Telinga Berdenging Bikin Khawatir? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 April 2024

“Telinga berdenging dapat terjadi pada siapapun, khususnya pada orang-orang yang berusia 40 tahun keatas. Sebaiknya, segera hubungi dokter di Halodoc apabila suara berdenging mengganggu aktifitasmu.”

Telinga Berdenging Bikin Khawatir? Segera Hubungi Dokter IniTelinga Berdenging Bikin Khawatir? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Telinga berdenging, atau tinnitus, adalah kondisi saat muncul sensasi suara denging di telinga yang bukan berasal dari suara sekitar dan tidak bisa didengar orang lain. 

Suara tersebut mungkin sangat lembut sehingga hampir tidak terasa, atau sangat keras sehingga seolah-olah menghambat suara di sekitar. 

Kondisi telinga berdenging bukanlah penyakit, melainkan gejala dari beberapa kondisi kesehatan seperti cedera telinga atau gangguan pendengaran terkait usia. 

Siapapun bisa mengalami telinga berdenging, tetapi kebanyakan terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 dan 80 tahun.

Bagi banyak orang, telinga berdenging dapat dirawat dengan pengobatan untuk mengatasi penyebabnya.

Kamu juga melakukan perawatan lain yang mengurangi atau menyamarkan kebisingan, sehingga gejala telinga berdenging tidak terlalu mengganggu.

Rekomendasi Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Atasi Telinga Berdenging

Apabila kamu merasa terganggu dengan telinga berdenging dan ingin mencari solusi penanganan yang tepat, kamu dapat menghubungi dokter spesialis THT melalui layanan Halodoc

Berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis THT yang telah memiliki pengalaman mumpuni dalam mengatasi telinga berdenging. 

Mereka juga telah mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani. 

Berikut adalah daftarnya:

1. dr. Haerul Saleh Sp.THT-KL

Kamu bisa menghubungi dr. Haerul Saleh Sp.THT-KL yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada tahun 2011, ia mendapat gelar dokter spesialis THT dari universitas yang sama pada tahun 2019. 

Saat ini, dr. Haerul Saleh Sp.THT-KL membuka praktik di Gorontalo dan tetap aktif tergabung dalam Perhimpunan Ahli Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL).

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Haerul Saleh Sp.THT-KL memiliki keahlian dalam memberikan saran kesehatan terkait THT, termasuk penanganan tinnitus atau telinga berdenging.

Chat dr. Haerul Saleh Sp.THT-KL mulai dari Rp 85.000,- di Halodoc.  

2. dr. I Gede Wahyu Adi Raditya Sp.THT-KL

Rekomendasi selanjutnya ada dr. I Gede Wahyu Adi Raditya Sp.THT-KL  yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada tahun 2015, ia juga mendapat gelar dokter spesialis THT di Universitas Udayana pada 2021. 

Saat ini, dr. I Gede Wahyu Adi Raditya Sp.THT-KL membuka praktik di Badung dan Denpasar, Bali, serta aktif tergabung dalam Perhimpunan Ahli Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL).

Dengan pengalaman selama 9 tahun, dr. I Gede Wahyu Adi Raditya Sp.THT-KL mampu memberikan saran kesehatan terkait THT, termasuk penanganan telinga berdenging. 

Jika kamu memiliki masalah kesehatan terkait THT, kamu dapat menghubungi dr. I Gede Wahyu Adi Raditya Sp.THT-KL untuk memberikan penanganan yang sesuai dan solusi yang tepat.

Chat dr. I Gede Wahyu Adi Raditya Sp.THT-KL mulai dari Rp 85.000,- di Halodoc.  

Kamu perlu tahu Kenali 5 Cara Mengatasi Sakit pada Bagian Telinga Dalam.

3. dr. Foppi Puspitasari Sp.THT-BKL

Berikutnya, kamu bisa menghubungi dr. Foppi Puspitasari Sp.THT-BKL yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturahman pada tahun 2009, dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada tahun 2023. 

Saat ini, ia membuka praktik di Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, dan masih aktif tergabung dalam PERHATI-KL.

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Foppi Puspitasari Sp.THT-BKL memiliki kemampuan untuk memberikan saran kesehatan yang berkaitan dengan tinnitus atau telinga berdenging di Halodoc.

Chat dr. Foppi Puspitasari Sp.THT-BKL mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. dr. Yurnita Arifin Sp.THT-BKL

Selanjutnya ada dr. Yurnita Arifin Sp.THT-BKL yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta pada tahun 2002. 

Ia kemudian memperoleh gelar dokter spesialis THT pada tahun 2016 di Universitas Padjadjaran. 

Saat ini, dr. Yurnita Arifin Sp.THT-BKL membuka praktik di Tangerang Selatan, Banten, dan masih aktif tergabung dalam PERHATI-KL.

Dengan pengalaman selama 21 tahun, dr. Yurnita Arifin Sp.THT-BKL memiliki kemampuan untuk memberikan saran kesehatan yang berkaitan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan di Halodoc.

Chat dr. Yurnita Arifin Sp.THT-BKL mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

Jangan sembarangan membersihkan kotoran telinga, Ini 5 Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran yang Ampuh di Apotek.

5. dr. Deni Harapan Sp.THT-KL

Kamu juga bisa menghubungi dr. Deni Harapan Sp.THT-KL, ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada tahun 2008 dan mendapat gelar dokter spesialis di universitas yang sama pada tahun 2020. 

Saat ini, ia aktif berpraktik di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dan masih aktif tergabung dalam PERHATI-KL.

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Deni Harapan Sp.THT-KL memiliki kemampuan untuk memberikan saran kesehatan yang berkaitan dengan telinga berdenging dan masalah THT lainnya di Halodoc

Chat dr. Deni Harapan Sp.THT-KL mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

Itulah berbagai rekomendasi dokter spesialis THT yang dapat dihubungi melalui Halodoc untuk mendapatkan perawatan telinga berdenging.

Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, tak perlu khawatir, kamu masih dapat memesan jadwal konsultasi untuk waktu yang lain melalui aplikasi Halodoc

Yuk, Segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Tinnitus.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Tinnitus.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan