• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Januari 2022

“Ternyata manfaat susu kambing etawa tidak kalah dengan susu sapi. Sebab, di dalamnya terdapat banyak sekali nutrisi yang berharga. Susu ini juga cocok untuk siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi susu kambing.”

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk TubuhKandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta – Selain susu sapi dan susu nabati lainnya, manfaat susu kambing etawa juga ternyata cukup baik untuk kesehatan. Ini karena di dalam susu kambing etawa terdapat berbagai kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti fosfor, kalsium, sodium, dan flourin. Bahkan, susu ini disebut-sebut memiliki nutrisi yang hampir setara dengan ASI.

Namun, apakah kamu sudah mengenal kambing etawa? Nyatanya ini adalah jenis kambing persilangan dari kambing jamnapari dari India dengan kambing lokal asal Indonesia. Karena mudah untuk diternakkan, maka masyarakat pun mulai menjadikannya sebagai ternak untuk diambil manfaatnya. Kambing ini secara khusus memang diternak untuk diambil susunya. 

Kandungan Nutrisi Susu Kambing Etawa

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh

Karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, manfaat susu kambing etawa tidak kalah dengan susu sapi. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi di dalam susu kambing etawa: 

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Sodium.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B2.
  • Vitamin B3.
  • Laktoferin.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat susu kambing etawa yang maksimal, maka kamu bisa mengonsumsinya dua kali sehari.

Manfaat Susu Kambing Etawa

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari susu kambing etawa:

1. Mencegah Pengeroposan Tulang dan Anemia

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh

Tak hanya untuk anak-anak dan orang dewasa, susu kambing ini juga cocok untuk dikonsumsi lansia. Pasalnya, ia bisa mempercepat regenerasi hemoglobin, yang kemudian membuatnya menjadi cara yang aman dan alami untuk mengatasi masalah pengeroposan tulang dan juga anemia. Berkat kandungan seng yang tinggi dan selenium di dalamnya juga bisa mencegah penyakit neurodegeneratif. 

2. Mengandung Prebiotik

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh

Kenyataannya, protein dan kalsium di dalam susu kambing jenis ini lebih banyak kadarnya jika dibandingkan dengan susu sapi. Ia juga memiliki karbohidrat yang bersifat prebiotik. Kandungan karbohidrat prebiotik dalam susu kambing ini disebut oligosaccharides, yang merupakan jenis karbohidrat yang sama dengan yang ada dalam susu manusia.

Karbohidrat prebiotik ini bisa mendukung perkembangan bakteri baik dalam sistem pencernaan dan sangat bermanfaat bagi manusia. Perkembangan bakteri sistem pencernaan yang baik ini akan mendukung sistem kekebalan tubuh dan mampu melawan inflamasi, khususnya yang terjadi pada sistem pencernaan.

3. Melawan Inflamasi

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan oleh inflamasi atau peradangan dan alergi, maka kamu bisa konsumsi susu kambing etawa. Pasalnya, mikrobiota yang ada dalam susu kambing ini bisa memicu respon imun dalam tubuh yang lebih baik dan kemudian melawan peradangan secara alami.

4. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh

Kekebalan tubuh yang kuat adalah salah satu kunci untuk bisa hidup sehat. Untungnya di dalam susu ini juga terdapat selenium, yang merupakah salah satu zat yang penting dalam sistem imun. Sebetulnya selenium juga ditemukan dalam susu sapi, akan tetapi lebih sedikit daripada di susu kambing. 

5. Baik untuk Jantung

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh

Karena mengandung kadar magnesium yang tinggi, susu ini juga baik untuk kesehatan jantung. Magnesium di dalamnya akan menjaga detak jantung normal dan mencegah kumpulan gumpalan darah yang meningkatkan level kolesterol.

Selain itu, magnesium juga akan bekerja sama dengan Vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Jumlah magnesium dalam susu kambing etawa bahkan ditemukan lebih banyak daripada dalam susu sapi.

Namun jika suatu hari kamu menemukan gejala alergi setelah minum susu kambing, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit. Untungnya kini kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit menggunakan Halodoc supaya lebih praktis. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Endocrine Metabolic Immune Disorder Drug Targets. Diakses pada 2022. Anti-Inflammatory and Anti-Allergic Properties of Donkey’s and Goat’s Milk.
Kementerian Pertanian – Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Diakses pada 2022. 10 Manfaat Super Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan.