Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Oktober 2022

“Ada banyak cara mengatasi demam tinggi pada anak secara alami di rumah. Termasuk dengan mandi air hangat dan istirahat yang cukup.”

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Demam Tinggi pada AnakJangan Panik, Ini Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Demam tinggi pada anak tentu membuat orang tua khawatir. Terlebih adanya pemberitaan baru-baru ini bahwa banyak produk pereda demam untuk anak yang tercemar bahan berbahaya. Lantas, harus bagaimana ya mengatasinya?

Sebenarnya, demam pada anak tidak selalu berbahaya. Ini bisa jadi cara alami sistem imun tubuh untuk melawan infeksi yang mencoba menyerang tubuh. Namun, ada beberapa cara atasi demam pada anak secara alami, yang bisa dicoba di rumah. 

Cara Atasi Demam Tinggi pada Anak

Suhu tubuh yang normal pada anak adalah sekitar 36,5-37,5 derajat Celsius. Ketika anak mengalami suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat Celsius, maka dapat dikatakan anak mengalami demam dan harus ditangani.

Demam terjadi akibat adanya reaksi sistem imun tubuh yang sedang melawan virus, bakteri, jamur, atau parasit penyebab penyakit tertentu. Demam pada anak dapat terjadi akibat perubahan cuaca atau paparan suhu panas yang berlebihan. 

Nah, berikut ini solusi alami untuk mengatasi demam tinggi pada anak:

1. Mandi Air Hangat

Salah satu cara termudah tapi efektif untuk menurunkan demam anak adalah dengan mandi air hangat. Untuk bayi, ibu bisa menyeka tubuhnya dengan waslap yang dibasahi air hangat.

Mandi air hangat membantu mengatur suhu, karena suhu tubuh turun saat air menguap dari tubuh. Mandi air dingin harus dihindari selama demam. Sebab air dingin dapat memicu menggigil dan dapat meningkatkan suhu tubuh lebih lanjut.

2. Beri Makan Anak Secara Teratur

Saat demam, tubuh membutuhkan lebih banyak asupan vitamin dan mineral. Asupan makanan yang dianjurkan adalah yang tinggi kalori, tinggi protein, rendah lemak dan tinggi cairan. 

Kaldu tulang atau sup ayam dengan sayuran bisa diberikan kepada anak. Sebab, kaldu tulang memiliki kandungan tulang rawan yang tinggi yang membantu dalam pembentukan sel darah putih yang mempertahankan tubuh dari infeksi.

Pastikan anak mengonsumsi makanan yang mudah dicerna. Beri makan anak setiap dua jam pada awalnya dan ketika anak sudah lebih baik, kurangi frekuensinya menjadi empat jam sekali. 

3. Pastikan Anak Minum yang Cukup

Selain sup dan makanan padat, asupan cairan dalam bentuk air dan jus sangat penting saat demam tinggi terjadi pada anak. Jus buah, susu, air jelai, dan air kelapa dapat membantu meningkatkan tingkat energi tubuh dan memberikan kekuatan yang dibutuhkan untuk pulih. 

Untuk bayi yang baru lahir, susui setiap 10 menit. Jika bayi diberi susu botol, pastikan untuk menambah frekuensi menyusu untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. 

4. Pilih Pakaian yang Tipis

Selama demam tinggi pada anak terjadi, kenakan pakaian tipis untuk meningkatkan hilangnya panas tubuh. Lapisan pakaian dapat memperburuk demam dengan menjebak panas tubuh. Gunakan selimut jika anak menggigil.

5. Pastikan Anak Istirahat yang Cukup

Istirahat dan tidur yang cukup dapat membantu pemulihan demam tinggi pada anak. Selama istirahat, tubuh, dapat mendedikasikan energi untuk penyembuhan daripada mendistribusikannya untuk menangani aktivitas lain. 

Jika anak enggan untuk tidur, pilih aktivitas yang dapat membatasi gerakannya.  Seperti mewarnai, memecahkan teka-teki, atau bermain dengan mainan favorit. Dengan sedikit gerakan, tubuh akan dapat mengarahkan lebih banyak energi untuk menyembuhkan penyakit yang sebenarnya.

6. Gunakan Kompres Dingin

Pengobatan rumah alami untuk demam pada bayi termasuk menggunakan kompres dingin. Kompres dingin pada dahi dan tengkuk dapat menurunkan demam pada anak secara efisien. 

Tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam 4 sendok makan air dingin. Cuka sari apel efektif untuk menghilangkan panas dari tubuh. Gunakan selembar kain bersih untuk merendam campuran selama satu menit. 

Buang kelebihan air dan letakkan di dahi dan/atau tengkuk anak selama beberapa menit. Jika ingin praktis, saat ini banyak tersedia plester kompres demam yang dijual di apotik. 

7. Menghirup Uap

Jika demam tinggi pada anak disertai dengan pilek, maka uap dapat membantu menghilangkan lendir yang menyebabkan demam. Mandi uap bisa menjadi pengobatan demam yang efektif di rumah. 

Isi air panas ke dalam alat penguap dan tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Bantu anak menghirup uapnya. Menghirup udara hangat dan lembap akan membantu menghilangkan lendir dan dengan demikian, mengurangi demam.

Itulah beberapa tips mengatasi demam tinggi pada anak secara alami. Selain berbagai cara tersebut, ibu juga bisa membantu anak merasa lebih nyaman selama demam dengan mengoleskan balsem, minyak telon, dan lain-lain. 

Untungnya, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa cek produk kesehatan anak saat demam, seperti minyak kayu putih, balsem, atau kompres demam, dengan mudah. Yuk download Halodoc sekarang!

Dapatkan produk kesehatan anak untuk cara mengatasi demam anak dengan mudah di toko kesehatan Halodoc
Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2022. Fevers.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Fever in Children.
Firstcry Parenting. 14 Best Home Remedies for Fever in Children.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan