• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Trik Didik Balita Cerdas dengan Aktivitas Belajar Ini

Trik Didik Balita Cerdas dengan Aktivitas Belajar Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Masa emas tumbuh kembang Si Kecil menjadi saat tepat bagi orang tua memberikan pendidikan untuknya. Ketika memasuki usia 2 tahun, dunia ibarat kelas belajar bagi balita. Segala hal di sekitarnya akan menarik perhatian dan menjadi tempatnya untuk belajar.

Menurut Erin Seaton, Ed.D., dosen dari Department of Education di Tufts University, Medford, Massachusetts, balita mulai mencoba banyak banyak hal dan ini adalah masa yang tepat untuk membangun pondasi keahlian membaca dan berhitung untuk masa depannya.

Lalu bagaimana membuat Si Kecil yang masih suka bermain untuk tertarik belajar? Tidak mudah memang, namun bukannya tidak mungkin dilakukan. Ibu bisa mengajaknya bermain sambil memperkenalkan huruf dan angka. Yuk, coba cari tahu triknya berikut ini:

Belajar Huruf
Kenalkan huruf melalui nama Si Kecil, jadi coba taruh papan nama atau susunan huruf yang berwarna menarik di penjuru rumah atau barang-barang miliknya. Ibu bisa menaruhnya di kamar, pintu kulkas, kaca, bantal, atau boneka kesayangannya. Perkenalkan huruf-huruf tersebut satu persatu sambil memberitahukan cara pengucapannya.
Jika ia sudah mengenal huruf dari namanya, coba ajak ia untuk mengenal kata-kata baru yang diawali dari huruf namanya. Misalnya huruf depannya “A” maka contoh kata-kata lain yang bisa diberikan ibu adalah ayam, air, anggur, dan masih banyak lagi.

Mengenal Angka
Lalu bagaimana dengan angka? Biasanya Si Kecil lebih mudah mengenal urutan angka 1 sampai 10. Namun ia belum memiliki kemampuan untuk berhitung sampai ia masuk preschool. Nah, agar anak semangat belajar berhitung maka ajak Si Kecil untuk melakukan hitungan dalam setiap hal yang dia lakukan. Menghitung kancing piyama, menghitung jumlah buah apel yang dibeli, dan lain sebagainya. Lakukan dengan cara yang menyenangkan sehingga ia akan tertarik dan terbiasa melakukan hal dasar ini.

Dr Seaton mengatakan jika balita usia tahun melihat segala hal yang rumit menjadi sederhana. Ia dapat mengamati dan membandingkan serta melihat objek yang berbeda. Ibu bisa melatih kemampuan matematikanya dengan mengelompokkan binatang berdasarkan jumlah kaki atau warnanya. Kadang sebelum menginjak usia 2 tahun, ia juga sudah bisa mengenali perbandingan antara yang lebih banyak atau lebih sedikit, lho.

Kenalkan dengan Bentuk
Ajak Si Kecil untuk melihat benda-benda di sekitarnya sambil memperkenalkan nama-nama bentuk. Buat bentuk persegi, segitiga, lingkaran, dan lainnya lalu minya ia untuk mencari objek yang memiliki bentuk sama di sekitar rumah. Ketika berjalan-jalan pun, ajak ia untuk mengenali bentuk-bentuk yang sudah pernah ia pelajari sebelumnya. Buat suasana makan menjadi ajang belajar. Ibu bisa membentuk roti atau makanan Si Kecil menjadi bentuk-bentuk yang bisa dipelajari agar ia lebih tertarik belajar.

Kelompokkan Warna
Agar Si Kecil mudah mengingat warna, ibu bisa mulai memperkenalkan warna dengan menyebutkan nama objek. Misalnya, buang anggur ungu atau apel merah. Ibu juga bisa mengajak Si Kecil mengenal warna dengan menggambar menggunakan crayon atau cat air yang aman untuk anak-anak. Beritahukan semua warna yang ada di sekitar anak, termasuk yang ada di corak pakaiannya.

Selalu bicarakan masalah tumbuh kembang Si Kecil setiap saat kepada dokter. Jangan ragu untuk meminta saran agar tumbuh kembangnya maksimal. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter melalui melalui Video/Voice Call dan Chat. Tak hanya bicara dengan dokter saja, melalui aplikasi Halodoc juga bisa membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan anak lho, pesanan ibu akan akan diantar dalam satu jam saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.