Intip Tips Mencegah Sakit Pinggang saat Haid

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Desember 2020
Intip Tips Mencegah Sakit Pinggang saat HaidIntip Tips Mencegah Sakit Pinggang saat Haid

Halodoc, Jakarta - Sakit pinggang saat haid merupakan salah satu masalah umum yang menyerang hampir seluruh wanita saat sedang datang bulan. Rasa sakitnya terjadi di punggung bawah, tepatnya di atas pantat. Sebelum mengetahui bagaimana langkah mengatasi sakit pinggang saat haid, kamu perlu mengetahui sejumlah gejala lainnya. 

Sejumlah gejala lain ditandai dengan kram di area perut bagian bawah, rasa sakit yang menjalar hingga ke anus, mual dan muntah, rasa lemas dan lelah, diare, bahkan pingsan. Jika kamu mengalami sejumlah gejala tersebut, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mengatasi sakit pinggang saat haid:

Baca juga: Kaum Hawa, Ketahui Cara Merawat Miss V saat Menstruasi

  • Kompres Hangat

Cara mengatasi nyeri pinggang saat menstruasi yang pertama adalah dengan mengompres area sakit dengan air hangat. Selain mengompresnya, kamu juga bisa mandi air hangat. Cara sederhana ini dapat memicu pelebaran pembuluh darah, sehingga aliran darah dan suplai oksigen lebih mudah mencapai area yang sakit.

Hal tersebut akan membantu melemaskan otot yang kaku akibat kontraksi berlebihan, sehingga mengurangi nyeri pinggang. Cara mengaplikasikan kompres hangat dapat dilakukan dengan merendam handuk dan peras, kemudian letakkan di area yang sakit. Kamu juga bisa memasukkan air panas dalam botol, kemudian balut dengan handuk dan letakkan pada area yang sakit.

  • Olahraga

Bergerak aktif akan membuat otot tubuh menjadi lebih rileks. Untuk melakukan olahraga sederhana, kamu dapat berenang, bersepeda, berjalan kaki di lingkungan rumah, atau melakukan stretching. Berolahraga akan memicu produksi endorfin yang mampu meringankan rasa sakit secara alami.

  • Lakukan Teknik Peregangan

Melakukan peregangan menjadi langkah selanjutnya dalam mengatasi sakit pinggang saat haid. Peregangan dapat dilakukan secara sederhana sambil duduk atau rebahan. Jangan berdiam diri dalam satu posisi yang sama, karena dapat memicu terjadinya kram.

Baca juga: Menstruasi Bisa Sebabkan Anemia pada Anak Perempuan

  • Pijat Menggunakan Minyak Esensial

Langkah mengatasi sakit pinggang saat haid selanjutnya adalah memijat dengan menggunakan minyak esensial. Kamu dapat memijat area yang mengalami rasa nyeri secara teratur selama 10–20 menit. Minyak esensial mampu mengurangi peradangan. Selain itu, aromanya yang lembut dapat membuat kamu menjadi lebih rileks.

  • Cukupi Waktu Tidur 

Mencukupi waktu tidur menjadi langkah sederhana dalam mengatasi sakit pinggang saat haid. Tidur dengan cukup akan membuat tubuh menjadi lebih rileks, serta memulihkan kembali otot-otot yang lelah karena kontraksi. Bukan itu saja, tidur cukup waktu juga dapat menstabilkan suasana hati saat sedang haid.

Baca juga: Ini 5 Hal Penyebab Menstruasi Jadi Tidak Teratur

Itulah sejumlah tips mengatasi sakit pinggang saat haid. Namun, jika sejumlah langkah tersebut tidak dapat mengatasi nyeri haid yang kamu rasakan, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk melakukan langkah penanganan yang tepat, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Treat Severe Lower Back Pain During Your Period.
Healthline. Diakses pada 2020. Can Your Period Cause Back Pain?
Huff Post. Diakses pada 2020. This Is Why Your Lower Back Hurts During Your Period.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan