7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Mei 2021
7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Halodoc, Jakarta - Banyak penelitian yang mengungkapkan kalau memelihara ikan hias dapat membantu meredakan stres dan membangkitkan mood positif. Sayangnya, melihat ikan-ikan hias berenang adalah aktivitas yang meredakan stres tapi merawatnya justru bikin pusing. 

Nah, buat kamu yang saat ini sedang mencari alternatif ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, berikut adalah rekomendasinya buatmu!

1. Ikan Cupang 

Ikan cupang adalah ikan hias yang tidak membutuhkan perawatan ekstra. Ikan cupang tidak hanya terlihat cantik, tetapi juga tangguh sehingga kamu tidak perlu repot atau menguras waktu saat merawatnya. 

2. Ikan Zebra

Ikan zebra adalah jenis ikan hias tawar lain yang mudah dipelihara. Ikan zebra kecil, polanya bagus, kuat, dan mudah bertelur, sehingga direkomendasikan untuk dipelihara. Ikan zebra termasuk omnivora dan bisa makan segalanya. Makanan olahan seperti pelet, makanan beku seperti udang air asin, dapat berkontribusi pada warna yang baik pada ikan zebra.

3. Ikan Platy

Ikan platy dikenal mudah dirawat. Platy memakan jenis makanan apa saja, mulai dari ganggang, sayuran pucat, dan makanan beku. Platy juga punya banyak warna yang membuat penyuka ikan sangat senang memelihara platy. 

4. Ikan Guppy

Ikan guppy adalah spesies ikan hias lain yang cocok untuk dipelihara pemula. Ikan guppy mudah dirawat dan cenderung cepat berkembang biak dengan cepat. Ikan guppy punya banyak warna dimana pejantannya tampak lebih “meriah” secara visual ketimbang yang betina. 

Ikan guppy juga dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi air, dan memiliki kepribadian yang lincah, sehingga kamu bisa senang memeliharanya. Supaya ikan guppy peliharaanmu sehat, sangat penting untuk menjaga suhu air tetap konsisten sekitar 10-29 derajat Celsius.

5. Ikan Molly

Ikan molly adalah spesies ikan hias air tawar lain yang mudah dirawat. Molly dapat tumbuh sampai 3 hingga 4 inci panjangnya dan bersifat omnivora, yang berarti mereka dapat memakan tumbuhan dan hewan lainnya. Hal yang menarik dari ikan hias air tawar ini adalah mereka berkembang biak dengan cara melahirkan.

Sama halnya seperti guppy, molly juga sangat suka berkembang biak. Jadi, jika kamu tidak ingin punya terlalu banyak ikan hias, jangan gabungkan jenis kelamin berbeda dalam satu aquarium.

6. Goldfish

Ikan air tawar lain yang sangat populer adalah goldfish. Ini adalah jenis ikan hias cantik yang bisa tumbuh di alam liar. Beberapa ikan jenis ini dapat hidup hingga 25 tahun atau bahkan lebih lama. Goldfish membutuhkan perawatan konstan, seperti penggantian dan filter air mingguan supaya tetap sehat dan ceria.

7. Angelfish

Angelfish adalah ikan air tawar yang cukup populer. Panjangnya bisa sampai 6 inci dengan tinggi 8 inci. Angelfish sangat cantik dan punya berbagai warna dan pola. Angelfish dapat bertahan hidup dengan memakan tumbuhan dan hewan lain, seperti serangga kecil dan udang. 

Meski begitu, angelfish harus dijauhkan dari ikan kecil. Soalnya angelfish memiliki sifat teritorial dan agresif (meskipun tidak seagresif ikan cupang). Jadi, cara terbaik dalam memeliharanya adalah dengan memisahkannya dari jenis ikan lainnya.

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang populer dan mudah dipelihara. Informasi selengkapnya mengenai kesehatan hewan peliharaan lainnya bisa kamu tanyakan langsung pada dokter hewan melalui Halodoc ya!

Referensi:
Build Your Aquarium. Diakses pada 2021. 15 Low Maintenance Fish for a Stress-Free Tank.
Pet Land. Diakses pada 2021. TOP 10 BEST FRESHWATER FISH FOR YOUR AQUARIUM.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan