Jenis-Jenis Obat Herpes Kulit yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Mei 2021
Jenis-Jenis Obat Herpes Kulit yang Perlu DiketahuiJenis-Jenis Obat Herpes Kulit yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Herpes adalah infeksi umum yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Salah satu gejala utamanya adalah ruam lepuh yang terkadang disebut dokter sebagai ruam herpes. Untung meringankan gejalanya, ada beberapa obat herpes yang mungkin akan dokter resepkan. 

Ruam herpes biasanya berkembang di alat kelamin atau di sekitar mulut, tetapi ia bisa terjadi hampir di mana saja di tubuh. Ada dua jenis HSV yang dapat menyebabkan ruam kulit di area berbeda: HSV-1 dan HSV-2. Untuk HSV-1, ia biasanya menyebabkan herpes orolabial dan ia menyebar melalui air liur dan cenderung memengaruhi area di sekitar mulut dan hidung.

Sementara pada HSV-2, ia biasanya menyebabkan herpes genital dan biasanya menyebar melalui hubungan seksual. Alhasil, ruam akan muncul di sekitar alat kelamin. Namun terkadang, kondisi ini juga bisa jadi penyebab herpes orolabial.

Baca juga: Waspada Penularan Herpes Kulit yang Bisa Terjadi 

Ini Obat Herpes Kulit yang Bisa Digunakan

Sebetulnya saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan herpes sepenuhnya, tetapi luka biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Perawatan dari dokter dengan memberikan obat herpes khusus juga bisa diberikan untuk mempersingkat durasi wabah dan meredakan gejalanya.

Jika seseorang sering kambuh, dokter mungkin merekomendasikan minum obat herpes yang berbentuk pil setiap hari sebagai pencegahan. Perawatan ini dikenal sebagai profilaksis.

Obat herpes untuk kulit juga ada yang tersedia dalam bentuk krim atau salep antivirus. Obat herpes topikal ini akan meredakan rasa terbakar, gatal, atau kesemutan. Sementara itu, pil antivirus dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Kedua jenis obat tersebut cenderung mengandung bahan aktif yang sama. Mereka termasuk:

  • Asiklovir.
  • Famciclovir.
  • Valasiklovir.

Kamu bisa mendapatkan obat herpes dengan resep dokter. Beberapa obat juga dijual bebas, sehingga kamu bisa membelinya. Namun, jika kamu mendapat resep obat, sebaiknya tebus obat tersebut di Halodoc. Kamu hanya perlu upload resep kamu dan apotek terdekat akan menyiapkan obat tersebut dan mengirimkan ke tempatmu kurang dari satu jam. 

Baca juga: Mitos atau Fakta Herpes Tidak Bisa Disembuhkan?

Penting, Begini Cara Mencegah Penularan Infeksi Herpes

Meskipun tidak ada obat herpes yang bisa langsung memusnahkan virusnya, kamu dapat mengambil tindakan untuk menghindari tertular virus, atau mencegah penularan HSV ke orang lain.

Jika kamu terjangkit HSV-1, pertimbangkan untuk mengambil beberapa langkah pencegahan, seperti:

  • Cobalah untuk menghindari kontak fisik langsung dengan orang lain.
  • Jangan berbagi barang apa pun yang dapat menularkan virus, seperti cangkir, handuk, peralatan makan dari perak, pakaian, riasan, atau pelembab bibir.
  • Jangan berpartisipasi dalam seks oral, ciuman, atau jenis aktivitas seksual lainnya selama infeksi.
  • Cuci tangan secara menyeluruh dan gunakan obat dengan kapas untuk mengurangi kontak dengan luka.
  • Orang dengan HSV-2 harus menghindari semua jenis aktivitas seksual dengan orang lain selama infeksi. Jika orang tersebut tidak mengalami gejala tetapi telah didiagnosis dengan virus, kondom harus digunakan selama hubungan seksual. Meski menggunakan kondom, virus masih bisa ditularkan ke pasangan dari kulit yang tidak tertutup.
  • Wanita yang sedang hamil dan mengalami infeksi mungkin harus minum obat herpes yang diresepkan dokter untuk mencegah virus menginfeksi bayi mereka yang belum lahir.

Baca juga: Obat Alami untuk Meringankan Herpes Simplex Tipe-2

Herpes adalah virus umum yang dapat menyebabkan ruam luka melepuh pada kulit. Ia cenderung berkembang di sekitar mulut atau alat kelamin tetapi bisa muncul hampir di mana saja di tubuh. Meksi saat ini tidak ada obat herpes untuk memusnahkan virusnya, perawatan antivirus dapat membantu meringankan gejala dan mempersingkat durasi infeksi. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Herpes Simplex.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Herpes Skin Rash.
World Health Organization. Diakses pada 2021. Herpes Simplex Virus. 


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan