Tips Memilih Face Wash untuk Pemilik Kulit Kering

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2023

“Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih face wash untuk kulit kering untuk bisa mendapatkan face wash yang ideal untuk kamu gunakan.✔️Artikel ini telah di-review dokter”

Tips Memilih Face Wash untuk Pemilik Kulit KeringTips Memilih Face Wash untuk Pemilik Kulit Kering

Halodoc, Jakarta – Memilih face wash untuk kulit kering tidaklah mudah. Saat kamu memiliki kulit kering, salah pilih sabun untuk mencuci wajah bisa menyebabkan kulit kering dan teriritasi. 

Namun, tenang saja. Saat ini sudah banyak produk face wash yang dirancang khusus untuk pemilik kulit sensitif. Biasanya yang mengandung bahan pelembap yang kuat, seperti niacinamide, asam hialuronat, dan gliserin.

Tips Memilih Face Wash untuk Pemilik Kulit Kering

Dengan banyaknya pilihan produk face wash di pasaran, kamu mungkin bingung memilih yang cocok untuk kulit kering. Meski kondisi kulit setiap orang berbeda, ada beberapa panduan umum yang bisa kamu ikuti, yaitu:

  1. Cek Kandungan Bahannya

Lakukan riset mengenai bahan-bahan apa saja yang bagus dan buruk untuk kulit kering. Lalu, saat memilih face wash, sempatkan untuk baca kandungan bahan yang tercantum dalam label kemasan, dan hindari yang mengandung bahan yang tidak cocok untuk kulit kering.

  1. Cari yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit Kamu

Setiap produk menawarkan manfaatnya masing-masing. Jadi, carilah yang bisa mengatasi masalah kulit yang sedang kamu alami. Apakah kamu ingin kulit tidak terlalu kering, atau ingin mencegah jerawat muncul, pastikan produk yang kamu beli adalah yang kamu butuhkan, ya. 

  1. Hindari Produk dengan Bahan Tambahan yang Keras 

Alkohol, wewangian, pewarna, dan bahan lainnya dapat berbahaya bagi kulit kering dan menyebabkan kekeringan lebih lanjut. Produk dengan pewangi atau parfum dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, reaksi alergi, ruam, dan dermatitis. 

Oleh karena itu, pilihlah face wash yang tidak mengandung bahan-bahan tersebut, jika kamu memiliki kulit yang kering. Sebaliknya, carilah produk yang lembut dan mengandung bahan yang menghidrasi, seperti lidah buaya dan asam hialuronat.

  1. Cek Formula dan Teksturnya

Ada begitu banyak formulasi dan tekstur untuk produk pembersih wajah. Apakah kamu menginginkan pembersih yang berbusa, atau lebih suka konsistensi gel atau konsistensi krim? Pilihlah yang sesuai dengan preferensi pribadi kamu.

Bahan Terbaik untuk Kulit Kering

Dalam memilih face wash untuk kulit kering, salah satu yang sangat penting untuk kamu ketahui adalah bahan-bahannya. Berikut ini beberapa bahan terbaik yang sebaiknya ada dalam face wash pilihan kamu:

  1. Asam Hialuronat

Asam hialuronat adalah salah satu bahan favorit para ahli perawatan kulit. Ini adalah humektan yang bagus, yang artinya dapat menarik kelembapan dari udara dan menguncinya di kulit. Karena kapasitas retensi airnya, asam hialuronat merupakan pilihan tepat untuk face wash bagi pemilik kulit kering.

  1. Gliserin

Gliserin adalah sirup kental yang berasal dari lemak nabati. Ini adalah humektan yang dapat menarik air dan menyegelnya di kulit. Gliserin bersifat menghidrasi dan non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori kulit).

  1. Ceramide

Ceramide adalah lipid yang ditemukan di kulit dan struktur di penghalang alami kulit. Faktor eksternal seperti sinar matahari, polusi, dan merokok merusak ceramide. Saat dimasukkan ke dalam produk face wash, ceramide dapat memperkuat struktur pelindung kulit dan mencegah kehilangan air.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang dapat menghasilkan keajaiban dengan memberikan kelembapan yang cukup pada kulit. Ini membantu menenangkan dan melembutkan kulit tanpa menghilangkan minyak alami dari kulit. Jadi, face wash dengan lidah buaya cocok untuk kulit kering.

  1. Niacinamide

Niacinamide (vitamin B3) memiliki banyak manfaat. Ini sangat membantu dalam memperbaiki struktur pelindung kulit yang rusak dan mencegah kehilangan air lebih lanjut. 

Itulah tips memilih face wash untuk kulit kering dan bahan-bahan terbaik yang perlu kamu catat. Jika kamu mengalami masalah kulit yang mengganggu, download Halodoc saja untuk menjalani pemeriksaan.

Dapatkan produk kesehatan face wash untuk kulit kering di toko kesehatan Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 10 Best face washes for Dry Skin.
Skin Kraft. Diakses pada 2023. How To Choose A Best Cleanser For Dry Skin?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan