• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Membersihkan Mulut dan Gigi Bayi

Ketahui Cara Membersihkan Mulut dan Gigi Bayi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Meski jumlahnya terbilang masih sangat sedikit dibandingkan dengan gigi orang dewasa, tetapi ibu tetap perlu membersihkan mulut dan gigi bayi secara rutin. Akan tetapi, ibu perlu melakukannya dengan sangat berhati-hati. Pasalnya, gigi dan gusi bayi masih sangat sensitif, jika tidak berhati-hati ibu bisa melukai gusi dan gigi sang buah hati.

Gigi pada bayi yang dikenal juga dengan sebutan gigi susu tak hanya berfungsi untuk mengunyah makanan, tetapi juga membantu bayi belajar berbicara. Meskipun nantinya gigi ini akan berganti dengan gigi permanen, tetapi ibu tetap tidak boleh menyepelekan pentingnya kebersihan pada bagian ini.

Pasalnya, kebersihan gigi susu bayi yang tidak terjaga akan meningkatkan risiko terjadinya gingivitis, yaitu kondisi ketika gusi mengalami infeksi yang mengakibatkan munculnya jarak pada gigi permanen. Nah, agar hal ini tidak terjadi, ibu tentu harus memperhatikan kebersihan gigi sang buah hati. 

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi

Cara Membersihkan Gigi dan Mulut Bayi

Biasanya, gigi bayi akan mulai tumbuh ketika usianya menginjak 4 sampai 7 bulan, diawali dengan dua gigi depan bagian bawah lalu bagian atas. Namun, tumbuhnya gigi ini beragam pada bayi, jadi usia tersebut tidak menjadi patokan. Lalu, bagaimana caranya membersihkan gigi dan mulut bayi? 

  • Gunakan Kain Lembut untuk Membersihkan

Ibu bisa menggunakan kain lembut atau kasa untuk membersihkan mulut dan gigi bayi. Lakukan setelah ia makan atau saat mandi sebanyak dua kali sehari. Celupkan kain atau kasa dalam air matang dan bersihkan area mulut dan gusi bayi perlahan. Ini membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri di dalam mulut Si Kecil, sehingga terhindar dari plak maupun penyakit gigi dan gusi.

  • Pilih Sikat Gigi yang Tepat

Nah, ketika giginya sudah mulai tumbuh, ibu bisa mengganti kasa dan kain dengan sikat gigi khusus bayi. Pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan ukuran kepala sikat kecil. Selain itu, perhatikan pegangannya, carilah sikat gigi dengan pegangan yang cukup besar sehingga lebih mudah digenggam. Gunakan pula pasta gigi ya, taruhlah sedikit saja di ujung kepala sikat sang buah hati. Bantu dan ajari anak menyikat gigi hingga ia bisa melakukannya sendiri.

  • Hindari Penggunaan Dot saat Tidur

Beberapa ibu memilih memberikan botol dot untuk membantu anak tidur lebih cepat, terlebih saat malam hari. Sebenarnya, hal ini sebaiknya tidak ibu lakukan, terlebih jika anak tertidur dengan dot yang masih menempel di mulutnya. Kondisi ini akan meningkatkan risiko gigi berlubang dan memicu tumbuhnya bakteri dalam mulut. 

Baca juga: 6 Tanda Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi 

  • Bersihkan Dot Secara Teratur

Tidak boleh lupa, ibu juga harus membersihkan botol dan dot bayi secara teratur setelah dipakai. Bila perlu, lakukan sterilisasi setelah ibu mencucinya. Pun, sebaiknya ajari Si Kecil untuk minum dari gelas sesegera mungkin agar ia tidak bergantung pada dot. Hindari pula kebiasaan mengempeng tangan karena bisa membuat gigi tumbuh secara tidak merata. 

  • Perhatikan Kondisi Gigi

Selain rutin membersihkan, perhatikan pula kondisi gigi bayi, apakah ada lubang atau perubahan pada giginya, misalnya gigi yang berwarna cokelat atau kehitaman. Jika ibu mendapatinya, jangan tunda untuk segera memeriksakan gigi anak ke rumah sakit sehingga kondisi ini bisa segera mendapatkan penanganan. Pastikan ibu sudah membuat janji terlebih dahulu menggunakan aplikasi Halodoc agar ibu tak perlu lagi mengantre. 

Baca juga: Ketahui Tahap Pertumbuhan dan Perawatan Gigi Bayi

Itu tadi cara mudah membersihkan gigi dan mulut Si Kecil agar kesehatannya tetap terjaga. Pasalnya, mulut dan gigi juga turut berperan dalam tumbuh kembang anak. Jadi, hal ini tidak boleh ibu anggap sepele dan tidak dihiraukan. 



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Brushing Baby Teeth: When to Start, How to Do It, and More. 
Parents. Diakses pada 2021. 7 Tips for Baby Tooth Care. 
WebMD. Diakses pada 2021. Caring for Your Baby's Teeth.