• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan dalam Jahe Merah yang Baik untuk Kesehatan

Kandungan dalam Jahe Merah yang Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Beberapa orang pasti pernah salah mengira konsumsi daging yang akan dikonsumsi dengan jahe. Hal tersebut dapat membuat kesal beberapa orang. Memang, jahe adalah salah satu bumbu rempah yang kerap digunakan pada banyak masakan karena rasanya yang khas agar membuat makanan menjadi lebih sedap saat disantap.

Banyak jenis jahe yang dapat digunakan pada makanan, salah satunya adalah jahe merah. Namun, jahe merah lebih umum digunakan sebagai campuran pada minuman. Selain itu, kamu juga harus mengetahui beberapa kandungan pada jahe merah yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah pembahasan lebih detail terkait manfaat dari bumbu rempah tersebut!

Baca juga: Ini Beda Khasiat Jahe Merah dan Jahe Putih

Kandungan Jahe Merah untuk Kesehatan

Jahe adalah tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara ini terkenal karena aroma dan rasanya yang khas sehingga kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur hingga pengobatan alternatif. Di Indonesia sendiri, jahe dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi jamu yang dapat membuat tubuh lebih bugar.

Salah satu jenis jahe yang kerap dikonsumsi adalah jahe merah. Jahe jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanya yang lebih pedas. Selain itu, warna merah yang timbul pada kulitnya terdiri dari kandungan antosianin yang sangat baik untuk tubuh. Inilah beberapa kandungan jahe merah yang baik untuk kesehatan. Berikut pembahasannya:

  1. Phenolic

Salah satu kandungan pada jahe merah yang baik untuk kesehatan adalah phenolic. Kandungan tersebut dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Zat tersebut bekerja untuk meredakan gejala iritasi pada sistem pencernaan, mencegah kontraksi pada perut, dan memudahkan proses pencernaan. Selain itu, jahe merah mampu mengeluarkan gas berlebih yang ada di dalam tubuh.

  1. Minyak Atsiri

Kandungan lainnya dari jahe merah yang memberi manfaat kesehatan pada tubuh adalah minyak atsiri. Kandungan tersebut baik untuk meredakan batuk pada anak sehingga tidak mengonsumsi obat-obatan kimia yang dapat berdampak buruk bagi tubuh dalam jangka panjang.

Baca juga: Rutin Mengonsumsi Jahe? Ini 8 Manfaat yang Bisa Didapat

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait kandungan apa saja pada jahe merah yang baik bagi tubuh. Meski memberikan banyak manfaat, jahe merah juga dapat memberikan dampak buruk bagi beberapa orang, lho. Untuk mengetahuinya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

  1. Zingeron

Kandungan zingeron pada jahe merah juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Zat ini mampu mencegah terjadi inflamasi usus dengan cara menghambat enzim yang dapat memicu peradangan pada pencernaan. Selain itu, jahe merah juga dapat mengatasi kerusakan pada sendi yang disebabkan oleh radang. Dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin, kamu dapat membuat gangguan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis menjadi lebih baik.

  1. Gingerol

Kamu juga dapat menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi jahe merah. Kandungan rasa pedas yang muncul karena gingerol sangat berguna agar tubuh tidak mudah kedinginan, terutama saat musim hujan. Rasa pedas tersebut juga dapat membantu tubuh untuk pulih dari pilek atau flu dan melindungi sistem pernapasan agar tetap sehat.

Baca juga: Jahe Merah Bisa Meningkatkan Gairah Seksual, Ini Faktanya

Itulah beberapa kandungan yang ada di dalam jahe dan mampu menyehatkan tubuh. Kamu diharapkan mendapatkan semua manfaat tersebut dengan mengonsumsinya secara rutin. Maka dari itu, tidak heran banyak orang yang mengonsumsi jamu dengan kandungan jahe merah agar kesehatannya terjaga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why is ginger good for you?
Deltomed. Diakses pada 2020. 8 Benefits of Red Ginger.