Kelopak Mata Bengkak Jadi Gejala Endoftalmitis

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   04 Agustus 2020
Kelopak Mata Bengkak Jadi Gejala EndoftalmitisKelopak Mata Bengkak Jadi Gejala Endoftalmitis

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami pembengkakan pada kelopak mata? Paling sering kondisi ini disebut dengan bintitan. Kondisi ini juga bisa menunjukkan gejala yang lebih parah, misalnya endoftalmitis. Kondisi ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peradangan parah di dalam mata. Peradangan ini disebabkan oleh infeksi yang dapat terjadi usai menjalani beberapa jenis operasi mata atau jika mata tertusuk oleh benda asing. 

Endophthalmitis sebetulnya merupakan kondisi yang cukup jarang, tetapi jika itu terjadi, ini merupakan keadaan darurat medis yang perlu mendapatkan penanganan secepatnya. Gejala bisa terjadi dengan sangat cepat setelah infeksi. Kondisi ini bahkan bisa terjadi dalam satu atau dua hari, atau kadang-kadang hingga enam hari setelah operasi atau trauma pada mata.

Baca juga: Softlens yang Tidak Bersih Bisa Sebabkan Endoftalmitis

Gejala Lain Endoftalmitis 

Tak hanya kelopak mata yang bengkak, ada beberapa gejala khas dari endoftalmitis, antara lain:

  • Sakit mata yang menjadi lebih buruk setelah operasi atau cedera pada mata.
  • Menurun atau hilang penglihatan.
  • Mata merah.
  • Munculnya nanah dari mata. 

Ada juga beberapa gejala ringan yang mungkin terjadi, seperti: 

  • Penglihatan kabur.
  • Sakit mata ringan.
  • Kesulitan melihat lampu yang terang.

Jika kamu merasakan salah satu dari gejala ini, segera diskusikan dengan dokter di Halodoc. Ingat, semakin cepat endophthalmitis diobati, semakin kecil kemungkinannya untuk menyebabkan masalah serius pada penglihatan. 

Baca juga: Jenis Infeksi yang Sebabkan Endoftalmitis

Apa Saja Penyebab Endoftalmitis?

Dikutip dari Healthline, ada dua jenis utama endoftalmitis. Salah satunya adalah endoftalmitis eksogen, yang berarti infeksi masuk ke dalam mata melalui sumber luar. Jenis yang kedua adalah endoftalmitis endogen, yang berarti infeksi menyebar ke mata dari bagian lain tubuh.

Endoftalmitis eksogen adalah bentuk yang paling umum. Kondisi ini dapat terjadi akibat luka pada mata selama operasi atau akibat mata tertusuk benda asing. Luka atau lubang seperti itu kemudian membuat infeksi lebih mungkin terjadi dan menyebar di dalam bola mata.

Endoftalmitis eksogen juga sering terjadi akibat operasi mata, seperti misalnya operasi katarak. Operasi ini adalah operasi mata yang paling umum dilakukan, sehingga ada lebih banyak kemungkinan operasi ini menyebabkan efek samping seperti endoftalmitis. Operasi lain yang lebih sering mengakibatkan infeksi jenis ini adalah operasi yang dilakukan di dalam bola mata itu sendiri atau operasi intraokular.

Ada juga beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini, misalnya: 

  • Melakukan operasi untuk mengatasi glaukoma.
  • Kerusakan pada lensa.
  • Kehilangan cairan di belakang mata.
  • Penyembuhan luka pada mata yang buruk.
  • Waktu operasi mata yang lebih lama.

Sementara itu, setelah dilakukannya operasi mata, kondisi ini juga bisa semakin parah jika bola mata kemasukan benda asing seperti debu, tanah, atau lainnya. 

Baca juga: Bahaya Endoftalmitis yang Dapat Akibatkan Kebutaan

Pengobatan Endoftalmitis

Perawatan endophthalmitis sebagian besar tergantung pada penyebab kondisi tersebut. Namun, sangat penting untuk memberikan antibiotik ke mata sesegera mungkin setelah infeksi terjadi. Biasanya, antibiotik ditempatkan tepat ke mata dengan jarum kecil. Kortikosteroid juga dapat ditambahkan dalam beberapa kasus untuk mengurangi pembengkakan. 

Jika ada benda asing di mata, benda tersebut harus diambil secepat mungkin. Meski begitu, jangan pernah mencoba untuk menghilangkan objek dari mata sendirian dan sebaiknya cari bantuan medis segera.

Komplikasi dari perawatan endoftalmitis dapat dikurangi dengan mengikuti saran perawatan mata dokter. Pastikan juga kamu tahu bagaimana dan kapan harus memasukkan obat tetes mata seperti salep mata antibiotik. Jika kamu diberikan penutup mata, kamu juga harus tahu bagaimana dan di mana menempatkan patch. Kamu mungkin membutuhkan selotip untuk menjaga patch tetap di tempatnya.




Referensi:
American Society of Retina Specialists. Diakses pada 2020. Endophthalmitis.
Eye Wiki - American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2020. Endophthalmitis.
Healthline. Diakses pada 2020. What Is Endophthalmitis?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan