• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Berbagai Penyebab Seseorang Lebih Cepat Ubanan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Berbagai Penyebab Seseorang Lebih Cepat Ubanan

Ketahui Berbagai Penyebab Seseorang Lebih Cepat Ubanan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 November 2022

“Selain banyak berpikir, ada berbagai penyebab seseorang lebih cepat ubanan. Beberapa di antaranya yaitu kekurangan vitamin, faktor genetik, hingga kebiasaan merokok.”

Ketahui Berbagai Penyebab Seseorang Lebih Cepat UbananKetahui Berbagai Penyebab Seseorang Lebih Cepat Ubanan

Halodoc, Jakarta – Dalam pidatonya, presiden RI, Joko Widodo, sempat menyinggung masalah rambut putih atau uban muncul akibat banyak berpikir. Hal ini membuat uban mendadak menjadi perbincangan masyarakat. Rambut putih identik dengan seseorang yang telah lanjut usia, tetapi nyatanya banyak kelompok usia muda yang sudah memiliki uban di kepalanya.

Lalu, benarkah penyebab seseorang lebih cepat ubanan akibat terlalu banyak berpikir? Sebaiknya simak ulasan mengenai berbagai penyebab ubanan yang bisa terjadi oleh siapa saja. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pencegahan atau mengatasi kondisi ini dengan tepat.

Penyebab Munculnya Uban

Ketika kamu memasuki usia lanjut, sangat normal ketika kamu mengalami perubahan pada fisik, salah satunya pada rambut. Selain mengalami penipisan pada rambut, biasanya rambut akan mengalami perubahan warna menjadi keabuan atau putih.

Rambut putih atau uban terjadi akibat folikel rambut kehilangan pigmen akibat pertambahan usia. Hal ini membuat rambut menjadi putih. Namun, bukan hanya orang lanjut usia, uban juga bisa terjadi pada kelompok usia yang masih tergolong muda.

Dalam pidatonya, presiden RI, Joko Widodo, mengatakan salah satu ciri pemimpin yang memikirkan rakyatnya adalah seseorang yang berambut putih. Lalu, benarkah terlalu banyak berpikir bisa menyebabkan seseorang lebih cepat memiliki rambut putih? 

Berikut ini penyebab seseorang lebih cepat ubanan:

1. Stres

Setiap orang akan menghadapi kesulitannya sendiri yang bisa menyebabkan stres. Terlalu banyak berpikir dan menghadapi berbagai persoalan menjadi pemicu seseorang mengalami stres. Selain dapat menyebabkan gangguan tidur, perubahan pola makan, hingga tekanan darah tinggi, stres juga dapat menyebabkan seseorang lebih cepat memiliki rambut putih.

Nyatanya stres dapat menyebabkan penipisan sel punca pada folikel rambut sehingga memicu munculnya uban. Selain itu, stres juga dapat meningkatkan risiko tiga kali lebih besar menyebabkan munculnya uban lebih cepat daripada orang-orang yang mampu mengelola stres dengan baik.

2. Faktor Genetik

Jika kamu mengalami munculnya uban lebih cepat daripada teman-teman seusia kamu, hal ini juga bisa terjadi akibat adanya faktor genetik. Ketika kamu memiliki riwayat keluarga dengan munculnya uban yang lebih awal, kondisi ini juga bisa kamu alami. 

Biasanya, uban muncul akibat faktor genetik saat seseorang memasuki usia 20-25 tahun. 

3. Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin E, dan D, menjadi penyebab seseorang lebih cepat ubanan. Untuk itu, selalu pastikan kamu mengonsumsi berbagai makanan yang beragam sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan rambut.

Ada berbagai jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan rambut, seperti salmon, yoghurt, bayam, ubi, telur, hingga kayu manis.

4. Kebiasaan Merokok

Selain merusak jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan munculnya rambut putih lebih dini. Merokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi aliran darah menuju folikel rambut. Selain kerontokan rambut, folikel yang rusak juga menyebabkan munculnya uban di usia yang muda.

5. Gangguan Tiroid

Perubahan hormon akibat gangguan tiroid juga menyebabkan munculnya uban lebih dini. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin sehingga berisiko menyebabkan munculnya rambut putih.

Itulah berbagai penyebab seseorang lebih cepat ubanan. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi beragam makanan. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin agar vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

Cek kebutuhan medis yang kamu perlukan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What You Should Know About White Hair.
Healthline. Diakses pada 2022. What Causes White Hair?
Web MD. Diakses pada 2022. Facts About Gray Hair.