• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini Penyebab Bintik Merah pada Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini Penyebab Bintik Merah pada Kulit

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Bintik Merah pada Kulit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Desember 2022

“Ada berbagai penyebab bintik merah pada kulit. Contohnya seperti biang keringat, psoriasis, atau dermatitis kontak.”

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Bintik Merah pada KulitJarang Diketahui, Ini Penyebab Bintik Merah pada Kulit

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai penyebab bintik merah pada kulit, sehingga sering kali sulit untuk mengidentifikasi penyebab pastinya. Beberapa penyebab bintik merah pada kulit yaitu kontak dengan sesuatu yang dapat mengiritasi kulit, infeksi jamur, atau beberapa kondisi autoimun yang dapat menyebabkan ruam kulit. 

Simak artikel ini untuk mengetahui kemungkinan penyebab bintik merah pada kulit. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kemungkinan Penyebab Bintik Merah pada Kulit

Berikut ini penyebab bintik merah pada kulit yang jarang diketahui:

1. Pitiriasis rosea

Penyebab bintik merah pada kulit yang pertama adalah pitiriasis rosea. Ini adalah peradangan atau inflamasi pada kulit sehingga menyebabkan bintik merah. Belum diketahui penyebab pasti pitiriasis rosea, tapi peneliti menduga kemungkinan berasal dari infeksi virus. 

Bintik merah akibat pitiriasis rosea biasanya muncul di area dada, punggung, dan perut. Tampilannya berupa bercak berbentuk oval , dan terkadang bersisik agak menonjol yang mirip dengan kurap. 

2. Ruam panas 

Ruam panas atau yang lebih sering dikenal sebagai biang keringat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat saat tubuh berkeringat. Bintik-bintik merah dapat terjadi saat berolahraga atau saat berada di cuaca panas atau lembab. 

Jika keringat terhalang keluar dari permukaan kulit, maka bintik-bintik merah akan muncul dan terkadang tampak seperti lepuh. Bintik-bintik merah akibat biang keringat biasanya terasa gatal atau nyeri. Apalagi jika muncul di area kulit yang bergesekan, seperti ketiak, leher, atau lipatan kulit lainnya. Sebab, memang di area seperti itulah biang keringat sering muncul.

3. Dermatitis kontak

Penyebab bintik merah pada kulit berikutnya yaitu dermatitis kontak. Kondisi kulit ini bisa terjadi ketika kulit bersentuhan dengan alergen atau penyebab iritasi. Misalnya saja setelah bersentuhan dengan zat pembersih. Selain muncul bintik-bintik merah, gejala dermatitis kontak juga disertai dengan gatal dan sensasi terbakar. 

4. Herpes zoster

Herpes zoster juga ditandai dengan munculnya bintik merah yang terasa menyakitkan pada kulit. Apalagi jika bintik merah disertai lepuh. Kondisi kulit ini disebabkan oleh virus varicella zoster, merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air. 

5. Kurap

Kondisi kulit ini ditandai dengan bintik merah seperti jerawat, dengan tekstur yang menonjol dan memiliki pola melingkar. Kurap adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh jamur, dan dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Penyakit kulit ini dapat menular dari orang ke orang, maka itu penting untuk segera mengobati kurap dengan obat antijamur. 

6. Psoriasis

Penyebab bintik merah pada kulit selanjutnya yaitu psoriasis. Kondisi kulit ini merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan bercak bersisik dan gatal pada kulit siku, lutut, kulit kepala, atau bagian tubuh lainnya. Pada orang dengan psoriasis, sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dari biasanya, yang menyebabkan kulit menebal. Kondisi tersebut terasa tidak nyaman, menyebabkan gatal, dan sensasi terbakar. 

7. Ruam obat

Ruam obat terjadi ketika tubuh memiliki reaksi alergi terhadap obat. Penyebabnya bisa jenis obat apa saja, bukan hanya obat topikal yang diaplikasikan ke kulit. Kondisi kulit ruam obat bisa ringan hingga parah. Dalam kasus yang parah, kamu mungkin memerlukan penanganan medis segera. 

Itulah beberapa penyebab bintik merah pada kulit yang jarang diketahui. Jika kamu memiliki kondisi kulit seperti di atas, segera tanyakan pada dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What can cause red dots to appear on the skin?
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Common Causes of Red Spots on the Skin
Very Well Health. Diakses pada 2022. 13 Causes of Red Spots on Skin