Jarang Disadari, Ini 5 Penyebab Munculnya Jerawat di Jidat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Oktober 2023

“Ada beberapa faktor pemicu yang dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat di jidat. Mulai dari perubahan dan ketidakseimbangan hormon, hingga kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.”

Jarang Disadari, Ini 5 Penyebab Munculnya Jerawat di JidatJarang Disadari, Ini 5 Penyebab Munculnya Jerawat di Jidat

DAFTAR ISI

  1. Penyebab Jerawat di Dahi
  2. Cara Mengatasi Jerawat di Jidat

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Masalah kulit ini bisa muncul di beberapa bagian tubuh, termasuk jerawat di dahi atau jidat.

Selain dapat menimbulkan nyeri, jerawat di area dahi tentu juga bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Karena itu, penting mengetahui penyebab jerawat di dahi agar bisa melakukan perawatan yang tepat. 

Ini Penyebab Jerawat di Dahi

Pada dasarnya, penyebab jerawat pada bagian dahi atau jidat tidak berbeda dengan pada bagian tubuh lainnya, yaitu meningkatnya produksi minyak atau sebum pada area jidat.

Kelenjar yang menghasilkan minyak tersebut atau kelenjar sebaceous bisa tersumbat oleh terlalu banyak minyak, sel kulit mati, atau bakteri. Akibatnya, kelenjar bisa meradang dan jerawat berkembang.

Namun, ada beberapa faktor yang bisa memicu peningkatan produksi minyak tersebut, yaitu 

1. Perubahan hormon 

Selama masa pubertas, anak remaja akan mengalami perubahan atau ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini bisa membuat kelenjar minyak menjadi terlalu aktif, sehingga meningkatkan produksi sebum secara berlebihan. 

Itulah mengapa anak remaja sering mengalami jerawat, tidak terkecuali jerawat di dahi.   Bukan hanya anak remaja saja, perubahan hormonal juga bisa terjadi pada wanita selama masa menstruasi, kehamilan, perimenopause, dan menopause.

Kamu mungkin mengalami jerawat hormonal bila kamu menemukan banyak jerawat di dahi selama waktu-waktu tersebut.

Agar lebih jelas, coba simak 5 Fakta seputar Jerawat Hormon yang Perlu Dipahami.

2. Kondisi rambut dan produk yang digunakan

Rambut yang kotor atau berminyak dapat menjadi salah satu penyebab jerawat di dahi. Ini terjadi karena minyak yang ada pada rambut dan bakteri bisa menumpuk pada area dahi dan menyumbat pori-pori kulit. 

Selain itu, penggunaan produk penata rambut tertentu juga dapat berkontribusi pada masalah ini. Misalnya, pomade berbasis minyak, gel rambut, atau produk keras seperti wax

Produk jenis ini umumnya mengandung bahan-bahan seperti mentega, kakao, atau minyak kelapa. Bahan-bahan ini dapat membuat kulit kepala, rambut, dan area dahi menjadi lebih berminyak, yang pada gilirannya dapat memicu jerawat.

3. Penggunaan obat-obatan tertentu

Jerawat di dahi kamu mungkin saja muncul akibat konsumsi obat-obatan tertentu. Penggunaan obat-obatan, seperti steroid, lithium, barbiturat, antikonvulsan, adalah beberapa obat yang dapat memicu masalah kulit tersebut. 

Maka dari itu, bila kamu menerima resep jenis obat tersebut dari dokter, kamu perlu berhati-hati, karena mungkin jerawat akan tumbuh sebagai efek sampingnya.

4. Iritasi pakaian atau riasan

Jerawat di dahi juga bisa terjadi akibat iritasi pakaian atau bahan kimia dari produk makeup. Orang yang memiliki kulit sensitif memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah ini. 

Hal ini bisa terjadi jika seseorang mencoba produk riasan baru yang ternyata tidak cocok untuk kulitnya atau mengenakan topi yang dapat mengiritasi kulit di dahi.

5. Kebiasaan menyentuh wajah

Terlalu sering menyentuh wajah dan jidat dengan tangan yang kotor juga dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Sebab, jari-jari tangan yang kotor tentunya menyimpan banyak kuman, minyak, dan bakteri.

Nah, beberapa hal tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit dan menyebabkan jerawat. Selain itu, tahukah kamu bahwa Letak Jerawat di Wajah Menunjukkan Kondisi Kesehatan.

Cara Mengatasi Jerawat di Jidat

Perawatan untuk jerawat yang tumbuh di jidat akan bervariasi dan tergantung dari penyebab dan tingkat keparahan jerawatnya.

Kebanyakan orang menggunakan obat jerawat bebas (OTC) yang mengandung bahan aktif tertentu sebagai cara utama mengatasi jerawat di jidat. Namun, pilihan obat jerawat yang efektif, biasanya memiliki kandungan bahan berikut: 

  • Benzoil peroksida. 
  • Asam salisilat. 
  • Azelaic acid. 
  • Retinol.
  • Resorsinol. 

Meski begitu, kondisi kulit setiap orang berbeda, jadi sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu terkait masalah jerawat dengan dokter spesialis kulit.

Tujuannya untuk mengetahui apa penyebabnya, dan bahan aktif yang cocok dengan kulitmu, sehingga perawatan dapat dilakukan secara optimal. 

Selain penggunaan obat jerawat berbahan aktif, terdapat beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengobati jerawat di dahi di rumah, yaitu:

  • Lidah buaya. Sejumlah penelitian menemukan bahwa gel lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat sedang, terutama jerawat yang meradang. Cara menggunakannya, oleskan langsung ke dahi yang berjerawat.
  • Tea tree oil. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa produk yang mengandung tea tree oil, seperti gel tea tree oil, dapat mengobati jerawat ringan hingga sedang.
  • Zinc. Ada beberapa bukti bahwa orang yang berjerawat memiliki kadar zinc yang lebih rendah dalam darahnya. Nah, suplemen zinc dan/atau zinc topikal mungkin bisa membantu meringankan gejala.

Namun, bila jerawat kamu membandel atau parah dan dalam, cobalah periksakan diri ke dokter kulit. Ahli medis ini mungkin akan merekomendasikan salah satu perawatan berikut:

  • Antibiotik topikal.
  • Terapi hormonal, seperti spironolakton atau pil KB.
  • Antibiotik oral.
  • Terapi laser atau cahaya.
  • Chemical peeling.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa saja penyebab jerawat di dahi. Penting untuk selalu menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci muka sebagai upaya pencegahan tumbuhnya jerawat.

Kamu atau anggota keluargamu juga bisa konsultasi dengan dokter spesialis kulit di Halodoc✔️ untuk minta saran pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah kulit kamu. Klik gambar di bawah ini.

banner chat dokter
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Forehead Acne
Medical News Today. Diakses pada 2023. What causes forehead acne?
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. Are Your Hair Care Products Causing Breakouts?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan