• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Sebaiknya Pemeriksaan MSCT Dilakukan?

Kapan Sebaiknya Pemeriksaan MSCT Dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini pemeriksaan kesehatan pun sudah semakin mudah dan akurat. Salah satu pemeriksaan dengan teknologi mutakhir yang bahkan disebut-sebut mengungguli pemeriksaan CT scan adalah Multislice Computerized Tomography (MSCT). Seperti apa pemeriksaan MSCT ini dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Baca juga: MSCT dan CT Scan, Lebih Canggih yang Mana?

MSCT adalah metode yang baru-baru ini dikembangkan untuk melakukan pemeriksaan organ bergerak, seperti jantung. Dengan menggunakan mesin pemindaian yang sangat canggih, MSCT dapat menghasilkan gambar 3D jantung dan pembuluh darah dalam waktu yang sangat cepat. Metode pemeriksaan ini bahkan dapat memberikan gambar yang tajam dan terperinci yang tidak dapat dilakukan oleh pemeriksaan lain, sehingga sangat memudahkan dokter untuk mendiagnosis sebuah penyakit.

MSCT dapat mendeteksi sejumlah kelainan atau gangguan dari beberapa jaringan maupun organ tubuh. Pemeriksaan ini, bahkan dapat digunakan sebagai penunjang diagnostik yang canggih dan lebih sensitif pada beberapa bagian tubuh, seperti jantung, otak, rongga dada, rongga perut, angiografi, ortopedi, serta telinga, hidung dan tenggorokan.

Tujuan Pemeriksaan MSCT

Pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan MSCT bertujuan untuk mengetahui secara pasti penyebab masalah pada organ tubuh tertentu, seperti jantung. Pemeriksaan MSCT pada jantung bertujuan untuk menilai  fungsi jantung dan arteri koroner secara non-invasif.

Melalui pemeriksaan MSCT pada jantung, dapat dilihat apakah ada pengerasan akibat penumpukan kalsium di pembuluh arteri koronaria, katup jantung, otot jantung dan dinding jantung secara umum. Selain itu, gangguan fungsi dan abnormalitas ruang jantung, seperti pelebaran, penipisan otot jantung, jaringan parut, aneurisma, trombus, atau tumor, juga dapat dideteksi melalui MSCT. Pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi penyakit arteri koroner secara akurat, mengevaluasi nyeri dada atipikal, pemeriksaan pre-operasi dan sebagainya.

Baca juga: Penyakit Jantung Koroner Juga Bisa Menyerang Usia Muda

Kapan Sebaiknya MSCT Dilakukan?

MSCT dapat dilakukan sebagai pemeriksaan rutin untuk jantung. Meski demikian, metode pemeriksaan ini juga bisa dimanfaatkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan organ tubuh lainnya. Dokter mungkin akan merekomendasikan kamu untuk melakukan MSCT bila terdapat:

  • Indikasi penyakit jantung koroner pada organ jantung.

  • Indikasi pengapuran pada pembuluh darah jantung (koroner) dan penyempitan pada pembuluh darah jantung.

  • Indikasi sumbatan vaskuler, perdarahan, tumor, dan infeksi pada otak.

  • Indikasi tumor, infeksi, dan kelainan mediastinum pada rongga dada.

  • Indikasi gangguan pada usus, hati, limfa, pankreas, saluran empedu, dan ginjal melalui pemeriksaan rongga perut.

  • Indikasi kelainan pada tulang pendengaran, sinus paranasal, nasofaring, laring pada pemeriksaan telinga, hidung, dan tenggorokan.

  • Indikasi patah tulang pada pemeriksaan ortopedi.

Prosedur Pemeriksaan MSCT

Memiliki prosedur yang sama seperti angiogram, pemeriksaan MSCT pada jantung juga dilakukan dengan cara menyuntikkan pewarna cair untuk mencari penyempitan pembuluh darah jantung pengidap. Namun, berbeda dengan angiografi di mana perwarna cair disuntikkan oleh kateter invasif ke arteri koroner pengidap secara langsung, pewarna cair pada pemeriksaan MSCT disuntikkan ke dalam vena superfisialis dengan jarum kecil yang ditempatkan, baik di belakang salah satu tangan maupun di alur siku. Pewarna cair kemudian akan dibawa oleh aliran darah dan pemeriksaan akan dimulai saat pewarna mencapai arteri koroner pengidap.

Baca juga: Ketahui Perbedaan dari Prosedur Pemeriksaan MSCT dan MRI

Itulah penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk melakukan MSCT. Untuk melakukan pemeriksaan terkait kondisi kesehatan yang kamu alami, kamu bisa langsung buat janji di rumah sakit pilihan yang dekat dengan rumahmu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Heart Failure Matters. Diakses pada 2020. Multi-slice Computer Tomography (MSCT).