• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenalan dengan Sofrologi, Metode Relaksasi yang Menenangkan

Kenalan dengan Sofrologi, Metode Relaksasi yang Menenangkan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat tubuh dan pikiran sudah sangat lelah karena beban pekerjaan, penting untuk melakukan sesuatu agar kembali bugar. Hal tersebut dilakukan agar produktivitas yang dihasilkan saat bekerja tetap maksimal. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat tubuh dapat dengan mudah rileks adalah dengan melakukan sorfologi.

Disebutkan metode sorfologi ini dapat ampuh untuk melawan stres, rasa cemas, serta kekurangan atau gangguan pada tidur. Selain memiliki banyak manfaat, metode relaksasi ini terbilang mudah untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait sofrologi dan cara menerapkannya!

Baca juga: 4 Cara Mencapai Ketenangan untuk Mengurangi Kecemasan

Ketahui Sofrologi, Metode Relaksasi yang Efektif untuk Tubuh

Sofrologi adalah jenis meditasi dinamis yang melibatkan pikiran dan tubuh, serta mendorong interaksi antara belahan otak kanan dan kiri. Metode ini bertujuan untuk membawa diri kamu ke dalam keadaan relaksasi yang dinamis. Hal ini dapat menyebabkan tubuh cukup tenang untuk menurunkan detak jantung dan membuat pikiran tetap jernih serta waspada.

Cara ini disebut-sebut telah terbukti membuat kondisi tubuh dan pikiran sangat tenang sehingga dapat pulih sepenuhnya. Metode sofrologi dilakukan dengan menggunakan kombinasi dari relaksasi, pernapasan, meditasi, gerakan tubuh yang lembut, hingga teknik visualisasi. Dengan melakukannya 10 menit setiap hari, tubuhmu akan terasa lebih ringan dan rileks.

Selain untuk menghilangkan rasa stres dan membuat tubuh menjadi lebih tenang, sofrologi juga dapat dilakukan untuk pengembangan diri, seperti membangun kepercayaan diri, berpikir positif, dan menemukan tujuan hidup. Pada ibu hamil juga dapat dilakukan sebagai persiapan untuk melahirkan agar tubuh menjadi lebih baik.

Setiap orang dapat melakukan sofrologi sendiri atau dengan mentor yang berkualitas. Seorang ahli sofrologi akan membimbing kamu untuk melakukan beberapa latihan dan teknik sederhana yang akan membentuk 12 tingkat dari metode ini. Beberapa sesi terdiri dari latihan pernapasan, relaksasi otot, hingga teknik visualisasi. Berikut beberapa manfaat teknik sofrologi yang dapat dirasakan:

  1. Tidur Menjadi Nyenyak

Salah satu manfaat dari teknik sofrologi yang dapat dirasakan adalah tidur yang menjadi lebih nyenyak. Cara ini dapat dilakukan ketika berbaring di tempat tidur dan bersiap untuk terlelap dan memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Posisi tubuh.
  • Titik pertemuan antara tubuh dan kasur.
  • Tempat-tempat di kulit yang menyentuh pakaian atau seprai.
  • Setiap sensasi yang muncul pada tubuh.

Baca juga: Relaksasi dengan Aroma Bunga, Benarkah Bermanfaat?

  1. Melepaskan Ketegangan

Teknik sofrologi juga dapat melepaskan semua perasaan tegang dari tubuh yang dirasakan. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk hal ini adalah:

  • Rasakan seluruh tubuh dan perhatikan tempat yang sedang merasakan tegang.
  • Fokus untuk melepaskan semua rasa tegang yang ada.
  • Regangkan seluruh tubuh dengan mengencangkan semua otot yang ada.
  • Saat mengambil hembusan napas, lepaskan rasa tegang tersebut.
  • Gambarkan semua rasa tegang ke luar dari tubuh dalam bentuk apa pun.
  1. Mengendalikan Napas

Mengendalikan napas pada tubuhmu dapat membuat pikiran dan fisikmu menjadi lebih baik. Beberapa hal yang diperhatikan saat ingin mencapai hal tersebut adalah:

  • Letakkan tangan di atas perut dan ikuti setiap napas saat bergerak melalui tubuh.
  • Rasakan setiap napas saat masuk dan pergi melalui lubang hidung, kamu harus meresapi saat perut naik dan mengembang saat menarik napas, serta saat bergerak ke arah tulang belakang ketika tubuh menghembuskan napas.
  • Pertahankan pernapasan dalam hitungan yang sama dengan memastikan hirupan yang tidak berbeda untuk beberapa saat.
  • Secara perlahan, mulai tambahkan satu hitungan ke napas hingga maksimal dua kali panjang napas.

Baca juga: Kenali Tandanya, Ini 4 Cara Mudah Atasi Stress

Mengetahui metode sofrologi maka diharapkan tubuhmu menjadi lebih sehat dan rileks setelah menerapkannya. Akhirnya, produktivitas hidupmu juga meningkat karena pikiran dan tubuh yang lebih baik setiap harinya. Semua hal positif ini membuat kamu menjadi orang yang lebih baik.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait metode relaksasi sofrologi, dokter dari Halodoc siap menjawab semua pertanyaan yang ada. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Is Sophrology?
Heart. Diakses pada 2020. Using Sophrology to combat stress, anxiety and sleep problems: a self-help guide.