Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 2

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Januari 2023

“Ibu hamil perlu memenuhi beberapa vitamin untuk kesehatan ibu dan janin. Kalsium, DHA, dan vitamin B menjadi vitamin ibu hamil trimester 2 yang penting untuk dipenuhi.

Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 2Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 2

Halodoc, Jakarta – Berlangsung dari minggu ke 14 hingga minggu ke 27, kehamilan trimester kedua sering dianggap menjadi momen terbaik yang bisa dirasakan ibu saat menjalani kehamilan. Biasanya, gejala seperti mual hingga penurunan nafsu makan akan membaik dengan sendirinya.

Ibu juga perlu mengonsumsi berbagai makanan sehat agar kebutuhan vitamin yang diperlukan bisa terpenuhi. Untuk itu, ketahui berbagai jenis vitamin ibu hamil trimester 2 agar tumbuh kembang bayi dalam kandungan berjalan optimal. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Vitamin yang Diperlukan untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Memasuki kehamilan trimester kedua, biasanya keluhan kesehatan yang dialami pada kehamilan trimester pertama akan berangsur menghilang. Bukan hanya peningkatan nafsu makan yang kembali membaik, morning sick yang dialami juga perlahan akan menghilang.

Selain itu, ibu juga akan merasakan gerakan-gerakan kecil dari bayi di dalam kandungan yang menjadi pengalaman baru dan membahagiakan. Bahkan, jenis kelamin bayi yang ibu kandung pun bisa terdeteksi pada trimester kedua ini.

Untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan tetap optimal, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan berbagai vitamin ibu hamil trimester 2. Berikut jenis vitamin yang perlu dikonsumsi, yaitu:

1. Kalsium

Kalsium masih dibutuhkan ibu hamil saat kehamilannya memasuki usia trimester kedua. Di usia kehamilan ini tentunya bayi akan semakin membesar sehingga memberikan beban tambahan pada tubuh ibu. 

Tentunya, ibu membutuhkan kalsium untuk memperkuat tulang sehingga tidak mengalami berbagai gangguan selama menjalani kehamilan. Kamu bisa mendapatkan asupan kalsium dari susu dan berbagai makanan olahannya, seperti yoghurt dan keju.

2.  Docosahexaenoic acid (DHA)

DHA sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester kedua. Vitamin ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk ibu maupun bayi dalam kandungan.

Pada ibu hamil, DHA membantu ibu mencegah kondisi depresi atau stres yang berisiko terjadi setelah persalinan. Sedangkan, untuk bayi dalam kandungan, nutrisi ini bermanfaat untuk perkembangan otak, mencegah kelahiran prematur, hingga kelahiran dengan berat badan rendah.

Ibu bisa memenuhi kebutuhan DHA dengan mengonsumsi ikan. Namun, pastikan ibu mengonsumsi ikan yang rendah merkuri. Selain dari ikan, ibu juga bisa mengonsumsi suplemen DHA sesuai dengan anjuran dokter.

3. Vitamin B

Vitamin B1, B2, B6, B9, dan B12 menjadi vitamin yang perlu dipenuhi selama menjalani trimester kedua. Vitamin ini dapat memberikan berbagai manfaat, seperti:

  • Menambah energi pada ibu hamil.
  • Memberikan energi untuk perkembangan bayi dalam kandungan.
  • Meningkatkan kesehatan plasenta.
  • Menjaga fungsi penglihatan ibu hamil.

Ibu bisa mengonsumsi berbagai makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan vitamin B. Contohnya seperti daging ayam, pisang, kacang-kacangan, sereal, hingga roti.

Itulah vitamin yang perlu untuk ibu penuhi setiap hari selama kehamilan trimester kedua. Selain dari makanan, ibu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi melalui suplemen vitamin yang dianjurkan oleh dokter.

Cek kebutuhan vitamin yang kamu perlukan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Jangan lupa untuk memperbanyak asupan air putih agar ibu tidak mengalami dehidrasi yang bisa memicu berbagai gangguan kesehatan saat hamil.

Jangan ragu untuk segera mengunjungi rumah sakit terdekat ketika ibu mengalami perubahan atau kondisi yang berbeda dari biasanya. Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Perubahan pergerakan janin.
  • Nyeri atau kram perut yang tidak membaik.
  • Kesulitan bernapas.

Pemeriksaan lebih dini membuat penanganan lebih mudah ditangani. Dengan begitu, kondisi ibu dan bayi bisa terjaga dengan baik.

Referensi:

Grow by Web MD. Diakses pada 2023. Second Trimester of Pregnancy.

The American College of Obstetricians and Gynecologists. Diakses pada 2023. Nutrition During Pregnancy.

Baby Center. Diakses pada 2023. Is It Safe To Take Fish Oil or Other Omega-3 Supplements During Pregnancy?

Natural Choice. Diakses pada 2023. 3 Supplements To Take During Your 2nd Trimester For A Healthy Baby (And Mom Too!)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan