• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vitamin A Dibutuhkan Segala Usia, Kenali Manfaatnya

Vitamin A Dibutuhkan Segala Usia, Kenali Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Vitamin A Dibutuhkan Segala Usia, Kenali Manfaatnya

Sebagian manfaat dari vitamin A, yaitu menjaga kesehatan mata, menjaga imun tubuh, mengurangi peradangan dalam tubuh. Wortel, susu, ikan, yoghurt, hati, telur, keju, susu rendah lemak, sereal, dan mentega rendah lemak adalah makanan yang mengandung vitamin A yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. “


Halodoc, Jakarta – Vitamin A tidak hanya baik dikonsumsi bagi anak-anak, tetapi orang dewasa pun tetap membutuhkan vitamin ini. Selama ini vitamin A lebih dikenal menjaga kesehatan mata, namun lebih dari itu vitamin A memiliki segudang manfaat lainnya. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh School of Health menyebutkan, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kelelahan, kerentanan terhadap infeksi, dan infertilitas. Yuk, simak di sini segudang manfaat vitamin A!


Baca juga: Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin A Sehari-hari

1. Mencegah terjadinya penyakit mata yang dapat memengaruhi fungsi retina mata.

2. Ketika terpapar cahaya, vitamin A berfungsi membuat penglihatan menjadi lebih optimal.

3. Mencegah terjadinya infeksi karena imunitas tubuh bekerja lebih optimal dengan bantuan vitamin A.

4. Menjaga kulit agar tetap sehat.

5. Membantu mengatasi jerawat dan gangguan kulit lainnya.

6. Mencegah terjadinya komplikasi pada pengidap penyakit campak.

7. Berguna mengurangi gejala pada pengidap malaria yang berusia di bawah 3 tahun.

8. Menurunkan risiko kehilangan nyawa pada pengidap diare untuk anak-anak pengidap HIV.

9. Mengobati lesi prakanker yang berada pada area mulut.

10. Menurunkan risiko terjadinya kanker payudara pada wanita yang tengah berada di usia premenopause.

11. Mencegah terjadinya rabun senja pada wanita hamil.

12. Mencegah komplikasi kehilangan nyawa pada ibu hamil yang mengalami gizi buruk.


Jika kamu atau keluarga terdekat mengalami serangkaian penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kandungan vitamin A dalam tubuh, segera temui dokter di rumah sakit terdekat atau kontak Halodoc untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai hal ini!

 

Perlu diketahui kalau vegetarian, anak kecil, dan pecandu alkohol mungkin membutuhkan tambahan vitamin A. Kamu mungkin juga membutuhkan lebih banyak asupan vitamin A jika memiliki kondisi tertentu, seperti penyakit hati, cystic fibrosis, dan penyakit Crohn. Biasanya orang-orang dengan kondisi yang disebutkan ini direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin A.

 

Baca juga: Bagaimana Vitamin Memengaruhi Kesehatan Mata?

 

Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin A 

Seperti vitamin dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh, vitamin A juga dapat diperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika tubuh menyerap kelebihan vitamin dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, sisanya yang terserap di dalam tubuh akan disimpan dan dipergunakan pada esok hari.

 

Dalam hal ini, kamu dapat menemukan banyak kandungan vitamin A dari susu, ikan, yoghurt, hati, telur, keju, susu rendah lemak, sereal, dan mentega rendah lemak. Hati memang makanan yang mengandung tinggi vitamin A, tetapi perlu diperhatikan jumlah konsumsi hariannya. Idealnya, hati dikonsumsi tidak lebih dari satu kali per minggu.

 

Tidak hanya beberapa makanan yang telah disebutkan tadi, salah satu sumber vitamin A yang sudah sangat terkenal adalah wortel. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa tidak hanya wortel saja yang menjadi sumber vitamin A, sayuran seperti paprika merah, ubi dan bayam juga dapat dikonsumsi sebagai sumber vitamin A yang tinggi. 

 

Baca juga: Seberapa Penting Suplemen Vitamin A untuk Kesehatan Mata Anak?

 

Tidak hanya sayuran, buah-buahan juga bisa menjadi sumber vitamin A yang baik. Beberapa di antaranya adalah apel, anggur, kiwi, mangga, nangka, jeruk, jambu biji, pepaya, melon, aprikot, markisa, tomat, semangka, kurma, alpukat, blewah, nanas, serta persik. Kamu bisa mengonsumsinya jika tubuh merasa kurang mengonsumsi makanan mengandung vitamin A. Selamat mencoba!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Vitamin A: Benefits, Deficiency, Toxicity and More. 
WebMD. Diakses pada 2021. Vitamin A.
School of Public Health. Diakses pada 2021. Vitamin A