• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Waktu yang Tepat Mengajari Balita Bahasa Asing?

Kapan Waktu yang Tepat Mengajari Balita Bahasa Asing?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Melihat Si Kecil dapat bertumbuh menjadi anak yang fasih menggunakan bahasa asing tentu dapat membuat orangtua merasa senang dan bangga. Itulah mengapa, sekarang ini semakin banyak orangtua yang ingin mengajarkan bahasa asing pada anak mereka. 

Lantas, kapankah waktu terbaik untuk mulai mengajarkan anak bahasa asing? Apakah segera setelah ia bisa berbicara, atau harus menunggu dulu sampai ia benar-benar sudah menguasai bahasa ibu dengan baik? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Semua peneliti sepakat bahwa semakin dini orangtua mengajarkan anak bahasa kedua semakin baik, karena satu dan banyak alasan. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa kemampuan anak untuk menguasai bahasa kedua memuncak pada atau sebelum usia 6 atau 7 tahun. Mereka semua juga setuju bahwa jauh lebih sulit bagi anak untuk belajar bahasa baru setelah melewati masa pubertas.

Baca juga: 5 Manfaat Belajar Bahasa Asing untuk Anak

Mulailah Mengajarkan Bahasa Asing pada Anak Sejak Umur 3–4 Tahun

Kamu mungkin tidak bisa membayangkan bagaimana anak yang masih berusia 3 tahun dapat belajar bahasa asing, mengingat bahwa bahasa ibu saja belum mereka kuasai. Namun, belakangan ini, penelitian menemukan sesuatu yang mengejutkan.

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Harvard menegaskan bahwa kreativitas, keterampilan berpikir kritis dan fleksibilitas pikiran meningkat secara signifikan bila anak-anak belajar bahasa asing pada usia yang lebih muda. Tahun-tahun prasekolah, terutama tiga tahun pertama kehidupan diyakini sebagai periode vital dalam kehidupan seorang anak. Pada waktu itulah, orangtua dapat memberikan fondasi untuk sikap, pemikiran, dan pembelajaran pada anak.

Menggunakan periode emas tersebut untuk mengajarkan bahasa asing pada anak sangat dianjurkan, karena menurut penelitian, belajar bahasa asing semudah belajar bahasa ibu. Belajar bahasa asing mungkin terdengar seperti sesuatu yang sangat sulit, tetapi sebenarnya tidak. 

Otak manusia adalah hal yang sangat luar biasa. Sejak lahir, kita belajar sesuatu dengan enam cara utama, yaitu penglihatan, rasa, bau, suara, sentuhan, dan perilaku. Penelitian telah menunjukkan bahwa 50 persen dari kemampuan kita untuk belajar dikembangkan pada usia 4 tahun dan 30 persen dikembangkan pada usia 8 tahun. Inilah mengapa orangtua dapat mulai mengajarkan bahasa asing pada anak sejak ia berusia 3 tahun.

Baca juga: Mendidik Anak Dwi Bahasa, Orangtua Perhatikan Ini

Seorang guru di Moreton First Prep School mengungkapkan bahwa anak-anak berusia 3 tahun yang menghadiri kelas prasekolah, mengalami peningkatan dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka (bahasa ibu) melalui permainan dan lagu. Pada saat yang sama, mereka juga belajar bahasa Prancis melalui kegiatan yang menyenangkan, musik dan cerita. 

Tidak hanya itu, anak-anak ini bahkan dapat mengembangkan bahasa ketika, seperti mandarin yang bisa mereka kuasai dengan mudah melalui permainan dan alat peraga. Dan puncaknya, mereka juga bisa bermain di bawah pengawasan guru bahasa Spanyol dan berinteraksi dengan guru tersebut!

Luar biasa memang kedengarannya. Anak-anak bahkan tidak menyadari bahwa mereka belajar bukan hanya satu, tetapi tiga bahasa asing! Hal ini karena penelitian telah menunjukkan bahwa semakin muda anak, semakin ia dapat mengadopsi pengucapan dan menciptakan suara baru. Dan anak-anak di sekitar usia 3–4 tahun dapat belajar dengan mudah melalui permainan karena pikiran mereka belum dipenuhi oleh banyak informasi atau fakta-fakta, seperti yang terjadi pada kita seiring bertambah dewasa.

Fakta menarik lainnya adalah bahwa anak-anak dapat belajar bahasa asing dengan lebih baik bila mereka mempelajarinya di dalam keluarga daripada di ruang kelas.

Baca juga: Trik Didik Balita Cerdas dengan Aktivitas Belajar Ini

Jadi, ajarkanlah bahasa asing sedini mungkin pada anak, terutama saat ia berusia 3–4 tahun. Bila ibu ingin bertanya lebih lanjut tentang pola asuh atau pola didik anak, tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa bertanya pada dokter kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Parent. Diakses pada 2020. The Best Age for Kids to Learn a Second Language.