Ini 5 Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Februari 2024

“Untuk membersihkan kotoran telinga, lebih baik gunakan obat tetes daripada cotton bud. Beberapa rekomendasi yang ampuh adalah Santadex Ear Drops, Otopain Ear Drop, Erlamycetin 1% Ear Drops, Otilon Ear Drop, dan Forotic Tetes Telinga yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran yang Ampuh di ApotekIni 5 Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Tetes Telinga yang Ampuh Mengeluarkan Kotoran  


Halodoc, Jakarta – Siapa yang sering membersihkan telinga dengan kapas atau cotton bud? Jika kamu salah satunya, yuk mulai kurangi kebiasaan ini. Sebab telinga kita sebenarnya bisa mengeluarkan kotoran dengan dengan sendirinya. Kotoran di telinga kita ini dihasilkan oleh kelenjar sebagai perlindungan dari kuman.

Tapi, jika kamu ingin menggunakan penghilang kotoran telinga, kamu bisa mencoba obat tetes. Cara kerja obat jenis ini adalah melepaskan oksigen dan busa ketika bersentuhan dengan kulit. Busa inilah yang memecah lalu meluruhkan kotoran.  

Rekomendasi Obat Tetes Telinga yang Ampuh Mengeluarkan Kotoran

Ada beberapa obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran, antara lain:

1. Santadex Ear Drops 20 ml

Obat ini mengandung docusate sodium yang membantu untuk pengobatan infeksi dan iritasi telinga. Selain itu, sifat antiseptik, adstringens, dan anti iritasinya bisa melunakkan kotoran yang keras agar lebih mudah dikeluarkan. 

Untuk pemakaiannya, gunakan sebanyak 2 tetes untuk 3 kali sehari pada telinga yang sakit. Kamu bisa langsung membeli obat ini tanpa resep dokter karena Santadex Ear Drops tergolong obat bebas. 

Kisaran harga: Rp17.700 per botol. 

Dapatkan Santadex Ear Drops 20 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Otopain Ear Drop 8 ml

Dengan kombinasi dari polimiksin B sulfate, neomycin sulfate, fludrokortison acetate, dan lidocain HCl, obat tetes yang satu ini ampuh mengatasi infeksi telinga. Polimiksin B sulfate dan neomycin sulfate merupakan antibiotik,  fludrokortison acetate memberikan efek antiinflamasi, antialergi, dan antigatal. Sementara lidocain HCl adalah anestesi untuk mengurangi sakit telinga. 

Obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran ini juga sekaligus meredakan gejala seperti rasa nyeri, bengkak, gatal, dan telinga berair. 

Untuk membelinya, kamu harus membawa resep dokter karena Otopain Ear Drop tergolong obat keras. 

Kisaran harga: Rp114.500 per botol. 

Dapatkan Otopain Ear Drop 8 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Erlamycetin 1% Ear Drops 10 ml

Erlamycetin 1% Ear Drops mengandung chloramphenicol yang merupakan antibiotik bersifat bakteriostatik (menghambat pertumbuhan bakteri). Cara kerjanya adalah dengan menghambat sintesis protein bakteri untuk mengobati infeksi di telinga maupun saluran telinga. 

Kamu hanya boleh menggunakan 2-3 tetes obat ini untuk pemakaian 3 kali sehari di telinga yang sakit atau teteskan sesuai dengan arahan dokter. Erlamycetin 1% Ear Drops  juga merupakan obat keras yang harus dibeli dengan resep dokter. 

Hindari pemakaian jangka panjang karena bisa merangsang hipersensitivitas dan superinfeksi oleh kuman yang resisten. 

Kisaran harga: Rp15.300 per botol. 

Dapatkan Erlamycetin 1% Ear Drops 10 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

Kotoran telinga berdarah? Cari tahu penyebabnya di sini: “Penyebab Kotoran Telinga Berdarah yang Perlu Diwaspadai”. 

4. Otilon Ear Drop 8 ml

Obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran ini mengandung polimiksin B sulfate, neomycin sulfate, fludrokortison acetate, dan lidocain HCl di dalamnya. 

Otilon Ear Drop digunakan untuk mengatasi penyakit otitis externa, atau infeksi saluran telinga bagian luar dari gendang telinga ke kepala bagian luar. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap polimiksin B sulfate dan neomycin sulfate. 

Otilon Ear Drop juga termasuk obat keras yang pembeliannya harus menggunakan resep dokter. Gunakan obat ini 2 sampai 4 kali sehari sebanyak 4-5 tetes saja. Selain itu, pemakaiannya maksimal hanya 10 hari. 

Kisaran harga: Rp57.000 per botol. 

Dapatkan Otilon Ear Drop 8 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Forotic Tetes Telinga 5 ml

Rekomendasi yang terakhir adalah Forotic. Obat ini mengandung Ofloxacin yang tergolong antibiotik fluorokuinolon dengan tugas mencegah infeksi dari bakteri. Forotic bekerja dengan cara menghambat enzim DNA girase dan topoisomerase di inti sel bakteri sehingga bakteri tidak bisa berkembang. 

Obat ini juga bisa menyembuhkan otitis externa. Tak hanya itu,  otitis media supuratif kronik, atau peradangan kronis di telinga, juga bisa diatasi dengan Forotic. 

Untuk menggunakannya, teteskan obat ke telinga yang sakit dan diamkan selama 10 menit dan hanya boleh dipakai tidak lebih dari 4 minggu. 

Forotic merupakan obat keras dan untuk membelinya harus dengan resep dokter. 

Kisaran harga: Rp154.600 per botol. 

Dapatkan Forotic Tetes Telinga 5 ml  di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran dan mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Earwax.
Vinmec. Diakses pada 2024. How to use Fluoroquinolone antibiotics safely?
Web MD. Diakses pada 2024. Ear Wax Removal Drops – Uses, Side Effects, and More. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan