Kadar Leukosit Meningkat, Ini 4 Cara Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Januari 2024

"Leukosit atau sel darah putih yang terlalu tinggi bisa menjadi tanda ada infeksi penyebab penyakit. Maka dari itu, waspadai jika gejala kondisi ini muncul. Leukositosis bisa ditangani dengan cara mengatasi penyebabnya terlebih dahulu."

Kadar Leukosit Meningkat, Ini 4 Cara MengatasinyaKadar Leukosit Meningkat, Ini 4 Cara Mengatasinya

DAFTAR ISI

  1. Pengobatan untuk Mengatasi Leukosit Tinggi
  2. Gejala Leukositosis yang Harus Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Leukosit adalah sel darah putih yang berperan melindungi tubuh dari infeksi penyebab penyakit. Saat penyebab penyakit atau infeksi terjadi, tubuh akan merespons, salah satunya dengan cara peningkatan produksi sel darah putih.

Maka dari itu, kadar leukosit yang meningkat bisa menjadi salah satu tanda ada sesuatu yang tidak normal di dalam tubuh.

Saat kadar leukosit meningkat, seseorang akan mengalami kondisi yang disebut dengan leukositosis. Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu kondisi ini, seperti peradangan, infeksi, alergi, hingga kanker darah.

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini dan mengembalikan kadar leukosit normal? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini!  

Pengobatan untuk Mengatasi Leukosit Tinggi

Kadar leukosit yang terlalu tinggi bisa menjadi tanda ada yang tidak beres pada tubuh. Karena itu, kamu perlu menjaga kadar leukosit agar tetap normal. Nah, Ingin Tahu Seputar Leukosit Normal? Segera Hubungi Dokter Ini.

Namun jangan khawatir, kondisi ini bisa diatasi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatasi penyebabnya naiknya kadar sel darah putih.

Leukositosis bisa ditangani dengan beberapa cara pengobatan, tergantung pada kondisi yang menyebabkannya.

Jika dilihat dari penyebabnya, berikut ini beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kadar leukosit tinggi:

1. Antibiotik

Salah satu jenis obat yang bisa digunakan untuk mengatasi kadar sel darah putih tinggi adalah antibotik. Jenis obat ini digunakan pada leukositosis yang terjadi karena infeksi bakteri.

2. Obat Antiradang

Leukositosis bisa muncul akibat terjadi peradangan pada tubuh. Pada kondisi ini, pengobatan yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat antiradang.

3. Obat Alergi

Alergi bisa menjadi salah satu pemicu meningkatnya kadar sel darah putih. Konsumsi obat antihistamin atau obat alergi untuk mengatasinya.

4. Kemoterapi

Cara pengobatan ini dilakukan jika peningkatan kadar leukosit disebabkan oleh kanker, misalnya leukemia. Kondisi ini juga bisa ditangani dengan radioterapi dan transplantasi sumsum tulang.

Nah, Ini Penyebab Leukositosis yang Perlu Kamu Ketahui

Gejala Leukositosis yang Harus Diwaspadai

Pada kondisi normal, kadar leukosit orang dewasa adalah 3.500–10.500 per mikroliter darah (sel/µL darah). Jumlah leukosit normal berbeda-beda pada setiap usia.

Seseorang bisa dikatakan mengalami leukositosis jika jumlah sel darah putih dalam tubuhnya melebihi angka tersebut.

Ada beberapa gejala yang umumnya muncul sebagai tanda penyakit ini, seperti:

  • Demam.
  • Mudah merasa lelah dan letih.
  • Keluar keringat pada malam hari.
  • Mudah mengalami memar dan perdarahan.
  • Penurunan berat badan drastis.
  • Sesak napas dan muncul ruam pada permukaan.  

Jika muncul gejala-gejala di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Biar lebih mudah, pakai aplikasi Halodoc untuk berbincang dengan dokter kapan dan di mana saja.

Pemeriksaan medis sebaiknya segera dilakukan jika gejala yang muncul cukup parah dan tidak kunjung membaik.

Pada kondisi tertentu, hal ini bisa menyebabkan kadar leukosit meningkat terlalu tinggi. Jika tidak segera ditangani, maka bisa memicu komplikasi berbahaya pada pengidap leukotosis.

Pemeriksaan dan penanganan medis oleh dokter perlu segera dilakukan jika muncul gejala tambahan seperti gangguan penglihatan, terjadi perdarahan di mulut, lambung, dan usus, muncul gejala stroke, serta sesak napas atau nyeri tidak tertahankan.

Semakin cepat ditangani, risiko munculnya komplikasi penyakit bisa dihindari.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. High White Blood Cell Count.
Healthline. Diakses pada 2024. What Is Leukocytosis?
Medscape. Diakses pada 2024. Leukocytosis.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan