Kenali Tips Memelihara Anjing Rottweiler

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 Mei 2021
Kenali Tips Memelihara Anjing RottweilerKenali Tips Memelihara Anjing Rottweiler

Halodoc, Jakarta - Anjing Rottweiler adalah ras anjing yang cukup populer karena mereka terlihat gagah, sayangnya banyak orang yang kurang memahami cara merawatnya. Banyak orang percaya bahwa anjing ini memiliki sifat yang cukup agresif, padahal ini tidak benar. Mereka sebenarnya adalah anjing yang cukup berani, cerdas, penyayang, dan setia. 

Anjing Rottweiler juga terbukti bisa menjadi teman yang sangat baik seumur hidup. Jika mereka dibesarkan dengan cara yang benar, mereka bisa menjadi sahabat manusia. Namun, jika kamu mengadopsi anak anjing Rottweiler, kamu harus memahami dahulu beberapa cara merawat anjing ini. 

Baca juga: 6 Hal yang Menyebabkan Anjing Menjadi Agresif

Cara Merawat Anjing Rottweiler

Rottweiler adalah anjing yang cerdas dan aktif yang membutuhkan banyak rangsangan untuk membuatnya tetap aktif dan sehat, baik fisik maupun mental. Konsistensi adalah kunci dari perawatan dan pelatihan untuk mereka.

Anjing ini juga sangat kuat, sehingga tidak boleh dibiarkan tanpa pengawasan dengan anak-anak. Kamu pun wajib menyiapkan banyak waktu untuk dihabiskan ketika merawat anjing jenis ini. 

Jika diawasi dan disosialisasikan dengan baik, mereka seharusnya baik-baik saja dengan anak remaja, tetapi mereka mungkin bukan hewan peliharaan yang cocok untuk kamu yang memiliki anak kecil di rumah. 

Begini beberapa cara merawat anjing rottweiler yang wajib kamu pahami:

Menangani Gonggongannya

Seperti halnya anjing lainnya, kamu bisa melatihnya untuk lebih sedikit menggonggong. Namun, jika kamu mengalami masalah dengan gonggongan yang berlebihan, sebaiknya mintalah nasihat dari dokter hewan yang ahli dalam mengatasi perilaku tertentu. 

Pelatihan dan Sosialisasi

Karena mereka sangat kuat, Rottweiler membutuhkan pemilik berpengalaman yang memahami mereka dan tahu cara melatih mereka menggunakan pelatihan berbasis penghargaan yang positif.

Rottweiler perlu bersosialisasi sejak usia muda agar mereka tumbuh menjadi percaya diri dan tenang. Mereka membutuhkan penguatan positif saat dilatih. Rottweiler juga cerdas dan kamu akan mengetahuinya saat mereka mempelajari hal-hal baru dengan cepat. Dengan pelatihan yang tepat, mereka akan menjadi anjing yang setia dan santun.

Rottweiler tidak lebih rentan menggonggong atau merusak dibandingkan anjing lain jika dibiarkan sendiri. Anjing jenis ini juga lebih suka ditemani selama mungkin di siang hari. Jangan pernah juga meninggalkan anjing ini sendirian selama lebih dari empat jam karena hal ini dapat menyebabkan mereka menjadi tertekan, bosan, atau kesepian.

Baca juga: 4 Alasan Anjing Perlu Diajak Jalan-Jalan dan Bermain

Olahraga

Rottweiler sangat aktif dan membutuhkan banyak latihan dan pelatihan untuk membuat mereka senang dan sibuk. Kamu harus memberi Rottweiler setidaknya dua jam olahraga setiap hari. Ini harus mencakup berjalan-jalan dengan waktu bermain ekstra, bersenang-senang di taman yang aman, dan banyak permainan lainnya. 

Perawatan Tubuh

Rottweiler memiliki bulu pendek yang perawatannya cukup minim. Sikat bulunya berkala seperti seminggu sekali untuk tetap membuat bulunya berkilau. Mereka tidak akan mengalami banyak kerontokan bulu, tetapi akan menumpahkan lebih banyak saat perubahan musim, sehingga kamu mungkin perlu lebih sering menyikatnya selama waktu-waktu ini.

Makanan

Makanan untuk Rottweiler akan bervariasi bergantung pada usianya. Kamu harus memberi mereka makanan anjing komersial yang lengkap agar mereka tetap sehat.

Dokter hewan juga akan dapat memberi tahu berapa banyak yang harus dimakan anjing. Biasanya, mereka dianjurkan untuk membagi jatah harian mereka menjadi dua kali makan. Jika kamu sesekali memberi anjing camilan atau menggunakan camilan untuk pelatihan, ingatlah untuk mempertimbangkan hal ini dan kurangi jatah makan hariannya. Camilan tidak boleh melebihi 10 persen dari asupan kalori harian mereka karena dapat membuat diet mereka tidak seimbang.

Kamu juga harus mencoba memberi makan anjing pada waktu yang sama setiap hari untuk membuatnya menjadi rutinitas. Ingatlah untuk memberi jarak setelah makan dan sebelum berolahraga.

Rottweiler memiliki naluri menjaga alami, sehingga terkadang menjadi posesif terhadap hal-hal seperti makanannya. Pastikan di mana pun kamu memberi makan, anjing berada di lingkungan yang tenang dan mereka tidak merasa perlu menjaga makanannya.

Baca juga: Sering Dianggap Galak, Ini 4 Fakta Karakter Anjing Pitbull

Itulah beberapa tips perawatan untuk anjing rottweiler. Jika kamu membutuhkan pakan anjing, kini kamu juga bisa membelinya lewat toko kesehatan di Halodoc. Di sana terdapat berbagai pilihan makanan anjing yang mungkin sesuai untuk anjing peliharaanmu. Dengan layanan antar, kamu pun jadi tak perlu keluar rumah untuk mendapatkannya. Praktis bukan? Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Pets World. Diakses pada 2021. How To Take Care Rottweiler Puppies.
Prestige Animal Hospital. Diakses pada 2021. Rottweiler.
The People's Dispensary for Sick Animals. Diakses pada 2021. Rottweiler Breed Information.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan