Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Oktober 2022

“Banyak orang belum menyadari berbagai manfaat daun pisang untuk kesehatan. Padahal, daun ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit.”

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Daun Pisang untuk KesehatanJarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Daun pisang sering digunakan manusia untuk berbagai kegunaan. Karena ukurannya yang lebar, kamu mungkin banyak melihat daun pisang digunakan sebagai alas atau pembungkus makanan. Selain sebagai alas atau pembungkus makanan, daun pisang ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Banyak orang belum menyadari berbagai manfaat daun pisang untuk kesehatan. Bahkan, pada beberapa negara di Asia Selatan, mereka sering mengonsumsi makanan yang dibarengi dengan daun pisang karena dianggap menyehatkan. Daun pisang juga aman untuk dimakan karena tidak mengandung zat yang membahayakan tubuh.

Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan

Daun pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan dapat digunakan juga sebagai ramuan herbal. Mereka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, serta dapat menyembuhkan penyakit seperti sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan demam. Ini juga digunakan sebagai bahan spa tradisional yang sangat baik untuk kulit.

Daun pisang kering memiliki senyawa penting bagi kesehatan, seperti polifenol yang berperan sebagai antioksidan, lignin, hemiselulosa, protein, dan allantoin. 

Nah, berikut beberapa manfaat daun pisang untuk kesehatan.

1. Antioksidan yang Tinggi

Daun pisang kaya akan polifenol yang merupakan jenis antioksidan. Antioksidan diperlukan untuk melawan berbagai gangguan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. 

Antioksidan dapat melawan radikal bebas, sehingga mencegah peradangan mikro yang disebabkan oleh radikal bebas. Peradangan tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, seperti aterosklerosis, alzheimer, demensia, bahkan kanker. 

Antioksidan yang tinggi juga diketahui dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan kusam. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa minum teh daun pisang 1-3 kali sehari.

2. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah gejala dari banyak penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Kondisi ini sebagian besar disebabkan oleh virus, sehingga antibiotik tidak dapat menyembuhkannya. 

Sakit tenggorokan akan sangat mengganggu karena membuat pengidapnya merasa nyeri saat menelan makanan atau minuman. Dengan meminum rebusan daun pisang minimal sehari sekali, ini dapat mengurangi sakit tenggorokan secara bertahap.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun pisang kering mengandung allantoin, zat yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Inilah sebabnya mengapa daun pisang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan dan demam, yang terutama disebabkan oleh kekebalan tubuh yang buruk. Kamu bisa minum rebusan daun pisang atau teh minimal sehari sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tidak mudah terkena penyakit.

4. Menurunkan Demam

Daun pisang mengandung antiradang dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan. Sebagian besar demam merupakan bentuk dari peradangan.

Demam dapat ditandai dengan naiknya suhu tubuh. Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh sedang melawan penyakit yang mendasarinya. 

Daun pisang sangat membantu untuk menangani kondisi demam. Daun Ini memiliki efek astringen yang dapat menurunkan dan meredakan demam. Minum rebusannya beberapa kali sehari untuk membantu mengurangi demam.

5. Menyembuhkan Luka dan Iritasi Kulit

Daun pisang telah digunakan untuk mengobati iritasi dan luka secara tradisional hingga sekarang. Kamu bisa menggunakannya dengan menghancurkan beberapa daun pisang dengan lesung. Kemudian oleskan daun pisang yang hancur ke area luka. 

Kamu juga bisa mengikatnya dengan perban untuk menahan daun pisang dengan kuat. Ingatlah untuk mengganti daun dan perban setidaknya dua kali sehari. Sifat antiperadangan di dalam daun pisang bertanggung jawab untuk menyembuhkan luka dan mengurangi iritasi.

Apabila kamu  mengalami masalah kesehatan dan membutuhkan saran dari ahlinya, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter. Coba pakai aplikasi Halodoc supaya kamu juga bisa melakukan cek kesehatan rutin lebih mudah dengan memanfaatkan layanan janji medis. Yuk, download Halodoc secara gratis di Play Store maupun App Store. 

Referensi
All Uses Of. Diakses pada 2022. Medicinal Uses of Banana Leaves.
Dr. Health Benefits. Diakses pada 2022. 15 Health Benefits of Banana Leaves.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan