• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jamur Enoki Jadi Penyebab Wabah Listeria, Ini Faktanya

Jamur Enoki Jadi Penyebab Wabah Listeria, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Penggemar makanan ala suki tentu sudah tidak asing dengan jamur enoki. Ya, jamur berwarna putih dan berukuran kecil panjang ini memang sering dijadikan sebagai salah satu pelengkap hidangan rebus-rebusan. Namun, Kementerian Pertanian melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, baru-baru ini memusnahkan produk jamur enoki yang beredar di pasaran.

Alasannya, karena jamur enoki diyakini menjadi penyebab mewabahnya penyakit listeria atau listeriosis. Pada Maret 2020 lalu, jamur enoki yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes telah menyebabkan 4 orang meninggal dan 30 orang dirawat secara intensif di rumah sakit. 

Baca juga: Waspada Bahaya Listeriosis, Ini yang Perlu Diketahui

Fakta tentang Jamur Enoki Penyebab Wabah Listeria

Listeria atau listeriosis adalah penyakit foodborne atau yang ditularkan melalui makanan yang telah terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang mirip seperti flu, yaitu demam, sakit kepala, sakit punggung, menggigil, mual, muntah, dan diare. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi berupa bakteremia dan meningitis.

Berikut beberapa fakta tentang jamur enoki yang jadi penyebab wabah listeria:

1. Jamur Berasal dari Korea

Wabah listeria yang terjadi ini diyakini bersumber dari jamur enoki yang diproduksi oleh Sun Hong Foods dari Korea. Setelah terjadi wabah dan menewaskan 4 orang, pihak Sun Hong Foods pun langsung menarik semua jamur enoki yang beredar di pasaran. US Food and Drug Administration pun mengimbau masyarakat yang memiliki jamur enoki dengan merek Sun Hong Foods untuk tidak mengonsumsinya meski kondisinya segar.

2. Asli dari Asia

Tak heran jika jamur enoki sering digunakan dalam masakan-masakan oriental, seperti masakan Jepang dan Korea. Sebab, jamur bernama latin Flammulina velutipes ini memang asli berasal dari Asia, tepatnya Jepang dan Korea. Di China, jamur enoki disebut dengan nama Jingu, dan di Vietnam disebut sebagai tram vang atau kim cham

Baca juga: 4 Alasan Jamur jadi Menu Sehat Buka Puasa

3. Dijadikan Obat Tradisional di China

Jamur enoki sebenarnya punya banyak manfaat kesehatan. Di China, jamur ini bahkan dijadikan sebagai obat tradisional. Kandungan protein yang tinggi dalam jamur enoki juga membuatnya diyakini bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini pun dibuktikan dalam sebuah penelitian dari Frontiers in Pharmacology.

Penelitian tersebut menyebut bahwa kandungan protein dalam jamur enoki sebanding dengan sayuran berdaun hijau. Protein tersebut bermanfaat sebagai salah satu komponen dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh makhluk hidup. Jamur enoki juga mengandung quercetin, catechin, asam galat, dan asam caffeic, yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Agar Terhindar dari Wabah Listeria

Sebenarnya, tidak hanya jamur enoki saja yang bisa sebabkan wabah listeria. Bakteri penyebab penyakit ini dapat tersembunyi di banyak jenis makanan, seperti buah melon, daging, keju, dan kecambah. Agar terhindar dari wabah listeria, selain menghindari konsumsi jamur enoki, terutama yang diimpor dari Korea, berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan, menurut Centers for Disease Control and Prevention:

  • Hindari konsumsi susu yang belum dipasteurisasi.
  • Masaklah jamur, kecambah, dan sayuran apapun dengan baik sebelum dikonsumsi, untuk menghilangkan bakterinya.
  • Segera simpan melon yang sudah dipotong di lemari es dan konsumsi tidak lebih dari 7 hari. 
  • Hindari konsumsi daging setelah matang atau mentah. Pastikan untuk memasaknya dengan baik sebelum dikonsumsi. 
  • Hindari konsumsi ikan asap yang tidak terjamin kebersihannya.

Baca juga: Ketahui 8 Jenis Makanan yang Rentan Sebabkan Keracunan Makanan

Jika kamu mengalami gejala mirip listeria, segera download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter lewat chat, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit, untuk memastikan diagnosis. Penanganan secepatnya sangatlah penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Referensi:
US Food and Drug Administration. Diakses pada 2020. Sun Hong Foods, Inc. Recalls Enoki Mushroom Because of Possible Health Risk.
Frontiers in Pharmacology. Diakses pada 2020. Golden Needle Mushroom: A Culinary Medicine with Evidenced-Based Biological Activities and Health Promoting Properties.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Outbreak of Listeria Infections Linked to Enoki Mushrooms.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Listeria (Listeriosis) - Prevention.
Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 2020. Mengenal Bakteri Listeria Monocytogenes.