Kaya Nutrisi, Ini 3 Buah yang Mengandung Vitamin D

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Januari 2023

“Ada tiga buah yang dapat menjadi suplemen asupan vitamin D secara alami. Salah satunya seperti pisang yang mengandung magnesium sehingga dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.”

Kaya Nutrisi, Ini 3 Buah yang Mengandung Vitamin DKaya Nutrisi, Ini 3 Buah yang Mengandung Vitamin D

Halodoc, Jakarta – Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang diproduksi tubuh saat kulit manusia terpapar sinar matahari langsung. Sudah terbukti kalau vitamin D dapat bermanfaat bagi banyak fungsi dan bagian tubuh. 

Salah satunya adalah menjaga kesehatan dan mempertahankan kepadatan tulang. Nah, selain dari paparan sinar matahari, sebenarnya ada beberapa makanan sehat seperti  buah yang juga dapat dijadikan sebagai sumber asupan vitamin D. 

Buah-buahan tersebut memang tidak secara alami memiliki kandungan vitamin D. Tetapi, beberapa di antaranya dapat mengaktifkan vitamin D pada tubuh sehingga dapat membantu memenuhi asupannya pada tubuh. Jadi, dapat disimpulkan bahwa vitamin D dapat diserap secara lebih optimal melalui konsumsi buah tertentu. 

Buah yang Mengandung Vitamin D

1. Jeruk

Secara umum,  178 mililiter susu mengandung vitamin D sekitar 100 IU dan 170 gram yogurt mengandung vitamin D sebanyak 80 IU. Namun, banyak orang yang memiliki alergi terhadap produk susu dan olahannya atau mengalami intoleransi laktosa. Alhasil, jeruk menjadi salah satu sumber vitamin D yang baik bagi mereka. 

Sayangnya, kamu belum dapat mendapatkan asupan vitamin D apabila jeruk dikonsumsi sebagai buah.  Sebab, jeruk perlu terlebih dahulu diolah menjadi minuman fortifikasi seperti jus. Nah, jus jeruk dalam kemasan yang dijual secara bebas biasanya yang tak hanya tinggi vitamin D. Tetapi juga nutrisi lain seperti kalsium. 

2. Pisang

Sebenarnya pisang sama sekali tidak mengandung vitamin D. Tetapi, pisang merupakan sumber mineral penting seperti magnesium. Nah, magnesium memiliki beragam fungsi untuk tubuh. Salah satunya adalah mengaktifkan vitamin D dalam tubuh. Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk memenuhi asupan magnesium dengan baik. Sebab, sejumlah besar magnesium diperlukan untuk mendapatkan manfaat optimal dari vitamin D. 

3. Apel 

Buah selanjutnya yang dapat menjadi sumber asupan vitamin D adalah apel. Sebab, apel juga mengandung mineral seperti magnesium selayaknya pisang. Artinya, mengonsumsi apel juga dapat membantu proses penyerapan vitamin D pada tubuh. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukan apel sebagai bagian dari menu makanan sehari-hari. 

Makanan Lain yang juga Direkomendasikan

Selain dari buah, beberapa makanan berikut memang diketahui mengandung vitamin D secara alami: 

1. Ikan Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang dikenal sebagai sumber vitamin D yang baik. Menurut Basis Data Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi salmon 100 gram dapat mengandung 526 IU vitamin D atau 66 persen dari kebutuhan harian. Meski begitu, baik antara salmon liar atau yang dibudidayakan dapat punya perbedaan besar dalam kandungan vitamin D. Rata-rata, salmon hasil tangkapan liar memiliki lebih banyak vitamin D. Selain itu, jumlah vitamin D yang terkandung juga akan bervariasi tergantung salmon tersebut ditangkap. 

2. Kuning Telur

Telur termasuk sebagai sumber lain yang baik, sekaligus sebagai makanan yang bergizi tinggi. Sebagian besar protein dalam telur terdapat pada putihnya. Sementara lemak, vitamin, dan mineral ditemukan di kuning telur. Adapun, kuning telur dari satu buah telur besar mengandung 37 IU vitamin D, atau 5 persen dari kebutuhan harian. 

Itulah beberapa buah yang dapat mengaktifkan vitamin D pada tubuh atau menjadi suplemennya. Perlu diingat kalau sumber vitamin D terbaik berasal dari matahari, sehingga berjemur di pagi hari merupakan cara yang baik untuk memenuhinya. Selain memenuhi segala nutrisi pada tubuh, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kondisi kesehatanmu. 

Nah melalui aplikasi Halodoc kamu bisa membuat janji temu dokter di rumah sakit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Well Curve. Diakses pada 2023. Vitamin D Rich Foods, Fruits & Vegetables To Add In Your Meals. 
USDA. Diakses pada 2023. Food Sources of Vitamin D. 
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Nutritious Foods That Are High in Vitamin D. 
HSPH Harvard. Diakses pada 2023. Vitamin D. 
NIH. Diakses pada 2023. Role of Magnesium in Vitamin D Activation and Function.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan