• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 7 Cara Atasi Gangguan Libido pada Pria

Inilah 7 Cara Atasi Gangguan Libido pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah 7 Cara Atasi Gangguan Libido pada Pria

Halodoc, Jakarta - Libido atau dorongan seks, secara alami bervariasi pada setiap pria. Memiliki dorongan seks rendah tidak selalu jadi masalah, hanya saja seseorang jadi tidak terlalu menikmati gairah seks yang seharusnya menyenangkan karena adanya libido.

Jika kamu ingin meningkatkan libido agar hubungan intim terasa maksimal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Perlu diketahui, terganggunya libido seorang pria dapat dipengaruhi oleh kecemasan, masalah kesehatan, sulitnya hubungan, dan usia. Cara terbaik untuk mengatasinya yaitu berdasarkan penyebabnya, diantaranya:

Baca juga: Suntik Hormon Testosteron, Ketahui Manfaat dan Bahayanya

1.Mengelola Stres

Memiliki tingkat kecemasan yang tinggi merupakan penghalang fungsi seksual dan libido, baik pada pria maupun wanita. Kecemasan bisa jadi disebabkan stres hidup atau kecemasan terkait seks itu sendiri. Pria yang sibuk dan memiliki tekanan hidup mungkin mudah merasa lelah, akibatnya hasrat seksualnya menjadi rendah. 

Stres dapat mempersulit seseorang mendapatkan atau mempertahankan ereksi, yang membuat seseorang enggan berhubungan seks. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengelola stres, yaitu:

  • Praktikkan pola dan perilaku tidur yang baik.
  • Luangkan waktu untuk menyenangkan diri dengan melakukan hobi.
  • Konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang.
  • Tingkatkan hubungan dengan pasangan.

2.Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Pasangan

Berfokus pada peningkatan hubungan mampu meningkatkan gairah seks setiap pasangan, dengan cara:

  • Rencanakan kencan romantis.
  • Lakukan aktivitas bersama.
  • Terbukalah dalam berkomunikasi dengan pasangan.
  • Luangkan waktu berkualitas bersama pasangan.

3.Fokus pada Foreplay

Pada kebanyakan kasus, libido dapat meningkat melalui foreplay atau pemanasan seksual bersama pasangan. Bagi pria atau wanita, foreplay penting dilakukan untuk mencapai orgasme. 

4.Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur nyenyak meningkatkan suasana hati yang baik dan tingkat energi secara keseluruhan. Perlu diketahui bahwa kualitas tidur berkaitan dengan tingkat libido. Waktu tidur yang lebih lama dapat meningkatkan gairan genital yang lebih baik dibanding waktu tidur yang pendek. 

5.Perhatikan Pola Makan

Menjalani pola makan sehat baik untuk dorongan seks. Dengan begitu, sirkulasi darah berjalan optimal dan jantung pun sehat. Sindrom metabolik dan penyakit jantung juga memengaruhi fungsi seksual secara fisik. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi sayuran, makanan rendah gula, dan makanan berprotein tinggi tanpa lemak untuk mencegah gangguan libido. 

Baca juga: Pria dengan Kondisi Ini Berisiko Terkena Hipogonadisme

6.Rutin Berolahraga 

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan libido. Ketika tubuh terasa bugar dan fit, maka hasrat seksual dapat meningkat. Pastikan selalu berolahraga secara teratur. Namun, hindari olahraga secara berlebihan karena dapat memperburuk kesehatan tubuh dan berpengaruh pada libido. 

7.Pertahankan Berat Badan Sehat

Terdapat kaitan antara kelebihan berat badan dan obesitas dengan rendahnya libido. Kelebihan berat badan juga berdampak pada kesuburan. Orang yang memiliki berat badan berlebih juga mengalami efek psikologis, seperti kepercayaan diri tubuh yang rendah. 

Menjaga dan mempertahankan berat badan yang sehat meningkatkan gairah seks seseorang, baik secara fisik maupun psikologis. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur dapat membantu mencapai hal ini. 

Baca juga: 9 Ciri Gangguan Testosteron

Libido pada pria berkaitan dengan kadar testosteron, yang secara alami akan menurun seiring pertambahan usia. Dengan terapi penggantian testosteron umumnya bisa membantu pria dalam meningkatkan libido, mengurangi depresi, dan meningkatkan fungsi ereksi. 

Perlu diketahui juga, suplemen tertentu juga dapat membantu meningkatkan kadar testosteron dan fungsi seksual lainnya. Beberapa penelitian mengatakan zat zinc, vitamin D, dan asam lemak omega-3 mungkin perlu dikonsumsi untuk testosteron.

Jika kamu merasa membutuhkan suplemen atau obat penunjak, kamu bisa beli obat melalui aplikasi Halodoc. Untuk mendapatkan resep suplemen yang tepat, tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2020. 10 ways to boost libido
Healthline. Diakses pada 2020. Boost Your Libido with These 10 Natural Tips
Everyday Health. Diakses pada 2020. 9 Natural Ways to Boost Your Sex Life