• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Alasan Anjing Mogok Makan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Alasan Anjing Mogok Makan

Inilah 6 Alasan Anjing Mogok Makan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 18 Mei 2021
Inilah 6 Alasan Anjing Mogok MakanInilah 6 Alasan Anjing Mogok Makan

Halodoc, Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemilik anjing untuk menjaga kesehatan anjing kesayangannya. Mulai dari mengajaknya rutin berolahraga, mengajaknya bermain, hingga memberikan asupan nutrisi dan mineral yang tepat. Tentunya pemberian nutrisi dan mineral yang tepat dilakukan dengan memberikan pola makan yang tepat pula bagi anjing.

Baca juga: Anjing Tidak Mau Makan? Ini Solusinya

Namun, bagaimana jika anjing mengalami penurunan nafsu makan dan menolak untuk makan? Nah, sebaiknya jangan abaikan kondisi ini. Selain menjadi gejala ringan dari beberapa kondisi, anjing yang mogok makan pun bisa menjadi satu tanda bahwa anjing sedang mengalami gangguan kesehatan. Untuk itu, simak lebih banyak mengenai alasan anjing mogok makan, di sini!

Bosan Hingga Gangguan Kesehatan

Kondisi anjing yang mogok makan tentunya akan membuat pemilik merasa khawatir dan sedih. Berbagai cara dilakukan agar anjing mau kembali mengonsumsi makanan agar kebutuhan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan dapat terpenuhi.

Namun, sebaiknya jangan asal memberikan makanan pada anjing. Lebih baik, cari tahu dulu beberapa alasan mengapa anjing menolak mengonsumsi makanan mereka. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi penyebabnya sehingga anjing bisa kembali makan dengan baik.

Berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan anjing mogok makan:

1.Bosan

Jika kamu memberikan jenis makanan yang sama setiap hari pada anjing, bisa saja anjing mengalami kebosanan. Kondisi ini akan membuat anjing enggan untuk mengonsumsi makanan yang diberikan. 

Tidak ada salahnya mencoba memberikan jenis makanan lain pada anjing dan lihatlah perilaku makan anjing setelahnya. Jika pola makan anjing kembali normal, sebaiknya cobalah untuk mencari menu baru untuk anjing agar ia tidak merasa cepat bosan.

2.Perubahan Rutinitas dan Lingkungan

Adanya perubahan rutinitas dan lingkungan kerap membuat anjing merasa tidak nyaman sehingga akan menolak makanan yang diberikan. Kondisi ini juga tidak jarang membuat anjing merasa cemas sehingga menyebabkan penurunan nafsu makan pada anjing. 

Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah perkenalkan lingkungan dan rutinitas yang baru secara perlahan pada anjing. Berikan perhatian dan kasih sayang agar rasa percaya diri anjing kembali meningkat sehingga ia nyaman berada di kondisi yang baru.

Baca juga: Anjing Kesayangan Pilih-Pilih Makanan, Ini Tips Mengatasinya

3.Vaksinasi atau Pengobatan Penyakit Lain

Melakukan vaksinasi pada anjing menjadi salah satu cara tepat untuk mencegah berbagai penyakit. Begitu juga dengan pengobatan untuk mengatasi suatu penyakit. Namun, kondisi tersebut nyatanya dapat menyebabkan efek samping pada anjing. Salah satunya adalah penurunan nafsu makan. Jangan khawatir, biasanya efek samping ini akan hilang setelah beberapa hari atau saat pengobatan berakhir. 

4.Gangguan Kesehatan pada Gigi

Gangguan kesehatan pada gigi maupun mulut menjadi salah satu alasan yang menyebabkan anjing mogok makan. Sebaiknya perhatikan gejala lainnya, seperti pembengkakan pada gusi atau gusi berdarah. Gangguan pada gigi dan mulut yang tidak diatasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih parah.

5.Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan juga dapat menyebabkan penurunan nafsu makan untuk sementara. Anjing yang mogok makan akibat gangguan pencernaan, biasanya akan ditandai dengan gejala lain, seperti diare atau muntah.

6.Kualitas Makanan

Sebelum memberikan makanan pada anjing kesayangan kamu, pastikan makanan masih dalam kondisi baik. Kualitas makanan yang sudah tidak baik terkadang menyebabkan bau tidak sedap atau tekstur makanan yang rusak. Kondisi ini membuat anjing enggan untuk mengonsumsi makanan yang diberikan.

Baca juga: 7 Variasi Makanan Sehat untuk Anjing Agar Tidak Bosan

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan anjing mogok makan. Jika anjing mogok makan tanpa disertai perubahan perilaku atau gejala penyakit lainnya, sebaiknya jangan khawatir dan cobalah untuk mengganti jenis makanan anjing atau berikan perhatian lebih pada anjing.

Namun, jika mogok makan yang dilakukan anjing disertai dengan muntah, diare, perubahan perilaku, dan sudah berlangsung selama 8–12 jam, segera tanyakan langsung pada dokter hewan melalui Halodoc untuk penanganan medis yang tepat. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Why Won’t My Dog Eat?
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Dog Not Eating? Possible Causes and Appetite Solutions.
Daily Dog Stuff. Diakses pada 2021. 15 Possible Reasons Why Your Dog Won’t Eat.