaga kebersihan diri dan terhindar dari risiko gizi buruk, Ibu juga perlu memilih sabun yang tepat. Seperti Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10, yang bisa memberi perlindungan hingga 10 kali lebih kuat dari sabun lain, untuk melindungi keluarga dari kuman penyebab penyakit.

Dengan kandungan Activ Silver+ formula, Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 dapat mendukung daya tahan alami kulit, dan melawan 99.9 persen kuman berbahaya. Sabun ini bisa membantu melindungi Si Kecil dari kuman penyebab penyakit setelah bermain seharian. 

Busanya bukan cuma melimpah dan bisa membersihkan hingga ke pori-pori, tapi juga lembut dan bermanfaat untuk kulit. Jadi, Lifebuoy Antibacterial Body Wash Total 10 merupakan pilihan terbaik untuk menjaga kebersihan dan mencegah gizi buruk pada anak.

Baca juga: Berbagai Mitos dan Fakta seputar Malnutrisi pada Anak

Memeringati Hari Gizi Nasional, Lifebuoy memberikan diskon untuk berbicara pada dokter hingga 50K, melalui aplikasi Halodoc. Caranya, beli Lifebuoy Antibacterial Body Wash Total 10 kemasan 250 ml, 400 ml, atau 825 ml yang bertanda khusus Halodoc.

Lalu, temukan QR code pada bagian belakang kemasan Lifebuoy, pilih dokter, dan masukkan kode promo LIFEBUOYHALODOC di halaman pembayaran. Lebih jelasnya, kamu bisa cek di sini. Jangan lupa download Halodoc terlebih dahulu di Apps Store atau Play Store, ya! 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Malnutrition: What You Need To Know.
Mom Junction. Diakses pada 2023. Malnutrition In Children: Causes, Symptoms And Treatment.
UNICEF. Diakses pada 2023. The Impact of Poor Sanitation on Nutrition.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan