• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Hubungan Kesehatan Mental Orangtua Terhadap Anak

Inilah Hubungan Kesehatan Mental Orangtua Terhadap Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Hubungan Kesehatan Mental Orangtua Terhadap Anak

Halodoc, Jakarta - Mengasuh anak memang bukanlah hal yang mudah. Banyak yang harus diperhatikan orangtua agar anak mampu menjalani proses tumbuh kembang sesuai dengan usianya. Dalam mengasuh anak, bukan saja kesehatan mental anak yang harus diperhatikan lebih dulu. Namun, hal yang cukup penting adalah menjaga kesehatan mental orangtua tetap sehat dan optimal.

Baca juga: Inilah 6 Jenis Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Orangtua

Kesehatan mental orangtua yang sehat nyatanya dapat memengaruhi hubungan antara orangtua dan anak. Tidak hanya itu, orangtua dengan kesehatan mental yang optimal dapat menentukan pola asuh yang tepat. Kondisi ini tentunya dapat memengaruhi kondisi kesehatan mental anak, loh. Simak ulasan mengenai hubungan kesehatan mental orangtua terhadap anak dalam artikel ini!

Hubungan Kesehatan Mental Orangtua pada Anak

Di masa pandemi seperti ini, tentunya banyak orangtua yang bekerja dari rumah dan menghabiskan waktu dengan anak. Meskipun ini terdengar menyenangkan, tetapi pekerjaan kantor dan rumah yang datang bersamaan kerap membuat orangtua merasa terisolasi dari dunia luar hingga merasa stres, cemas, dan depresi. Bahkan, tidak sedikit orangtua merasakan kondisi kelelahan mental.

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan oleh orangtua ketika mengalami kelelahan mental. Mulai dari lebih mudah marah, tidak mampu untuk berkonsentrasi, kelelahan yang tidak selesai, rasa tidak bahagia saat melihat anak-anak, gangguan tidur, hingga gangguan makan.

Tidak ada salahnya untuk melakukan penanganan pertama dengan bercerita pada kerabat terdekat, mengambil rehat sejenak dari rutinitas, atau bertanya langsung pada psikolog. Melakukan perawatan kesehatan mental lebih dini akan membuat orangtua lebih mudah mengatasi gangguan yang terjadi.

Melansir dari Mental Health Foundation, orangtua dengan kondisi kesehatan mental yang kurang baik akan mengalami kesulitan dalam menentukan pola asuh. Ada beberapa dampak pada anak ketika orangtua salah melakukan pola asuh atau parenting, seperti gangguan emosi dan perilaku.

Orangtua yang lebih sering berteriak, marah, maupun melakukan kekerasan fisik pada anak dapat meningkatkan risiko gangguan emosi dan perilaku yang serupa pada anak. Kondisi ini biasanya akan mereka tunjukkan di lingkungan sekolah atau tempat mereka bermain.

Hal ini bisa terjadi akibat situasi dan juga lingkungan mereka bertumbuh. Gangguan kecemasan merupakan masalah umum yang dirasakan oleh anak-anak saat orangtua mereka mengalami gangguan kesehatan mental. Bahkan, tidak jarang anak juga dapat mengalami kondisi stres hingga depresi.

Baca juga: Pola Pengasuhan Anak yang Tepat untuk Balita

Lakukan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mental Orangtua

Salah satu hal yang bisa dilakukan orangtua untuk menjaga kesehatan mental anak dengan menjaga kesehatan mentalnya sendiri. Dengan begitu, orangtua akan mampu memberikan situasi dan lingkungan yang nyaman untuk anak bertumbuh. 

Nah, untuk membuat kesehatan mental orangtua tetap terjaga, sebaiknya lakukan beberapa cara ini:

  1. Penuhi kebutuhan mendasar dari orangtua terlebih dahulu. Mulai dari konsumsi makanan sehari-hari dan juga pemenuhan kebutuhan mental sehari-hari. Tidak ada salahnya, orangtua memberikan “hadiah” kepada diri sendiri di akhir minggu untuk meningkatkan kembali suasana hati.
  2. Bukan hanya anak, nyatanya orangtua juga perlu memenuhi kebutuhan istirahat mereka. Jadi, penuhi jadwal tidur dengan baik.
  3. Tidak ada salahnya melakukan istirahat sejenak dari rutinitas. Rheeda Walker, PhD, seorang psikolog klinis di Houston, Texas, mengatakan, memberikan 30 menit screen time pada anak memang terdengar buruk, tetapi hal ini dapat mencegah ibu untuk berteriak atau memarahi Si Kecil.
  4. Jika sudah terlalu lelah, tidak ada salahnya meminta bantuan pada kerabat dekat untuk menjaga anak. Dengan begitu, orangtua dapat memaksimalkan waktu istirahat yang mereka miliki.
  5. Jalan-jalan keluar rumah bersama Si Kecil juga terdengar menyenangkan. Selain anak-anak, orangtua juga akan merasa lebih segar dengan situasi yang baru. Pergilah ke tempat yang aman dan terhindar dari kerumunan agar suasana hati semakin nyaman.

Baca juga: Pola Asuh yang Sesuai untuk Anak Remaja

Hal yang perlu diingat orangtua adalah anak akan memperhatikan setiap perilaku dan kebiasaan yang dilakukan orangtua. Jadi, pastikan orangtua memberikan contoh pada anak menghadapi situasi stres dan cara menjaga kesehatan mental yang baik. Dengan begitu, kesehatan mental anak pun tetap terjaga dengan baik.

Jangan ragu untuk segera hubungi psikolog terhadap gangguan mental yang dialami oleh orangtua. Kini, ibu bisa download Halodoc untuk menghubungi psikolog kapan dan di mana saja!

Referensi:
Mental Health Foundation. Diakses pada 2021. Parents and Mental Health.
Parents. Diakses pada 2021. 15 Signs of Caregiver Burnout and How to Recover.
Healthline. Diakses pada 2021. Bad Parenting: Signs, Effects, and How to Change It.
Healthline. Diakses pada 2021. The Best Strategies for Parents to Boost Their Mental Health.
Very Well Family. Diakses pada 2021. How to Improve Your Child’s Mental Health.
Mind. Diakses pada 2021. Parenting With a Mental Health Problem.