• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kanker Tenggorokan Bisa Dipicu oleh GERD Kronis

Kanker Tenggorokan Bisa Dipicu oleh GERD Kronis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Seperti kanker pada umumnya, kanker tenggorokan merupakan penyakit yang berkembang saat sel dan jaringan tenggorokan tumbuh secara tidak terkendali. Gejala utama yang harus diwaspadai adalah kesulitan menelan, sakit tenggorokan, serta adanya perubahan suara. Kanker tenggorokan muncul dan berkembang di saluran yang terletak di belakang hidung menuju pita suara.

Selain perokok dan pecandu alkohol, apakah kondisi ini dapat dipicu oleh GERD kronis?

Baca juga: Obat Alami untuk Atasi Gejala Asam Lambung

Begini Skema GERD Kronis Picu Kanker Tenggorokan

Asam lambung memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi pencernaan, yaitu mengurai makanan agar mudah diserap oleh tubuh. Nah, penyakit GERD muncul saat asam lambung keluar dari area lambung dan mengalir ke saluran-saluran yang menghubungkan organ di sekitar lambung, salah satunya adalah tenggorokan. Keluarnya asam lambung ini terjadi karena tidak semua dinding lambung manusia mampu bertahan dari serangan penyakit. 

Jika sudah mengalir dan beredar ke organ tubuh lain yang tidak memiliki pelindung, asam lambung akan membahayakan pengidapnya. Nah, kanker tenggorokan merupakan salah satu kasus yang umum terjadi, karena GERD kronis yang keluar dari organ lambung dan naik ke tenggorokan. Saat naik ke tenggorokan, makanan yang telah diurai ikut ke luar dari lambung. 

Sebelum kanker tenggorokan terjadi, akan muncul kondisi yang disebut dengan Barrett's esophagus, yaitu kondisi yang memicu timbulnya kanker tenggorokan. Kondisi tersebut terjadi karena terkikisnya dinding tenggorokan dan menimbulkan luka di dalamnya. Nah, saat pengidap mengalami kondisi ini, muncullah serangkaian gejala yang telah disebutkan.

Meskipun mengalami Barrett's esophagus tidak selalu berarti kanker, kemungkinan mengidap kanker tenggorokan akan semakin tinggi. Untuk itu, diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc guna mengetahui langkah awal yang harus dilakukan agar terhindar dari sejumlah kondisi berbahaya!

Baca juga: Adakah Gejala Awal dari Kanker Tenggorokan?

Waspadai Komplikasi Lain Akibat GERD

GERD kronis memang mampu menyebabkan komplikasi parah seperti kanker tenggorokan jika tidak diatasi dengan tepat. Bukan hanya itu saja, berikut sejumlah komplikasi yang bisa saja terjadi:

  • Penyempitan esofagus. Kondisi ini terjadi saat sel-sel dalam tenggorokan mengalami kerusakan karena paparan GERD kronis yang membentuk jaringan parut. Jaringan tersebut kemudian mempersempit jalur makanan, dan menyebabkan kesulitan menelan.

  • Ulkus esofagus. GERD kronis mampu membuat terkikisnya jaringan di area tenggorokan dan menyebabkan timbulnya luka terbuka. Hal tersebut yang kemudian menimbulkan gejala berupa nyeri saat menelan.

  • Serangan jantung. Jika GERD kronis dibiarkan mengalir menuju organ jantung, asam lambung akan menyebabkan nyeri dada yang mirip dengan serangan jantung. Hal tersebut yang membuat tim medis kesulitan untuk mendiagnosa penyakit, karena gejala kedua penyakit tersebut sangat mirip.

  • Asma. Saat menuju ke organ paru-paru, asam lambung akan menyebabkan refluks cairan di dalamnya. Akibatnya, pengidap akan tersedak, batuk, bahkan bisa saja mengidap pneumonia. Pada seseorang dengan riwayat penyakit asma, GERD kronis akan memperparah gejala yang muncul.

Baca juga: Idap Asam Lambung, Hindari 6 Minuman Ini

Selalu perhatikan gejala yang tampak saat GERD kronis muncul untuk mencegah kanker tenggorokan yang dapat berujung pada hilangnya nyawa. Jika mengalami kesulitan menelan, suara serak, mual, muntah dengan sendirinya, sakit tenggorokan, serta bau mulut segera temui dokter di rumah sakit terdekat, ya!

Referensi:

UCSF. Diakses pada 2020. Throat Cancer.

American Cancer Society. Diakses pada 2020. Chronic Gerd Can Trigger Throat Cancer.

American Gastroenterological Association. Diakses pada 2020. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Healthline. Diakses pada 2020. Esophageal Cancer and Acid Reflux.