Inilah Cara Alami untuk Obati Mata Ikan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Juni 2021
Inilah Cara Alami untuk Obati Mata IkanInilah Cara Alami untuk Obati Mata Ikan

Halodoc, Jakarta – Mata ikan adalah lapisan tebal dan mengeras pada kulit yang disebabkan oleh gesekan dan tekanan. Berbeda dari kapalan, mata ikan biasanya berukuran kecil dengan bagian tengah yang bertekstur lunak atau keras.

Mata ikan paling sering muncul di telapak kaki, bagian atas dan di antara jari kaki. Meskipun tidak berbahaya, tapi kehadiran mata ikan bisa membuat kamu merasa tidak nyaman, bahkan nyeri saat berjalan. Kabar baiknya, mata ikan bisa diobati sendiri dengan mudah dengan cara-cara alami. Berikut ulasannya.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Apa Beda Kapalan dan Mata Ikan?

Cara Alami Mengatasi Mata Ikan

Mata ikan sebenarnya terbentuk sebagai upaya tubuh untuk melindungi diri dari gesekan dan tekanan yang terjadi secara berulang. Akibatnya, permukaan kulit akan menebal dan mengeras.

Penyebab mata ikan yang paling umum adalah infeksi Human papilloma virus (HPV). Namun, benjolan keras pada kaki tersebut bisa disebabkan oleh kebiasaan, seperti menggunakan sepatu yang tidak sesuai ukuran atau terlalu sempit.

Munculnya mata ikan tentu terasa mengganggu dan menyebalkan. Namun, jangan khawatir, berikut cara-cara alami yang bisa kamu coba untuk mengobati mata ikan:

1. Rendam Kaki di Dalam Air Hangat

Pertama-tama, kamu perlu merendam kaki terlebih dahulu di dalam air hangat agar kulit mata ikan menjadi lebih lunak. 

2. Kikis dengan Menggunakan Batu Apung

Kemudian, gosok mata ikan di telapak kaki dengan menggunakan batu apung dengan lembut untuk mengikis penumpukan kulitnya.

3. Oleskan Pelembap

Setelah selesai, oleskan pelembap ke area kulit yang dikikis agar kulit tetap lembap dan halus. 

4. Gunakan Ganjalan untuk Mata Ikan

Cara untuk mencegah area yang terkena mata ikan bergesekkan dengan sepatu, kamu bisa menggunakan bantalan atau pads di telapak kaki.

Lakukan perawatan di atas secara rutin sampai mata ikan benar-benar hilang. Ingat, jangan mencoba memotong sendiri mata ikan di telapak kakimu, karena hal ini bisa menyebabkan infeksi yang berpotensi membahayakan jaringan di sekitarnya. Memotong mata ikan hanya boleh dilakukan oleh dokter.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Salah Pilih Obat Mata Ikan

Bahan-bahan Alami untuk Mengatasi Mata Ikan

Selain melakukan perawatan di atas, kamu juga bisa mencoba bahan-bahan alami berikut untuk mengobati mata ikan:

  • Cuka Sari Apel

Kebanyakan krim yang dijual bebas mengandung asam (biasanya salisilat) yang bermanfaat untuk mengatasi kulit tebal dan membantu kulit ekstra rontok. Nah, cuka sari apel bekerja dengan cara yang sama dengan krim tersebut. 

Cobalah untuk menempelkan kapas yang sudah diberi cuka sari apel di area yang terkena mata ikan dan tahan selama beberapa menit agar meresap.

  • Lemon

Asam yang terkandung dalam lemon juga bisa membantu menghilangkan mata ikan. Sebelum tidur, potong seiris kulit lemon dengan panjang sekitar 2,5 sentimeter dan selebar jari kaki.

Lalu, tempatkan irisan lemon tersebut di atas mata ikan, rekatkan dengan perban dan tutupi dengan kaus kaki semalaman. Lakukan perawatan ini setiap malam sampai mata ikan menghilang.

  • Minyak Jarak

Teteskan minyak jarak ke kapas, lalu tempatkan pada area munculnya mata ikan, lalu tutup dengan selotip agar tidak bergeser. Kenakan kaus kaki untuk berjaga-jaga bila minyak jarak bocor. Cara ini dipercaya bisa membantu mengobati mata ikan

Baca juga: Mata Ikan Menyerang, Perlukah Operasi?

Nah, itulah cara-cara alami untuk mengobati mata ikan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Bila kamu ingin membeli krim atau obat salep untuk mata ikan, gunakan saja aplikasi Halodoc.

Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Corns at Home.
The Healthy. Diakses pada 2021. 8 Reliable Home Remedies for Corns and Calluses.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan