04 June 2018

4 Alasan Jamur jadi Menu Sehat Buka Puasa

4 Alasan Jamur jadi Menu Sehat Buka Puasa

Halodoc, Jakarta – Mencari makanan untuk buka puasa sebaiknya jangan cuma yang rasanya enak saja, tapi juga yang bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu. Salah satu menu makanan yang bisa kamu pilih adalah jamur.

Selain punya rasa yang lezat, jamur juga berguna untuk menjaga kondisi kesehatanmu. Sekarang ini makanan olahan jamur juga sudah semakin beragam, mulai dari camilan ringan sampai menu makanan berat. Yuk, ketahui lebih lanjut alasan mengapa jamur sangat cocok untuk jadi menu buka puasamu.

Manfaat Konsumsi Jamur

Walaupun bentuknya kecil, namun manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengonsumsi jamur sudah tidak perlu diragukan lagi. Beberapa jenis jamur yang baik untuk kesehatan antara lain jamur shiitake, enoki, maitake, dan jamur tiram (oyster).

  • Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Penelitian mengungkapkan bahwa jamur berguna sebagai antivirus dan antibakteri, sehingga dengan mengonsumsi jamur selama bulan puasa, kamu tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, jamur shitake dan jamur oyster juga mengandung beta-glukan, salah satu polisakarida yang dapat menunjang imunitas atau daya tahan tubuh.

  • Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit

Penelitian lain juga menunjukkan, mengonsumsi jamur yang diolah secara alami dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan sakit jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jamur juga mampu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kanker.

  • Membuat Tubuh Berenergi

Tidak hanya itu, jamur juga dapat memberikan pasokan energi, meningkatkan stamina tubuh, dan kesehatan rambut.

  • Menjaga Berat Badan

Buat kamu yang sedang diet atau menjaga berat badannya, jamur bisa menjadi pilihan menu terbaik untuk disantap. Jamur tergolong asupan yang rendah kalori, lemak, kolesterol, dan sodium. Berbagai jenis jamur umumnya memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama. Satu cangkir jamur putih mentah mengandung 2,2 gram protein, 2,3 gram karbohidrat, dan 15 kalori dan tidak mengandung lemak sama sekali. Jadi, kamu bisa mengonsumsi jamur tanpa khawatir berat badan naik.

Kandungan Nutrisi Pada Jamur

Berikut beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam jamur yang membuat makanan ini tergolong makanan sehat dan dapat mencegah berbagai penyakit.

  • Vitamin B

Jamur mengandung asam folat yang juga merupakan salah satu jenis vitamin B. Kandungan ini dapat memengaruhi serta memperbaiki proses sintesis DNA, sehingga mampu mencegah mutasi gen penyebab kanker. Selain itu, jamur juga mengandung kolin yang dapat membantu mengatasi gangguan tidur, memperbaiki gerakan otot, serta meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat. Kolin juga membantu penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis pada tubuh.

  • Vitamin C

Bekerja sama dengan serat dan kalium, kandungan vitamin C yang terdapat dalam jamur bermanfaat menjaga kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah jantung. Senyawa ini berfungsi menjaga tekanan darah seluruh termasuk jantung, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh pengidap jantung.

(Baca juga: 8 Makanan Ini Sehatkan Jantung Kamu)

  • Vitamin D

Vitamin D pada jamur terbukti mampu mengatur siklus pertumbuhan sel, sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

  • Serat

Jamur juga sangat baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes, karena kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat menekan kadar gula darah, lipid, serta kadar insulin. Serat pada jamur juga dapat mengurangi napsu makan sekaligus membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga bagus untuk diet.

(Baca juga: 6 Makanan Berserat Terbaik untuk Kesehatan)

  • Selenium

Tidak hanya mengandung banyak vitamin, nutrisi jamur juga semakin lengkap dengan adanya kandungan selenium, yaitu sejenis mineral yang dapat memengaruhi fungsi enzim hati dan membantu detoksifikasi tubuh dari zat-zat yang dapat menyebabkan kanker. Selenium juga dapat mencegah peradangan dan menurunkan tingkat pertumbuhan tumor. Kandungan selenium ini juga yang membuat tubuhmu tidak mudah terserang infeksi.

Nah, banyak sekali kan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari makanan yang satu ini? Karena itu, kamu bisa memasukkan makanan jejamuran ke dalam menu buka puasamu nanti. Beberapa masakan jamur yang bisa kamu buat antara lain jamur crispy, jamur saus tiram, sop jamur, tumis jamur, dan sate jamur tiram.

(Baca juga: Yang Manis atau Asin, Ini Menu Buka Puasa Terbaik)

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar nutrisi makanan tertentu, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.