Jenis Ikan Koi yang Memiliki Corak Indah

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   15 Juli 2021
Jenis Ikan Koi yang Memiliki Corak IndahJenis Ikan Koi yang Memiliki Corak Indah

“Ikan koi menjadi ikan hias pilihan yang sudah banyak dipelihara, baik di rumah makan maupun dijadikan hiasan untuk mempercantik isi rumah. Jika berencana untuk mengadopsi ikan koi sebagai hiasan, kamu perlu mengetahui jenis ikan koi yang cocok, karena ada banyak sekali jenis yang memiliki corak indah.”

Halodoc, Jakarta – Ikan koi menjadi salah satu ikan hias favorit yang banyak dipelihara karena corak indahnya. Ikan ini dikenal dengan sebutan Nishikigoi atau Jinli, yang berasal dari China. Berawal dari China, Jepang awalnya menggunakan ikan koi sebagai sumber makanan. Namun pada pertengahan tahun 1800-an, Jepang mulai membudidaya ikan koi sebagai ikan hias.

Meskipun persebaran ikan ini sudah mencakup seluruh dunia, tetapi sampai sekarang Jepang masih menjadi negara nomor satu yang memproduksi ikan koi dengan kualitas terbaik di dunia. Jenis ikan koi sendiri dibedakan berdasarkan warna, skala, dan pola. Umumnya, ikan koi berwarna putih, merah, hitam, biru, kuning, dan krem. Kelebihan ikan ini adalah, ia dapat dilatih untuk makan melalui tangan manusia.

Ikan koi termasuk jenis omnivora, yang memakan tanaman kolam dan juga serangga. Ikan ini juga mampu hidup dalam waktu yang sangat lama, yaitu sekitar 50 tahun,  dengan panjang yang mencapai 36 inch. Dari sekian banyak jenis ikan koi yang ada, hanya beberapa saja yang populer karena keindahan coraknya. Berikut ini beberapa jenis ikan koi yang terkenal karena corak indahnya:

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

1. Kohaku Koi

Kohaku Koi menduduki peringkat pertama. Ikan koi ini dianggap sebagai raja dari semua ikan koi, yang juga merupakan varietas pertama dengan dua warna. Corak indahnya sederhana, tetapi menawan untuk dipelihara di akuarium atau kolam koi. Tubuhnya berwarna putih dengan bercak merah, dengan hidung berwarna kekuningan. Bercak pada tubuhnya akan berubah seiring bertambahnya usia.

2. Taisho Sanke

Jenis ikan koi selanjutnya adalah Taisho Sanke. Ikan ini dikenal sebagai sebutan Taisho Sanshoku atau Sanke, yang berarti tiga warna. Sama seperti namanya, Taisho Sanke memiliki tiga warna pada tubuhnya, yaitu putih, merah, dan hitam. Sekilas tampak seperti Kohaku. Satu-satunya yang menjadi perbedaan adalah corak hitam di tubuhnya. Taisho Sanke masuk ke dalam tiga terbesar di dunia ikan koi.

Baca juga: 5 Jenis Ikan Hias yang Paling Populer untuk Dipelihara

3. Showa

Jenis ikan koi yang ketiga adalah Showa. Ikan ini dikenal dengan sebutan Showa Sanshoku atau Showa Sanke. Jenis ikan ini sama seperti Sanke, yaitu memiliki tiga warna. Perbedaannya adalah, Showa memiliki corak putih dan merah di sebagian besar tubuhnya, dengan warna hitam di pangkal atau ujung-ujungnya.

4. Tancho

Tancho menjadi jenis ikan koi selanjutnya. Ikan ini memiliki bintik merah menonjol di kepalanya, dengan bentuk yang ramping. Tancho Kohaku adalah jenis Tancho yang paling indah. Ikan ini berwarna putih keseluruhan, dengan bintik-bintik merah di kepalanya.

5. Utsuri

Utsuri adalah jenis ikan koi yang langka. Sesuai dengan namanya, Utsuri berarti refleksi. Utsuri adalah koi yang memiliki pola berselang-seling seperti papan catur. Pada dasarnya Utsuri merupakan Koi hitam dengan alternatif pada berwarna kuning, merah, atau putih. Refleksinya sendiri merupakan pantulan warna yang muncul pada tubuh, dan dihasilkan dari beberapa jenis warna tersebut.

Baca juga: 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Jika kamu berencana untuk memelihara ikan koi sebagai hiasan, 5 jenis ikan yang telah disebutkan bisa menjadi rekomendasi. Jika masih ragu dalam urusan perawatan hewan peliharaan dan hal lainnya, sebaiknya tanyakan pada dokter hewan di aplikasi Halodoc terlebih dulu sebelum memutuskan untuk memeliharanya, ya.

Referensi:
Kodama Koi Farm. Diakses pada 2021. Types of Koi Varieties.
Blue Ridge Koi. Diakses pada 2021. KOI VARIETY GUIDE.
PetKeen. Diakses pada 2021. 16 Types of Koi Fish: Varieties & Colors (With Pictures).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan