4 Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash yang Tak Banyak Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Oktober 2023

"Ada perbedaan mendasar antara facial foam dan facial wash. Jika dilihat dari teksturnya, facial foam bertekstur busa dan facial wash bisa berupa gel, krim, susu atau padat."

4 Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash yang Tak Banyak Diketahui4 Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash yang Tak Banyak Diketahui

Halodoc, Jakarta – Salah satu produk perawatan wajah yang paling penting adalah sabun muka. Kini, produk sabun muka jenisnya makin beragam. Beberapa contohnya yaitu facial foam dan facial wash. Namun, beberapa orang masih sulit membedakan kedua produk tersebut bahkan menganggapnya sama.

Padahal, kamu atau anggota keluargamu perlu memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan jenis kulit. Berikut perbedaan antara facial foam dan facial wash yang perlu kamu ketahui.

Perbedaan Antara Facial Foam dan Facial Wash

Ada banyak perbedaan yang bisa kamu perhatikan antara kedua produk perawatan wajah tersebut, mulai dari tekstur, fungsi dan jenis kulit. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tekstur

Salah satu perbedaan yang paling mendasar antara facial foam dan facial wash adalah teksturnya. Bahkan, kamu pasti sudah bisa membedakan hanya melalui penamaannya.

Facial foam sendiri bertekstur busa (foam) sehingga cenderung lebih lembut. Karena lebih lembut, sabun muka bertekstur busa aman untuk sehari-hari dan cukup efektif mengangkat sisa-sisa kotoran pada wajah.

Selain itu, busa juga bisa menyerap kelebihan minyak dan sebum tanpa membuat kulit wajah terasa kering. 

Sementara itu, facial wash teksturnya bisa berupa gel, susu, krim bahkan ada yang dalam bentuk padat alias batangan.

Masing-masing punya keunggulan, contohnya tekstur krim biasanya mengandung pelembap yang cocok untuk tipe kulit kering.

Sementara itu, tekstur gel lebih cocok untuk tipe kulit yang sensitif karena lebih ringan dan lembut.

2. Fungsi facial foam dan facial wash

Facial foam memiliki formula yang cenderung untuk kulit berminyak karena berfungsi mengangkat lemak berlebih. Produk ini juga bisa menarik sel-sel kulit mati sekaligus mencerahkan kulit. 

Berbeda dengan facial wash, fungsinya lebih untuk menyegarkan wajah, melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Karena sifat melembapkannya, produk perawatan kulit ini lebih cocok untuk pemilik kulit sensitif dan kulit kering.

3. Jenis kulit

Tekstur berbusa dan lembut membuat facial foam ampuh mengangkat minyak berlebih tanpa membuat kulit kering. Jadi, produk ini lebih cocok untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Sementara itu, facial wash bersifat melembapkan dan menghidrasi sehingga cocok untuk kulit wajah normal, kering atau sensitif. Produk perawatan kulit ini akan menjaga kelembapan wajah dan mencegah potensi iritasi. 

Memang benar, berbeda jenis kulit berbeda pula produk yang kamu pakai. Agar tidak salah, ikuti Tips Memilih Face Wash untuk Pemilik Kulit Kering berikut ini untuk pemilik kulit yang cenderung kering.

4. Cara penggunaan

Cara pemakaian antara kedua produk ini pun berbeda. Kamu perlu mengusap facial foam dengan telapak tangan terlebih dahulu sampai berbusa.

Setelah menghasilkan busa yang cukup banyak, baru usapkan ke wajah secara menyeluruh. 

Jika kamu menggunakan facial wash, kamu tidak perlu menggosoknya sampai berbusa. Cukup usap sebentar dengan telapak tangan lalu usapkan ke wajah secara menyeluruh. 

Itu tadi perbedaan antara facial foam dan facial wash yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa Rekomendasi Pembersih Wajah untuk Remaja yang Aman dan Terjangkau yang sesuai dengan kebutuhan serta jenis kulit.

Jika kamu atau anggota keluargamu punya pertanyaan lain seputar perawatan kulit, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja.

Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Southern Living. Diakses pada 2023. What’s the Difference Between Face Wash and Face Cleanser?
The Klog. Diakses pada 2023. The Difference Between Foaming, Gel, and Cream Cleansers.
Difference Between. Diakses pada 2023. Difference Between Face Wash and Cleanser 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan