Kenali 3 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Oktober 2021
Kenali 3 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan PriaKenali 3 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria

“Sejak zaman dahulu, bawang putih sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Kandungan allicin di dalamnya ternyata punya manfaat luar biasa untuk kesehatan pria. Bawang putih dinilai mampu meningkatkan kesuburan pria, mencegah impotensi dan menjaga kesehatan kelenjar prostat.”

Halodoc, Jakarta – Bawang putih umumnya digunakan sebagai bumbu untuk memasak. Kendati demikian, bawang putih juga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak zaman dahulu. Zat allicin yang terkandung dalam bawang putih dinilai punya banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kesehatan pria. 

Banyak penelitian yang membuktikan kalau allicin mengandung sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antioksidan. Tak hanya itu, bawang putih juga kaya akan vitamin dan nutrisi, seperti mangan-kalsium, tembaga, selenium, vitamin B1, B6, dan C. Nah, berikut beragam manfaat bawang putih untuk kesehatan pria:

Baca juga: 11 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

1. Meningkatkan Kesuburan

Meningkatkan Kesuburan

Kesuburan seorang pria biasanya ditentukan dari kualitas sel spermanya. Sel sperma yang tidak berkualitas ini bisa menghambat seseorang untuk mendapatkan keturunan. Nah, senyawa allicin dalam bawang putih dinilai mampu meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Beberapa ahli percaya bawang putih termasuk makanan yang bersifat afrodisiak. 

Afrodisiak adalah istilah untuk berbagai jenis makanan, minuman, ramuan, atau obat yang dipercaya dapat meningkatkan libido. Namun, efek ini tidak bisa kamu dapatkan dalam satu kali konsumsi saja ya. Kamu perlu mengonsumsi bawang putih secara rutin selama sekitar satu bulan untuk merasakan manfaatnya.

Baca juga: Cara Mengolah Daun Salam yang Baik untuk Kesehatan

2. Mencegah Impotensi

Mencegah Impotensi

Kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam bawang putih dapat meningkatkan jumlah sperma. Pada gilirannya, manfaat ini dapat mencegah penyakit impotensi yang rentan menyerang pria berusia lanjut. Untuk mendapatkan manfaat ini, konsumsi bawang putih dalam kondisi mentah atau tambahkan cukup banyak bawang putih ke dalam masakan.

3. Menjaga Kesehatan Prostat

Menjaga Kesehatan Prostat

Seiring bertambahnya usia, fungsi pada kelenjar prostat semakin menurun. Nah, kandungan allicin dalam bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan prostat. Suatu studi menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi bawang putih berisiko lebih rendah terkena benign prostatic hyperplasia (BPH). 

Baca juga: 6 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Menurunkan Hipertensi

BPH atau pembesaran prostat umumnya ditandai dengan gejala berupa kesulitan buang air kecil, aliran urine yang tersendat, buang air kecil yang tidak tuntas atau inkontinensia urine. Hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc apabila kamu mengalami gejala-gejala tersebut. Jangan tunda untuk menanyakannya ke dokter karena BPH yang tidak segera ditangani bisa berkembang lebih serius. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Can Garlic Improve Your Sex Life?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 6 Surprising Ways Garlic Boosts Your Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan